Pengaruh Model Belajar Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) Siswa Kelas XI TKRO di SMK Negeri 1 Padang

Authors

  • Muhammad Hafizh Ramadhan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Nuzul Hidayat Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wagino Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M Yasep Setiawan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i1.202

Keywords:

Model Belajar, Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan model belajar Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Padang pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) selama tahun ajaran 2024–2025. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari 85 siswa kelas XI TKRO yang menjadi populasi dalam penelitian ini, sebanyak 56 siswa dijadikan sebagai sampel penelitian. Temuan studi menunjukkan bahwa penerapan model PBL memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas XI TKRO SMK Negeri 1 Padang. 

This research aims to find out the effect of the problem-based learning model on the learning outcomes of Automotive Light Vehicle Engineering, students in the XI grade at SMK Negeri 1 Padang for the 2024/2025 academic year. The researcher used Classroom Action Research (CAR) as the method in this study. The population for this research is 85 XI grade TKRO students, with 56 students selected as the research sample. Based on the research results and discussion, it can be concluded that there is an effect on learning outcomes using the problem-based learning model on XI grade TKRO students at SMK Negeri 1 Padang.

References

W. Wagino, “Exploring the Full Potential of Collaborative Learning and E-Learning Environments in Universities: A Systematic Review,” vol. 12, no. 3.

H. D. Saputra, T. Sugiarto, W. Purwanto, F. H. Afifi, F. Hidayat, and E. Alwi, “The Effectiveness of the Problem Solving Learning Model in Improving Vocational High School Students’ Learning Outcomes,” vol. 3, no. 2, 2022.

H. D. Saputra, W. Purwanto, T. Sugiarto, F. Zaharbaini, A. Arif, and F. Hidayat, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan,” J Educ, vol. 20, no. 2, pp. 273–286, Dec. 2022, doi: 10.31571/edukasi.v20i2.4470.

R. Suseno, M. Afdal, and A. Nizori, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN MAHASISWA,” 2022.

H. D. Saputra, S. Anori, D. Fernandez, and D. Setiawan, “Analysis of student’s learning outcomes test questions Department of Automotive Engineering FT UNP,” INVOTEK, vol. 22, no. 1, pp. 21–28, May 2022, doi: 10.24036/invotek.v22i1.964.

L. K. Aslam and T. Rijanto, “The effect of problem based learning model on learning outcomes in the vocational high school students,” vol. 3, no. 4, 2021.

I. A. Karim, “Problem Based Learning (PBL) Learning Model Critical Thingking Skills for Elementary School Students,” 2021.

Y. Darmawati and A. Mustadi, “The Effect of Problem-Based Learning on the Critical Thinking Skills of Elementary School Students,” Jurnal Prima Edukasia, 2022.

Y. Sutria, S. A. Sirait, and A. K. Utami, “META ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL PJBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA,” Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 12, no. 1, 2023.

M. Masril, N. Jalinus, J. Jama, and O. Dakhi, “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 2 PADANG,” p. 14, 2013.

S. Susanto, D. Fernandez, H. D. Saputra, and A. Asra, “Meningkatkan Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI TBSM SMKN 3 Solok Selatan,” 2023.

M. Afandi et al., “MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DI SEKOLAH”.

R. Agustina, P. I. Santosa, and R. Ferdiana, “SEJARAH, TANTANGAN, DAN FAKTOR KEBERHASILAN DALAM PENGEMBANGAN E-LEARNING,” p. 10, 2016.

I. Mahmudi, M. Z. Athoillah, E. B. Wicaksono, and A. R. Kusuma, “Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom”.

W. Wagino, “Enhancing Academic Achievement and Critical Thinking through e-Learning: Exploring Motivation, Creativity, Participation, and Gadget Utilization in Higher Education,” International Journal of Information and Education Technology, vol. 14, no. 12, 2024.

Z. Abidin, “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK LITERASI, DAN PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS”.

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan. Aflabeta, 2014.

A. Kadir, “Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar,” vol. 8, no. 2, p. 12, 2015.

H. Putri, D. Susiani, N. S. Wandani, and F. A. Putri, “Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif,” 2022.

H. D. Saputra, W. Purwanto, D. Setiawan, D. Fernandez, and R. Putra, “HASIL BELAJAR MAHASISWA: ANALISIS BUTIR SOAL TES,” vol. 20, p. 14, 2022.

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

Hafizh Ramadhan, M., Hidayat, N., Wagino, & Yasep Setiawan, M. (2025). Pengaruh Model Belajar Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) Siswa Kelas XI TKRO di SMK Negeri 1 Padang. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 3(1), 615–622. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i1.202

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>