Analisis Ketahanan Mesin Sepeda Motor Empat Langkah dengan ECU Juken BRT dan Busi Iridium pada Bahan Bakar Bioetanol
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i3.350Keywords:
bioetanol, ECU programmable, busi iridium, durability mesin, deposit karbonAbstract
Tingginya ketergantungan pada bahan bakar fosil di Indonesia mendorong eksplorasi energi alternatif yang lebih ramah lingkungan, salah satunya adalah bioetanol. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan ECU programmable dan busi iridium dengan campuran bioetanol 30% dan pertalite 70% terhadap durability mesin sepeda motor empat langkah. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan tiga perlakuan: standar (tanpa modifikasi), perlakuan 1 (injection timing 350°, ignition timing 5°), dan perlakuan 2 (injection timing 350°, ignition timing 9°). Uji durability dilakukan selama 20, 40, dan 50 jam. Hasil menunjukkan bahwa perlakuan 2 menghasilkan deposit karbon paling rendah, yakni 150 mg dengan volume 83 mm³, dibandingkan perlakuan standar sebesar 680 mg dan 378 mm³. Temuan ini menegaskan bahwa optimasi sistem pengapian dan pencampuran bahan bakar bioetanol mampu mengurangi pembentukan kerak karbon, meningkatkan efisiensi pembakaran, serta memperpanjang usia mesin.
The heavy reliance on fossil fuels in Indonesia has accelerated the search for renewable and eco-friendly alternatives, such as bioethanol. This study aims to analyze the effect of using a programmable ECU and iridium spark plug with a 30% bioethanol–70% Pertalite fuel blend on the durability of four-stroke motorcycle engines. An experimental method was applied with three treatments: standard (no modification), treatment 1 (350° injection timing, 5° ignition timing), and treatment 2 (350° injection timing, 9° ignition timing). Durability tests were conducted for 20, 40, and 50 hours. The results indicate that treatment 2 produced the lowest carbon deposit, 150 mg with a volume of 83 mm³, compared to the standard treatment (680 mg and 378 mm³). These findings highlight that optimizing ignition timing and using bioethanol fuel blends can reduce carbon deposits, improve combustion efficiency, and extend engine lifespan.
References
I. G. Wiratmaja and E. Elisa, “Kajian Peluang Pemanfaatan Bioetanol Sebagai Bahan Bakar Utama Kendaraan Masa Depan Di Indonesia,” vol. 8, no. 1, 2020.
M. Fikri, W. Purwanto, Muslim, Rifdarmon, and A. Baharudin, “Analisis Penggunaan Busi Standard, Platinum, dan Iridium Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Scoopy PGM-FI 2020,” JTPVI J. Teknol. Dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 2, no. 3, pp. 337–346, June 2024, doi: 10.24036/jtpvi.v2i3.173.
A. Gunawan, W. Purwanto, T. Sugiarto, and A. Arif, “Optimasi pada Sepeda Motor FI penggunaan ECU Programmable dan Campuran Ethanol terhadap Emisi Gas Buang dengan Metode Taguchi,” JTPVI J. Teknol. Dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 2, no. 2, pp. 223–232, Feb. 2024, doi: 10.24036/jtpvi.v2i2.134.
T. Purba, “Pengaruh Kemasan dan Durability Makanan Ringan Buatan Malaysia Terhadap Etnosentrisme Konsumen Di Batam: Pengaruh Kemasan Dan Durability Makanan Ringan Buatan Malaysia Terhadap Etnosentrisme Konsumen Di Batam,” J. Akunt. BARELANG, vol. 4, no. 1, pp. 132–139, Nov. 2019, doi: 10.33884/jab.v4i1.1440.
M. Wahyu, N. Nurlina, and D. Irawan, “Perubahan Efisiensi Konsumsi Bahan Bakar pada Mesin K3DE 1300 CC dengan Pembersihan Karbon Deposit di Combustion Chamber,” J. Rekayasa Mesin, vol. 17, no. 3, p. 381, Dec. 2022, doi: 10.32497/jrm.v17i3.3459.
M. Rahmaddaani, E. E. Poerwanto, and W. Irdianto, “Pengaruh Variasi Ignition Timing Menggunakan Ecu Programmable Terhadap Performa Mesin Pada Sepeda Motor 150cc Sohc Berpendingin Air,” J. Tek. Otomotif Kaji. Keilmuan Dan Pengajaran, vol. 4, no. 2, p. 27, Mar. 2022, doi: 10.17977/um074v4i22020p27-32.
A. F. Fauzil, D. Fernandez, H. Maksum, and M. Y. Setiawan, “Pengaruh Penggunaan ECU Racing dan Injektor Racing Terhadap Torsi, Daya dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Jupiter MX King 150,” JTPVI J. Teknol. Dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 2, no. 1, pp. 1–10, Oct. 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v2i1.122.
W. Purwanto, H. Maksum, A. Arif, M. L. Rochman, S. Sujito, and K. E. Padrigalan, “Exploration of Engine Parameters for Emission Reduction in Gasoline-Ethanol Fueled Engines,” Automot. Exp., vol. 7, no. 3, pp. 486–501, Dec. 2024, doi: 10.31603/ae.12467.
Maridjo, Ika Yuliyani, Angga R, “Pengaruh pemakaian bahan bakar premium, pertalite dan pertamax terhadap kinerja motor 4 tak,” J. Tek. Energi, vol. 9, no. 1, pp. 73–78, Nov. 2019, doi: 10.35313/energi.v9i1.1648.
B. Y. Nugroho et al., “497586340-Pengaruh-Penggunaan-Bahan-Bakar-Pertamax-Dan-Pertalite-Pada-Motor-Bakar-Rasio-Kompresi-9-1-Terhadap-Emisi-Gas-Buang,” 2020, doi: 10.13140/RG.2.2.19470.89927.
M. I. Fahmiy and I. Wardana, “Permodelan Etanol Sebagai RON Booster Untuk Campuran Bahan Bakar Pertalite,” vol. 1, 2022.
“Penambahan+Etanol+pada+Bahan+Bakar+Pertalite+Untuk+Meningkatkan+Lama+Pemakaian+ (1).”
M. Rifal, “Pengaruh Campuran Bahan Bakar Ethanol Bensin Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang pada Kendaraan Bermotor 125 Cc Sistem Injeksi,” Gorontalo J. Infrastruct. Sci. Eng., vol. 4, no. 2, p. 50, June 2022, doi: 10.32662/gojise.v4i2.2035.
J. Listiawan, “Performansi Mesin Sepeda Motor Berbahan Bakar Etanol Menggunakan Busi Standar Dan Busi Iridium”.
M. Waruwu, S. N. Pu`at, P. R. Utami, E. Yanti, and M. Rusydiana, “Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 10, no. 1, pp. 917–932, Feb. 2025, doi: 10.29303/jipp.v10i1.3057.
M. T. Suryantoro, B. Sugiarto, and F. Mulyadi, “Growth and characterization of deposits in the combustion chamber of a diesel engine fueled with B50 and Indonesian biodiesel fuel (IBF),” Biofuel Res. J., vol. 3, no. 4, pp. 521–527, Dec. 2016, doi: 10.18331/BRJ2016.3.4.6.
J. A. Hidayat and B. Sugiarto, “Review on effect biodiesel blend on the growth of deposit in combustion chamber,” presented at the International Conference On Emerging Applications In Material Science And Technology: ICEAMST 2020, Namakkal, India, 2020, p. 050002. doi: 10.1063/5.0006900.
L. M. Baena, F. A. Vásquez, and J. A. Calderón, “Corrosion assessment of metals in bioethanol-gasoline blends using electrochemical impedance spectroscopy,” Heliyon, vol. 7, no. 7, p. e07585, July 2021, doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e07585.
I. P. Okokpujie, A. O. Ojo, B. A. Adaramola, M. Oladimeji, R. I. Ogundele, and C. J. Abiodun, “Study of Corrosion, Wear, and Thermal Analysis of Materials for Internal Combustion Engines and their Compatibility: A Review,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 1322, no. 1, p. 012007, Mar. 2024, doi: 10.1088/1755-1315/1322/1/012007.
W. Purwanto, T.-K. Liu, H. Maksum, A. Arif, M. Y. Setiawan, and M. Nasir, “The Fuel System Modification To Strengthen Achievement And The Prospect Of Utilizing Gasoline Ethanol Blended With Water Injection,” J. Appl. Eng. Technol. Sci. JAETS, vol. 5, no. 2, pp. 802–812, June 2024, doi: 10.37385/jaets.v5i2.3249.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arya Adhi Pratama, Wawan Purwanto, Toto Sugiarto, Hendra Dani Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.