Pengaruh Pengaplikasian Gear Pada Sisi Alternator Turbin Angin Terhadap Tegangan Arus Listrik Yang Dihasilkan Sepeda Motor 4 Langkah

Authors

  • Aroma Ikhwan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia
  • Wawan Purwanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia
  • Dwi Sudarno Putra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia
  • Milana Milana Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i2.168

Keywords:

Roda Gigi, Alternator, Tegangan, Gear, Voltage

Abstract

Bahan bakar kendaraan hidrogen-listrik agar dapat digunakan, harus melalui proses pemisahan molekul air (elektrolisis) menjadi hidrogen dan oksigen. Pada penelitian sebelumnya, tegangan dan arus yang dihasilkan masih kecil dan membutuhkan catu daya yang lebih besar. Dengan menambahkan variasi gear yang berbeda pada sisi generator akan mempengaruhi tegangan dan arus yang dihasilkan sehingga nantinya bisa lebih baik atau lebih buruk. Metode tersebut merupakan metode eksperimental pinion yang diuji pada kecepatan 40 km, 50 km, 60 km dan 70 km/jam. Hasil pengujian tegangan pada kecepatan 40 km, 50 km, 60 km dan 70 km/jam diperoleh  3,1 V tegangannya  dan 0,07 A yang diperoleh saat kecepatan 40 km/jam, kemudian 4,0 V tegangan dan 0,27 A arus yang peroleh saat kecepatan 50 km/jam, 4, 9 V dan 0,36 A pada 60 Km/Jam dan 5,9 V serta arus 0,43 A pada 70 Km/Jam. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh maka proses elektrolitik dapat dilakukan karena prosesnya memerlukan tegangan sebesar 5,8 V.

To be usable, hydrogen-electric vehicle fuel must go through a separation process a water molecule verification process (electrolysis) to become hydrogen and oxygen. In previous research, the resulting voltage and current were small and required a larger power supply. By adding different gear variations on the generator side, it will affect the voltage and current produced so that later it can be better or worse. This method is an experimental pinion method that was tested at speeds of 40 km, 50 km, 60 km and 70 km/hour. The results of the voltage test at speeds of 40 km, 50 km, 60 km and 70 km/hour obtained a voltage of 3.1 V and 0.07 A which was obtained at a speed of 40 km/hour, then a voltage of 4.0 V and a current of 0.27 A obtained at a speed of 50 km/hour, 4.9 V and 0.36 A at 60 Km/hour and 5.9 V and a current of 0.43 A at 70 Km/hour. Based on the average value obtained, the electrolytic process can be performed because the process requires a voltage of 5.8 V.

References

Setya.D, “Pakar BRIN Beri Penjelasan Terkait Temuan Bahan Bakar Air. (www.detik.com/edu/detikpedia/d-6243882/pakar-brin-beri penjelasan-terkait-temuan-bahan-bakar- air, diakses 18 November 2022),” 2022.

Wahyudi, R., Purwanto, W., Maksum, H., Setiawan, M. Y., & Sampurno, Y. G., “Pengaruh Pemasangan Elektroliser Pada Sepeda Motor Injeksi Modifikasi 4 Tak Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Gas Buang,” Motiv. J. Mech. Electr. Ind. Eng., vol. 5, no. 2, 2023.

Putra. Y. S, Purwanto. W, Setiawan. M. Y, dan Arif. A, “Pengaruh Bodi Tambahan Pada Sisi Alternator Turbin Angin terhadap Tegangan dan Arus Listrik yang Dihasilkan, vol. 4, pp. 36-43,” 2023.

Lubis, S., “Analysis of Car Alternator Output Voltage as an Alternative Electric Energy Generator. RELE. Electrical and Energy Engineering Journal of Electrical Engineering. Jurnal.,” 2018.

Al farisi. A. S, Liliana. L, dan Wenda. A, “Analisa Pengaruh Jumlah Lilitan Stator Terhadap Generator Magnet Permanen Fluks Radial Tiga Fasa," Jurnal Orang Elektro, vol. 10,” 2021.

Nurdin, M. M., Purwanto, W., Sugiarto, T., & Setiawan, M. Y., “Pengaruh Jenis Baling-Baling pada Alternator Turbin Angin Terhadap Besarnya Arus Listrik yang Dihasilkan Pada Kendaraan,” JTPVI J. Teknol. Dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 1, no. 4, 2023.

Iskandar. H. I, “Praktis Belajar Pembangkit Listrik Tenaga Surya,” Deepublish, 2020.

Arifa dan Harjunow Practical Learning about Solar Power Plants ibowo, “Calibration and Validation Techniques for IoT Power Loggers for DC Currents,” Lakeisha, 2022.

Hernowo, S, “Design of a Simple Horizontal Axis Wind Turbine with a Blade Length of 1 Meter,” J. Voering, vol. 5, no. 1, 2020.

Yani, A., “Experimental Study of the Effect of the Number of Propeller Type Wind Turbine Blades on Output Power in Wind Power Plants (As an Alternative to Coastal Regional Power Plants). Jurnal Teknik Juara Aktif Global Optimis, 1(2), 39-44.,” 2021.

Anggraini, F., Surtono, A., & Pauzi, G. A., “Utilization of Wind Energy in Moving to Turn on the Lights. Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika, 4(2),” 2016.

Hatta, S., “Legal Action Against 'Noisy Exhaust' Motorcycles by Banda Aceh City Police

(Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry),” 2022.

William Smith dan Javad Hashemi, “Description of gear and type- type gear,” 2019.

Reksoatmodjo TN., “Vertical-Axis Differential Drag Windmill. Jurnal Teknik Mesin.,” vol. 6, no. 2, 2004.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method). Bandung: Alfabeta, 2015.

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Ikhwan, A., Purwanto, W., Sudarno Putra, D., & Milana, M. (2024). Pengaruh Pengaplikasian Gear Pada Sisi Alternator Turbin Angin Terhadap Tegangan Arus Listrik Yang Dihasilkan Sepeda Motor 4 Langkah. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(2), 187–198. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i2.168

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3