Analisis Penggunaan Piggyback Fuel Adjuster pada Sepeda Motor Fuel Injection Terhadap Performa Mesin dan Pembukaan Injektor

Authors

  • Aldi Tri Okta Zulfan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Martias Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Erzeddin Alwi Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Dwi Sudarno Putra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i1.147

Keywords:

Piggyback, Fuel Adjuster, Torsi, Daya, Emisi Gas Buang, Injektor

Abstract

Salah satu modifikasi yang dilakukan masyarakat untuk meningkatkan mesin pada sepeda motornya adalah penambahan piggyback. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan piggyback fuel adjuster iquteche pada performa mesin dan pembukaan injektor. Variasi piggyback yang digunakan adalah 5%,10% dan 15%. Hasil Penelitian penurunan terbesar emisi gas buang CO dan HC putaran idle pada variasi 10% sebesar 20,55% dan 35,11%, putaran torsi maksimum pada 15% sebesar 69,13% dan 52,92%, putaran daya maksimum pada variasi 15% juga sebesar 71,01% dan 75,62%. Peningkatan CO2 putaran idle,torsi maksimum, dan daya maksimum pada variasi 15% sebesar 36,82%,9,76% dan 44,87%. Peningkatan daya terbesar pada variasi 15% sebesar 5,10%, peningkatan torsi terbesar pada variasi 10% sebesar 4,34%. Sedangkan pembukaan injektor terbesar variasi 15% saat putaran idle sebesar 13,46% jika dibandingakan dengan kondisi standar.

Many people modify motorcycles, one of which is the modification of the addition of piggyback. The purpose of this study was to determine the effect of using piggyback fuel adjuster iquteche on engine performance and injector opening. The piggyback variations used are 5%, 10% and 15%. The results of the study showed the largest decrease in CO and HC exhaust emissions at idle rotation at 10% variation by 35.11% and 20.55%, maximum torque rotation at 15% by 69.13% and 52.92%, maximum power rotation at 15% variation also by 71.01% and 75.62%. Increase in idle rotation CO2, maximum torque, and maximum power at 15% variations of 36.82%, 9.76% and 44.87%. The largest increase in power at the 15% variation was 5.10%, the largest increase in torque at the 10% variation at 4.34%. While the largest injector opening variation of 15% at idle rotation is 13.46 when compared to standard conditions.

References

S. Mahendra and D. Rohmantoro, “Pengaruh Performa Mesin Sepeda Motor Matik 4 TAK 110 CC Terhadap Penggunaan Piggiback Fuel Adjuster Iquteche,” J. Automot. Technol. Vocat. Educ., vol. 02, no. 2, pp. 1–9, 2021.

S. Mustofa, F. Abdillah, and S. Mahendra3, “Analisis Penambahan Fuel Adjuster Dan Variasi Bahan Bakar Terhadap Performa Dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor Matic 4 Tak 110 Cc,” Vocat. Educ. Automot. Technol., vol. 4, no. 1, p. 58, 2022.

M. R. Habibi and M. Sugeng, “Analisis Mesin Sepeda Motor 4 Langkah Electronic Fuel Injection Dengan Menggunakan Piggyback,” Bina Tek., vol. 15, no. 1, p. 25, 2019, doi: 10.54378/bt.v15i1.801.

A. N. Faizin, S. Mahendra, and T. Setiawan, “Pengaruh Penggunaan Fuel Adjuster Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor 4 Tak 110 Cc,” Vocat. Educ. Automot. Technol., vol. 3, no. 2, p. 140, 2021.

K. Basyirun, Rahardjo. W. D., “Mesin Konversi Energi. Buku Ajar,” Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2008, p. 282.

H. Irawansyah, “Mesin Konversi Energi,” Jur. Tek. Mesin Univ. Lambung Mangkurat, pp. 1–45, 2017.

S. Syahruji and A. Ghofur, “Penggunaan Kuningan Sebagai Bahan Catalytic Converter Terhadap Emisi Gas Buang dan Performa Mesin Suzuki Shogun Axelo 125,” Sci. J. Mech. Eng. Kinemat., vol. 4, no. 2, pp. 67–78, 2019, doi: 10.20527/sjmekinematika.v4i2.118.

Irawan Andi, “Pengaruh Penambahan Injektor Terhadap,” Pengaruh Penambahan Injektor Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Yamaha Mio J Pada Beberapa Variasi Penyemprotan Bahan Bakar. 2019.

M. V. Hermawan and A. E. Winarta, “Studi Eksperimen Pengaruh Jumlah Lubang Nosel Injektor Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor,” J. Tek. Atw, no. 23, pp. 77–84, 2020.

W. Wijarnako, “Perbaikan Dan Perawatan Injektor Untuk Meningkatkan Kinerja Mesin Induk Di Mv. Illannur Pt. Anugerah Samudra Indomakmur …,” Karya Tulis, pp. 5–14, 2019.

A. P. Alam, “Pengaruh Variasi Injector Hole Terhadap Torsi, Taya, Dan Emisi Gas Buang Yamaha Aerox 155 VVA,” Univ. Negeri Semarang, 2019.

N. Himawanto, “Perubahan Durasi Injeksi Dan Timing Pengapian Terhadap Efisiensi Pemakaian Bahan Bakar Mesin Honda Revo Efi 110 Cc Pada Mobil Urban Gasoline Garuda Uny,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

J. Sarwono, “Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif,” Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

F. dan P. H. A. Sevrinanda, “Pengaruh Intake Manifold Modifikasi dengan Variasi Sudut Kelengkungan Terhadap Emisi Gas Buang pasa Motor Empat Langkah,” Tek. Mesin, vol. 3, no. 01, pp. 198–205, 2014.

A. F. Fathkur, Modifikasi Penambahan Sistem Injeksi Pada Motor Bakar Karburator Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Honda Karisma 125. 2019.

Downloads

Published

2023-11-03

How to Cite

Zulfan, A. T. O., Martias, Alwi, E., & Putra, D. S. (2023). Analisis Penggunaan Piggyback Fuel Adjuster pada Sepeda Motor Fuel Injection Terhadap Performa Mesin dan Pembukaan Injektor. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i1.147

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>