Analisis Modifikasi Pemasangan Fuel Filter Terhadap Fuel Rail Pressure Common Rail Pada Chevrolet Captiva

Authors

  • Indra Bayu Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rifdarmon Rifdarmon Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M Nasir Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Nuzul Hidayat Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Lasyatta Syaifullah Pendidikan Teknologi Kejuruan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i2.164

Keywords:

Tekanan Bahan Bakar, Filter Bahan Bakar, Fuel Rail Pressure, Fuel Filter, Fuel Pressure

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui kondisi fuel filter yang dapat berfungsi dengan baik setelah dimodifikasi pada mobil Chevrolet Captiva. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dan dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui instrumen data pengujian dalam tabel yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan modifikasi pemasangan fuel filter tekanan bahan bakar di fuel rail pressure pada jarak tempuh 3000 km sebesar 97.946 Kpa. Saat dilakukan akselerasi lampu check engine menyala, sedangkan setelah dilakukan modifikasi pemasangan fuel filter didapatkan bahwa tekanan bahan bakar di fuel rail pressure pada jarak tempuh 3000 km sebesar 149.296 Kpa dan saat dilakukan akselerasi lampu check engine tidak menyala. Dapat disimpulkan setelah dilakukan modifikasi pemasangan fuel filter pada mobil Chevrolet Captiva kondisi fuel filter mampu berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.  

The purpose of the research is to determine the condition of the fuel filter which can function properly after being modified on the Chevrolet Captiva car. This research was conducted using an experimental method and in this research data was collected through test data instruments in tables which were then analyzed using average descriptive techniques. The results of the research show that before the modification of the installation of the fuel filter, the fuel pressure in the fuel rail pressure at a distance of 3000 km was 97,946 Kpa. When accelerating, the check engine light comes on, whereas after modifying the installation of the fuel filter, it is found that the fuel pressure in the fuel rail pressure at a distance of 3000 km is 149,296 Kpa and when accelerating, the check engine light does not come on. It can be concluded that after modifying the installation of the fuel filter on the Chevrolet Captiva the condition of the fuel filter is able to function properly as it should.

References

L. C. Tae, “A Study on the Performance Characteristics of Low Pressure Hydraulic Circuit of Common Rail System,” Journal of Power System Engineering, vol. 18, no. 6, hlm. 51–57, 2014.

Y. Yusuf, N. K. Caturwati, I. Rosyadi, Haryadi, dan S. Abdullah, “Analisis prestasi mesin mobil diesel turbocharger yang diuji dengan dynamometer,” TEKNIK : Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 15, no. 2, hlm. 92–101, 2019.

Suwandi dan A. H. Hadi, “Value Analysis Method For Cost Reduction Analysis of Fuel Filter Poducts at PT Duta Nichirindo Pratama,” Journal Of Industrial Engineering & Management Research, vol. 1, no. 1, hlm. 28–36, 2020.

H. Maksum, H. Purwanto, dan Reffles, Teknologi Motor Bakar. Padang: UNP Press, 2012.

W. Arismunandar, Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Bandung: ITB, 2005.

Samlawi dan A. Kusairi, Teori Dasar Motor Diesel. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat, 2015.

M. Ridwan, I. Gunawan, dan S. H. Abbas, “Analysis Of Caterpillar C15 Fuel Filter Modifications In The Laiwui Electricity Center,” IRA: Jurnal Teknik Mesin dan Aplikasinya, vol. 2, no. 1, hlm. 1–10, 2023.

K. Raflando, G. Subiyakto, dan A. Farid, “Analisis Volume Air Radiator Terhadap Perubahan Temperatur Pada Motor Diesel Chevrolet,” PROTON Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Mesin, vol. 4, no. 2, hlm. 30–36, 2016.

Toyota Astra Motor, New Step 1 Training Manual Toyota. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor, 1995.

Rabiman dan Z. Arifin, Sistem Bahan Bakar Motor Diesel. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

G. S. Putra, “Identifikasi Kerusakan Sistem Bahan Bakar Pada Mesin Diesel Teknologi Common Rail (Kasus Pada Pt. Sulaswesi Berlian Motor) ,” Skripsi, Universitas Negeri Makasar, 2020.

R. Monasari, N. N. Farida, dan A. H. Firdaus, “Pengaruh Manipulator Tekanan Bahan Bakar Mesin Diesel Common Rail Ditinjau Dari Kebisingan & Emisi Gas Buang,” Auto Tech : Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, vol. 18, no. 1, hlm. 1–9, 2023.

A. Syahroni dan M. Ferdnian, “Analisa Pengaruh Penambahan Racor Pada Sistem Bahan Bakar Mitsubishi Type Kb4 T Common-Rail,” Transmisi, vol. 13, no. 1, hlm. 113–122, 2017.

A. M. Ramadhan, “Analisis Sistem Bahan Bakar Komponen Supply Pump Pada Sistem Commonrail,” Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 2017.

J. Willey, Automotive Handbook BOSCH Invented For Life, 8th Edition. Chicester: Robert Bosch GmbH, 2011.

Downloads

Published

2024-02-03

How to Cite

Bayu, I., Rifdarmon, R., Nasir, M., Hidayat, N., & Syaifullah, L. (2024). Analisis Modifikasi Pemasangan Fuel Filter Terhadap Fuel Rail Pressure Common Rail Pada Chevrolet Captiva. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(2), 157–164. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i2.164

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>