Analisis Kesesuaian Sarana dan Prasarana Praktikum Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK N 1 Bukittinggi

Authors

  • Bima Rahmat Maulana Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Martias Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Donny Fernandez Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Muslim Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.88

Keywords:

Tingkat Kesesuaian Sarana Dan Prasarana, Teknik Kendaraan Ringan, SMKN 1 Bukittinggi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi akibat kurangnya motivasi dan minat belajar peserta didik ditandai dengan nilai UTS relatif rendah yang diduga disebabkan oleh kurang lengkapnya sarana dan prasarana praktikum Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 1 Bukittinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa tingkat kesesuaian sarana dan prasarana praktikum Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Bukittinggi. Jenis penelitian yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu Kepala bengkel TKR. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi dan analisis data yang digunakan yaitu analisis persentase. Hasil penelitian tingkat kesesuaian prasarana yaitu 100% dan untuk sarana yaitu 69% terdiri dari bagian perabot 92%, bagian peralatan 48%, bagian media pendidikan 100%, dan bagian perlengkapan lainnya yaitu 96%. Kesimpulan yaitu total tingkat kesesuaian sarana dan prasarana pada bengkel teknik kendaraan ringan yaitu 73% yang masuk kriteria cukup sesuai.

The background of this research is due to the lack of motivation and interest in learning of students marked by relatively low UTS scores, this is thought to be caused by the incomplete facilities and infrastructure for the Light Vehicle Engineering practicum at SMKN 1 Bukittinggi. The purpose of this study was to analyze the level of suitability of facilities and infrastructure for the Practicum of LVE Competency at SMK N 1 Bukittinggi. This type of research is descriptive with a quantitative approach. The research subject is the head of the LVE workshop. The research instrument is the observation sheet and the data analysis used is percentage analysis. The results of the study are the level of suitability, namely 100% and for facilities, namely 69%, consisting of 92% of furniture, 48% of equipment, 100% of educational media, and 96% of other equipment. The conclusion is that the total level of suitability of facilities and infrastructure in LVE workshops is 73% which is in the sufficiently appropriate criteria.

References

Indonesia, “Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Sekretariat Negara, 2003.

Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya., 2018.

Kemendikbud, “SK Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbud No.22/D/O/2021 tentang Penetapan SMK Program SMK Pusat Keunggulan.” 2021.

M. P. Guna dan D. Fernandez, “Analisis Ketercukupan Sarana dan Prasarana Bengkel Teknik Kendaraan Ringan di Smk Negeri 1 Padang,” 2018.

S. M. Putra dan Martias, “Analisis Kelengkapan dan Kelayakan Sarana dan Prasarana Bengkel Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak,” 2020.

A. P. Mangkunegara, Manajemen Pendidikan: Kebijakan dan Praktik. PT Remaja Rosdakarya., 2015.

T. Triwiyanto, Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Sumardjo, Dr. M.Pd., Manajemen Pendidikan: Strategi Pengembangan Pendidikan Berkualitas. PT Raja Grafindo Persada, 2016.

Barnawi dan M. Arifin, Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Peraturan Pemerintah, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.” Jakarta, 2010.

Purwanto dan Thomas Sukardi, Pengelolaan Bengkel Praktik SMK Teknik Permesinan di Kabupaten Purworejo. Jurnal Pendidikan dan Kejuruan, 2015.

Kemendikbud, “Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah. Kemendikbud No. 165/M/2021 Tentang Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan.” 2021.

Permendikbud, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor. 34 Tahun 2018 Tentang Standar Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).” 2018.

Marimin, Pengantar Teknik Industri. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Sudijono Anas, Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada., 2011.

A. Yusuf dan A. Zainal, “Studi Kelayakan Sarana Prasarana Bengkel Praktik Pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di Smk Negeri 1 Cangkringan,” 2018.

W. Listina dan S. Bernadus, “Kesesuaian Sarana Praktik Untuk Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Bantul,” JVPTM, vol. 7 No. 4, 2019.

Downloads

Published

2023-08-19

How to Cite

Maulana, B. R., Martias, Fernandez, D., & Muslim. (2023). Analisis Kesesuaian Sarana dan Prasarana Praktikum Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK N 1 Bukittinggi. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(3), 361–370. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.88

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>