Efektivitas Metode Analisis Konkret Temperatur dan Tekanan pada Kebocoran Sistem Pendingin Mobil

Authors

  • Rizky Farhanul Lisan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rifdarmon Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Dwi Sudarno Putra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.71

Keywords:

Metode Analisis Konkret, Temperatur dan Tekanan, Sistem Pendingin Mobil

Abstract

Pengujian sistem pendingin menjadi salah satu hal penting dalam proses perawatan mesin kendaraan. Penggunaan radiator tester menjadi salah satu standar yang telah digunakan dalam bengkel-bengkel perawatan. Proses pengujian radiator tester selain membutuhkan alat-alat khusus juga ditemukan beberapa kasus kebocoran yang tidak terdeteksi. Pada penelitian ini penulis mengusulkan sebuah metode analisa konkret yang mendasarkan pada temperatur dan tekanan untuk menguji kebocoran pada sistem pendingin mobil. Penelitian dilakukan dengan eksperimen pada beberapa mobil. Hasil menunjukkan bahwa metode ini terbukti lebih sederhana dan efektif dalam menguji kebocoran.

One of the crucial steps in car engine maintenance is cooling system testing. One of the criteria that has been used in repair workshops is the usage of a radiator tester. The radiator tester testing procedure discovered multiple instances of leakage that had gone unreported in addition to requiring specific gear. In this work, the authors provide a practical way of analysis based on temperature and pressure to check for cooling system leaks in automobiles. Several autos were used in the research's trials. The findings demonstrate that this approach is both easier and more reliable for checking for leaks.

References

C. D. Wicaksana dan I. Pranoto, “Studi Eksperimental Pengaruh Geometri Pin Fins Terhadap Fenomena Flow Boiling,” Prosiding SENASTITAN: Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan, vol. 2, no. 0, Art. no. 0, Mar 2022.

A. Pujiono, “Upaya Mengatasi Overheating Saat AC Beroperasi pada Mobil Daihatsu Espass Tahun 1997,” 1, vol. 10, no. 1, Art. no. 1, 2019, doi: 10.24905/eng.v10i1.1472.

M. Musa, B. Budiyono, dan A. Feriansah, “Analisa Gangguan Sistem Pendingin Pada Mesin Avanza 1300 cc,” Surya Teknika, hlm. 60–69, Apr 2019, doi: 10.48144/suryateknika.v3i1.1289.

W. Elbar, “Sistem Pendingin Pada Toyota Kijang Innova,” FOCUS TEKNIK MESIN UPMI, vol. 1, no. 1, Art. no. 1.

E. W. B. Siahaan, “Pengaruh Debit Aliran Air Terhadap Efektifitas Radiator Pada Motor Bakar Bensin 4 Langkah Dengan Kapasitas Silinder 1329 cc,” JUITECH: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Quality, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Nov 2018, doi: 10.36764/ju.v2i2.117.

W. W. Arso dan F. Gunawan, “Identifikasi Kerusakan Tutup Radiator Terhadap Suhu Engine Toyota Kijang 5K,” JOURNAL OF MECHANICAL ENGINEERING MANUFACTURES MATERIALS AND ENERGY, vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Jun 2020, doi: 10.31289/jmemme.v4i1.3535.

S. Anwar dan A. Y. R. Putra, “Perpindahan Panas Pada Air Radiator Terhadap Efektivitas Penyerapan Panas Pada System Pendingin Mesin Motor Bensin 4 Langkah Honda CBR 150r,” Jurnal Ekliptika, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Des 2020.

F. Yuliyanti, B. Budiyono, dan I. Prasetyo, “Identifikasi Sistem Pendingin Pada Mesin Diesel Mitsubishi 100 PS,” Surya Teknika, hlm. 19–24, Apr 2019, doi: 10.48144/suryateknika.v3i1.1285.

E. Wahidri, E. Alwi, dan R. Lapisa, “Effect of Heating Fuel through the Upper Tank Radiator with Copper Pipes Against Torque and Power,” 1, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Mei 2019, doi: 10.46574/motivection.v1i2.4.

I. Prasetyo dan A. P. Pardana, “Identifikasi Dan Trouble Shooting Sistem Pendinginan Pada Mesin Daihatsu Granmax Dan Cara Mengatasinya,” Surya Teknika, hlm. 6–16, Okt 2018, doi: 10.48144/suryateknika.v2i2.1271.

F. Febrianti, D. Nofriansyah, dan F. Sonata, “Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Kerusakan Pada Sistem Pendinginan Air (Water Cooling System) Mesin Mobil Dengan Metode Dempster Shafer,” Jurnal Cyber Tech, vol. 4, no. 3, Art. no. 3, Agu 2022, doi: 10.53513/jct.v4i3.924.

N. Hidayat, M. Y. Setiawan, dan A. Arif, “Studi Eksperimental Kemampuan Pelepasan Panas pada Radiator Straight Fin Jenis Flat Tube dengan Variasi Cooling Liquid,” Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 20, no. 3, Art. no. 3, 2020.

N. L. H. Saragih, H. Maksum, dan T. Sugiarto, “Pengaruh Variasi Cairan Pendingin (Coolant) Terhadap Efektivitas Radiator Pada Engine Diesel,” Automotive Engineering Education Journals, vol. 6, no. 4, Art. no. 4, Okt 2017, Diakses: 27 Juli 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/poto/article/view/3517

R. Dalimunthe, “Pengaruh Aliran Air Terhadap Efektifitas Radiator Toyota Kijang 5-K,” Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik, vol. 4, no. 2, Art. no. 2, 2019, doi: 10.24967/teksis.v4i2.645.

W. Liang, J. Zhou, dan C. Wei, “Uniqueness of the equilibrium relationship among temperature, pressure and liquid water content in hydrate-bearing soils,” Journal of Natural Gas Science and Engineering, vol. 88, hlm. 103820, Apr 2021, doi: 10.1016/j.jngse.2021.103820.

Sugiyono;, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, 2013. Diakses: 13 Juli 2023. [Daring]. Tersedia pada: //digilib.unigres.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D43

A. Tanzeh dan S. Arikunto, “Metode Penelitian Metode Penelitian,” Metode Penelitian, vol. 43, hlm. 22–34, 2020.

Downloads

Published

2023-08-03

How to Cite

Lisan, R. F., Rifdarmon, Maksum, H., & Putra, D. S. (2023). Efektivitas Metode Analisis Konkret Temperatur dan Tekanan pada Kebocoran Sistem Pendingin Mobil. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(3), 309–318. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.71

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>