Pengaruh Minat Belajar dan Latar Belakang Ekonomi Orang Tua Terhadap Keinginan Siswa SMK Negeri 4 Solok Selatan untuk Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi

Authors

  • Naufal Alifka Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Dwi Sudarno Putra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wagino Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Arif Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rusdiman SMK Negeri 4 Solok Selatan, Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.86

Keywords:

Minat belajar, Pendapatan orang tua, Keinginan melanjutkan kuliah

Abstract

Pendidikan SMK merupakan salah satu bentuk pendidikan formal yang fokus pada pendidikan kejuruan di tingkat menengah, dan sekolah ini berorientasi pada dunia kerja. Walaupun begitu, lulusan SMK juga memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sesuai dengan bidang kejuruan yang mereka pilih. Diharapkan bahwa melalui pendidikan lanjutan ini, mereka dapat lebih mengembangkan diri dan mampu bersaing serta beradaptasi di era global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa dan status sosial ekonomi orang tua mempengaruhi keinginan siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data utama dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dan status sosial ekonomi orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keinginan siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi yang bernilai 45,5%.  

SMK education is a form of formal education that emphasizes secondary-level vocational education and is oriented toward the workplace. Nonetheless, SMK graduates have the option to continue their education at the tertiary level in accordance with their chosen vocational discipline. Through this advanced education, it is anticipated that they will be able to develop further and be able to compete and adapt in the global era. The purpose of this study was to determine the impact of students' interest in learning and their parents' socioeconomic status on their motivation to continue their education in college. This study employed quantitative methods, and questionnaires were used to capture the majority of the data. Students' interest in learning and their parents' socioeconomic status had a significant impact on their desire to pursue postsecondary education, which was 45.5%.

References

Adytio Fran Noveili,dkk. (2023). Analisis of thei Reilationship Beitweiein Leiarning Motivation and Pareints Incomei With Stuideints Inteireist in Continuiing Stuidy at Higheir Eiduication. JTPVI : Juirnal Teiknologi dan Peindidikan Vokasi Indoneisia.

Afri Subarkah, A. N. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi (Studi Pada Siswa Smk Nasional Padang). In Jurnal Ecogen (Vol. 1, Issue 4). https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i1.4733

Ari Bowo, P. (2019). Economic Education Analysis Journal Info Artikel. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 18–23. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31500

Arifin, A. A., & Ratnasari, S. (2017). Jurnal Konseling Andi Matappa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1, 77–82.

Dani Kurniawan. (2018). Pengaruh Status Soisal Ekonomi Orang Tua terhadap minat siswa melanjutkan ke pendidikan Tinggi. Photosynthetica, 2(1), 1–13.

Doni Setiawan, Hendra Dani Saputra,M.Nasir (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Lingkungan Kampus Terhadap IPK Mahasiswa. Invotek.v.19i1.425.

Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Wiguna, P. (2022). Studi Literatur: Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5472–5479. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3009

Fatimah, S. (2018). Pengaruh Potensi Diri, Prestasi Belajar, Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Fakultas Ekonomi Di Perguruan Tinggi. In Jurna Pendidikan Ekonomi (JUPE) (Vol. 6, Issue 2).

Feibra Yuilisman, dkk. (2023). Peingaruih Modeil Peimbeilajaran Typei Think Pair Sharei (TPS) Teirhadap Preistasi Beilajar Meimpeirbaiki Sisteim Starteir dan Peingisian Keilas XI Juiruisan Teiknik Keindaraan Ringan Di SMKN 2 Luibuik Basuing. Juirnal Teiknik Otomotif FT UiNP.

Ismi, F., & Linda. (2016). Pengaruh Thin Capitalization , Return On Asset , Dan Corporate Governance Pada Perusahaan Jakarta Islami Index ( JII ). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 1(1), 150–165.

Kharisma, N., & Latifah, L. (2015). Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Kompetensi Keahlian Akuntansi Di Smk Negeri Se- Kota Semarang Tahun Ajaran 2014. Economic Education Analysis Journal, 3(4), 833–846. Metode Kuantitatif. (n.d.). https://umsu.ac.id/metode-kuantitatif-adalah/

Motivasi Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi Shinta Bunga Oryza, P., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 23–36. https://doi.org/10.26740/jpeka.v5n1.p23-36

Nisa, A. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, II(1), 1–9.

Puspasari, L. (2010). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap minat siswa sekolah menengah kejuruan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Slameto. (2003a). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.

Slameto. (2003b). Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Akuntansi Smk Negeri 1 Kendal. In Economic Education Analysis Journal (Vol. 3, Issue 1).

Slameto. (2003c). Pengaruh Motivasi, Status Sosial, dan Lingkungan Terhadap Minat melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Melalui Prestasi Belajar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Slameto. (2003d). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Orang tua Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI SMAN 1 SIMEULUE CUT. In Journal (Vol. 2).

Sugiyono. (2015). Metode Pnelitian Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Downloads

Published

2023-08-19

How to Cite

Naufal Alifka, Putra, D. S., Wagino, Arif, A., & Rusdiman. (2023). Pengaruh Minat Belajar dan Latar Belakang Ekonomi Orang Tua Terhadap Keinginan Siswa SMK Negeri 4 Solok Selatan untuk Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(3), 353–360. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.86

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4