Penerapan Strategi Pembelajaran Problem solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR SMKN 1 Sumatera Barat

Authors

  • Yuniswar Yuniswar SMK Negeri 1 Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i1.156

Keywords:

Classroom Action Reaserch, Problem solving, Learning outcomes, Penelitian tindakan kelas, Memecahkan masalah, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai hasil belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat dengan menerapkan metode pembelajaran problem solving. Penelitian ini dilaksanakan selama semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 dan melibatkan 31 siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas dengan model spiral yang terdiri dari 2 siklus. Hasil data menunjukkan bahwa pada siklus 1, sebanyak 20 siswa (64,6%) memperoleh nilai di atas 75 sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan, sementara 11 siswa (35,4%) masih mendapat nilai di bawah 75. Pada siklus 2, jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas 75 meningkat menjadi 27 orang (87,1%), sedangkan siswa yang memperoleh nilai di bawah 75 menurun menjadi 4 orang (12,9%). Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem solving berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. 

The purpose of this study was to find out the learning outcomes of the cooling system of class XI students of Light Vehicle Engineering SMK Negeri 1 West Sumatra by applying problem solving learning strategies. The research takes place in the odd semester of the 2023/2024 school year. The research subjects were 31 students of class XI Light Vehicle Engineering at SMK Negeri 1 West Sumatra. This research uses a type of classroom action research with a spiral model that uses 2 cycles. From the data that has been obtained that there is an increase in the number of students who score 75 and above (according to the success criteria of action) in learning in cycle 1 there are 20 people (64.6%) who score above 75 and 11 people (35.4 %) who still scored below 75. For cycle 2 the number of students who scored above 75 increased to 27 people (87.1%) and students who scored below 75 decreased to 4 people (12.9%). Based on this analysis, it can be seen that the application of problem solving learning strategies succeeded in increasing student learning outcomes from cycle 1 to cycle 2.

References

D. A. Prabowo, M. Y. Fathoni, R. Toyib, and D. Sunardi, “Sosialisasi aplikasi Merdeka Mengajar dan pengisian konten pembelajaran pada SMKN 3 Seluma untuk mendukung program SMK-PK Tahun 2021,” JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), vol. 1, no. 2, pp. 55–60, 2021.

N. Nurhidayani and W. Simatupang, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 1 Padang,” AEEJ: Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, vol. 1, no. 1, pp. 9–20, 2020.

H. D. Saputra, T. Sugiarto, W. Purwanto, F. H. Afifi, F. Hidayat, and E. Alwi, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK,” AEEJ: Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, vol. 3, no. 2, pp. 105–112, 2022.

G. S. Lubis, H. Maksum, D. Fernandez, and A. Arif, “Kontribusi Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Kelas XI TKR Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin dan Kendaraan Ringan di SMK N 1 Padang,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 23–32, 2024.

U. N. Amalia, E. Nuraina, and N. W. Sulistyowati, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SMK YYY WONOASRI,” in FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi, 2020. Accessed: Nov. 25, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/FIPA/article/view/896

T. Simamora, E. Harapan, and N. Kesumawati, “Faktor-faktor determinan yang mempengaruhi prestasi belajar siswa,” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), vol. 5, no. 2, pp. 191–205, 2020.

T. Wulandari, “Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa SMK Karya Guna Jaya Bekasi,” Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan, vol. 2, no. 3, pp. 267–284, 2023.

C. Yohana, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan,” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, vol. 7, no. 1, pp. 89–102, 2021.

I. D. Palittin, W. Wolo, and R. Purwanty, “Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa,” Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 2, pp. 101–109, 2019.

R. Ramadhan, M. Usman, and A. Armiati, “PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI (STUDI PADA SISWA SMK NASIONAL PADANG),” Jurnal Ecogen, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Dec. 2018, doi: 10.24036/jmpe.v1i1.4733.

R. Valentio, W. Wagino, D. Fernandez, M. Muslim, and Y. Efrizal, “Kontribusi Minat Menjadi Mekanik Otomotif Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Di SMKN 1 Padang,” MSI Transaction on Education, vol. 4, no. 3, pp. 113–122, 2023.

T. Nabillah and A. P. Abadi, “Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa,” Prosiding Sesiomadika, vol. 2, no. 1c, 2020, Accessed: Nov. 25, 2023. [Online]. Available: https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685

Y. Saputri and K. W. Wardani, “Meta Analisis: Efektivitas Model Pembelajaran Problem solving dan Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD,” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 2, pp. 935–948, 2021.

A. Parnawi, Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Deepublish, 2020. Accessed: Nov. 25, 2023. [Online]. Available: https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=djX4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=penelitian+tindakan+kelas+(PTK)+atau+Classroom+Action+Research+adalah&ots=H_UGbAGfya&sig=x0uLFASHgx_jOEOUwVuOkWC8tSg

R. M. Hidayati and W. Wagiran, “Implementation of problem-based learning to improve problem-solving skills in vocational high school,” Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 10, no. 2, pp. 177–187, 2020.

Downloads

Published

2024-01-05

How to Cite

Yuniswar, Y. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR SMKN 1 Sumatera Barat. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(1), 139–148. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i1.156