Pengaruh Penggunaan ECU Racing dan Injektor Racing Terhadap Torsi, Daya dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Jupiter MX King 150

Authors

  • Achmat Fauzil Fauzil Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Donny Fernandez Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M. Yasep Setiawan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i1.122

Keywords:

ECU Racing, Injector Racing, daya, torsi, konsumsi bahan bakar

Abstract

Pada saat ini banyak masyarakat yang ingin meningkatkan performa sepeda motor, seperti untuk kebutuhan touring yang melewati lintasan tanjakan dan panjang. Peneltian ini membahas tentang pengaruh penggunaan ECU racing dan injector racing terhadap torsi, daya dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Jupiter MX King 150. Penelitian ini membandingan penggunaan ECU standar-injector standar, ECU standar-injector racing, ECU racing-injector standar, ECU racing-injector racing, ECU racing dengan memajukan waktu pengapian 10-injector standar dan ECU racing dengan memajukan waktu pengapian 10-injector racing. Jenis metode penelitian yang digunakan eksperimen dengan jenis kontrol pretest-posttest digunakan pada penelitian ini. Dari data yang didapatkan daya dan torsi tertinggi didapatkan saat penggunaann ECU racing-injector standar dengan daya 15,73 Hp dengan persentase peningkatan 0,83%, torsi 15,23 Nm dengan persentase peningkatan 0,32% dengan konsumsi bahan bakar 0,23 ml/detik meningkat 21,05%. 

At this time many people want to improve the performance of motorbikes, such as for touring needs that pass through long and uphill trails. This research discusses the effect of using ECU racing and injector racing on torque, power and fuel consumption on a Jupiter MX King 150 motorcycle. This research compares the use the use of standard ECU-standard injector, standard ECU-injector racing, ECU racing-standard injector, ECU racing-injector racing, ECU racing by advancing the ignition time 10-injector standard and ECU racing by advancing the ignition time 10-injector racing. The type of research method used is experimental with pretest-posttest control type used in this study. From the data obtained, the highest power adn torque were obtained when using the ECU racing-injector standard with a power of 15,73 Hp with a percentage increase of 0,83%, a torque of 15,23 Nm with a percentage increase of 0,32% with a fuel consumption of 0,23 ml/sec increased by 21,05%.

References

M. A. Afwan and W. D. Rahardjo, "Pengaruh Penggunaan ECU standar dan ECU Juken Dengan Variasi Injektor Terhadap Torsi dan Daya Sepeda Motor Yamaha Vixion," Automotive Science and Education Journal, 2020.

A. Arif, N. Hidayat and M. Y. Setiawan, "Pengaruh Pengaturan Waktu Injeksi dan Durasi Injeksi Terhadap Brake Mean Effective Pressure dan Thermal Efficiency Pada Mesin Diesel Dual Fuel," Inovasi Vokasional dan Teknologi, 2017.

I. Ma'ruf, E. Marlina and N. Robbi, "Pengaruh ECU standar dan ECU racing Terhadap Performa Motor Bensin Yamaha Vixion 150 CC," Jurnal Sains dan Teknologi Teknik Mesin Unisma, 2023.

M. S. Firmansyah, W. Purwanto, H. Maksum and M. Y. Setiawan, "Analisis Emisi Gas Buang (CO,CO2 dan HC) Pada Sepeda Motor FI Dengan Variasi Saat Pengapian, Saat Penginjeksian dan Jenis Bahan Bakar," Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2023.

W. Purwanto, M. Y. Suhaimi, H. Maksum and A. Arif, "Pengaruh Penmograman Ulang ECU Programmable Motor 4 Langkah Modifikasi Injeksi Terhadap Performa Modifikasi Injeksi Terhadap Performa Mesin Dengan Variasi Injection Timing, Ignition Timing, dan Jenis Bahan Bakar," 2022.

C. Handoko and Z. Arifin, "Pengaruh Perubahan Durasi Injeksi dan Timing Pengapian Terhadap Performa Mesin Honda Vario 125 Menggunakan ECU Programmable Juken 2 Yamaha Vixion Pada Mobil Hybrid H15 Garuda UNY," Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 2018.

J. Jama and Wagino, Teknologi Sepeda Motor Jilid 1, Jakarta: Direkorat Pembinaan SMK, 2007.

W. Hidayat, Motor Bensin Modern Cetakan Pertama, Jakarta Rineka Cipta, 2012.

F. Fahmi and M. N. Yuniarto, "Perancangan dan Unjuk Kerja Engine Control Unit (ECU) Iquteche Pada Motor Yamaha Vixion," Jurnal Teknik Pomits, vol. 1, pp. 1-6, 2013.

N. Wahyudi, "Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Perubahan Sudut Injektor Pada System EFI Terhadap Performa Motor 4 Langkah," Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering (JEECAE), vol. 1, 2016.

H. Maksum and dkk, Teknologi Motor Bakar, Padang: UNP press, 2012.

V. D. Isnanto, Martias, M. Nasir and Muslim, "Analisis Pemasangan Groundstrap Terhadap Emisi Gas Buang, Daya dan Torsi pada Sepeda Motor New Vixion Tahun 2013," Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 01, 2023.

S. Wakhinuddin, Motor Diesel, UNP PRES, 2009.

E. Alwi, D. S. Putra and H. Khoiri, "Uji Penghematan Bahan Bakar Kendaraan Dengan Sistem Pembatasan Putaran Mesin," Journal of Mechanical Engineering Education, vol. 2, 2017.

N. Romandoni, "Studi Komparasi Performa Mesin dan Kadar Emisi Gas Buang Sepeda Motor Empat Langkah Berbahan Bakar Bensin dan LPG," Jurnal Teknik Mesin Unesa, 2013.

C. I. Meutiarani, H. Maksum, M. Nasir and Andrizal, "Pengaruh Oil Cooler 5 Baris Terhadap Suhu Oli Mesin dan Konsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor 4 Langkah," Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, 2023.

W. D. Raharjo and Karnowo, Mesin Konversi Energi, Semarang: Universitas Negeri Semarang Press., 2007.

Downloads

Published

2023-10-12

How to Cite

Fauzil, A. F., Fernandez, D., Maksum, H., & Setiawan, M. Y. (2023). Pengaruh Penggunaan ECU Racing dan Injektor Racing Terhadap Torsi, Daya dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Jupiter MX King 150. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i1.122

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>