Rancang Bangun Tempat Pengecatan Body dan Part Sepeda Motor

Authors

  • Mishbahul Badri Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Donny Fernandez Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Nuzul Hidayat Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Andrizal Andrizal Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i4.49

Keywords:

Rancang Bangun, Tempat Pengecatan, Bodi Sepeda Motor

Abstract

Banyak usaha pengecatan yang masih melakukan pekerjaannya di luar ruangan sehingga hasil pengecatan menjadi kurang ideal karena melekatnya debu dan partikel lain pada cat. Selain itu, ada kelemahan untuk mengecat di luar, termasuk udara yang tidak terkendali, suhu yang berubah-ubah, debu-debu yang beterbangan, periode pengecatan yang tidak menentu, dan masalah kesehatan dan keselamatan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat tempat pengecatan yang dapat meminimalisir polusi saat pengecatan dan untuk mengurangi debu yang dihasilkan saat pengecatan body dan part sepeda motor. Penelitian dilakukan dengan metode R&D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tempat pengecatan yang dilengkapi dengan filter udara dan air dapat membantu mengurangi debu pengecatan. Untuk setiap 100 gram cat yang digunakan, filter udara dapat menangkap 6,5 gram partikel cat.   

Many painting businesses still carry out their work outdoors, resulting in less-than-ideal painting outcomes due to dust and other particles adhering to the paint. Additionally, there are drawbacks to painting outdoors, including uncontrolled air conditions, fluctuating temperatures, airborne dust, uncertain painting schedules, and health and safety issues. The aim of this research is to create a painting facility that can minimize pollution during painting and reduce the dust produced when painting motorcycle bodies and parts. The research was conducted using the R&D method. The results of the study show that a painting facility equipped with air and water filters can help reduce painting dust. For every 100 grams of paint used, the air filter can capture 6.5 grams of paint particles.

References

D. A. Tyagita, A. W. Pratama, and D. B. Aprianto, “Variasi Kadar Tiner Dan Temperatur Pengeringan Terhadap Kualitas Hasil Pengecatan Bodi Kendaraan Berbahan Abs,” J-Proteksion, vol. 4, no. 1, p. 11, 2020.

Siregar Rolan and Abidin Toha, “Pengaruh Besar Temperatur dan Lama Pemanasan Terhadap Daya Lekat Cat Pada Oven Portable Dalam Pengecatan Bodi Mobil,” J. Sains dan Teknol., vol. 10, no. 1, Mar. 2020.

A. Mahmudi, “Perancangan Desain Ruang Pengecatan (Spray Booth) Bengkel Lor Ndeso Autobody Repair And Painting,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2018.

R. D. Kartikasari and B. Swasto, “Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Bagian Produksi PT. Surya Abses Cement Group Malang),” J. Adm. Bisnis, vol. 44, no. 1, pp. 89–95, 2019.

Buntarto, Pengecatan Ulang Bodi Kendaraan, 1st ed. Yogyakarta: Pustaka Baru, 2016.

M. Fajar, R. Lapisa, and N. Hidayat, “Kontribusi Penerapan Aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap produktivitas Kerja Mekanik,” Automot. Eng. Educ. Journals, vol. 7, no. 1, 2018.

R. Alfarizi, D. Fernandez, and A. Arif, “Tinjauan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Departemen Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Review Of Occupational Safety And Health Management Systems In The Automotive Light Vehicle Engineering Department,” pp. 267–276, 2023.

M. A. Nasrinur and D. Setiawan, “Pengaruh Pengetahuan K3 Terhadap Kedisiplinan Siswa dalam Melaksanakan Praktikum di Kelas XI TKR Jurusan Teknik Otomotif SMK Negeri 5 Padang The Effect of K3 Knowledge on Student Discipline in Carrying Out Practicum in Class XI TKR Automotive Engineering,” pp. 37–44, 2023.

O. Benny, E. Alwi, and D. Fernandez, “Pengujian Tingkat Kebisingan Pada Ruangan Praktik Konstruksi Badan Kendaraan Jurusan Teknik Otomotif FT-UNP,” Automot. Eng. Educ. Journals, vol. 3, no. 3, 2014.

M. Milana, K. L. Putra, D. Fernandez, and M. Y. Setiawan, “Hazard Identification and Risk Assessment of PT TKA Traksi Employees,” Motiv. J. Mech. Electr. Ind. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 187–194, 2023.

Udayan I Gede Agus, “Desain Konfigurasi Oven Pada Rancang Bangun Micro Oven Sistem Pengecatan,” J. Rekayasa Mesin, vol. 4, no. 3, 2018.

Nurhakiki and Suwahyo, “Pengaruh Rasio Epoxy Primer dengan Thinner Terhadap Kualitas Daya Lekat Pengecatan Dengan Menggunakan Ruang Pengering Oven,” Automot. Sci. Educ. J., vol. 9, no. 2, Jun. 2021.

Krisnaningsih Erni, “Strategi Mengurangi Produk Cacat Pada Pengecatan Boiler Steel Structure Dengan Metode SIX SIGMA di PT. Cigading Habeam Center,” J. InTent, vol. 3, no. 1, 2020.

S. Argana, Pengecatan Body Kendaraan, Sonny. Jakarta: Direktorat Jendral Peningkata Mutu Pendidikan & Tenaga Kependidikan, 2013.

Ishlahudin Nur, “Teknologi Pengecatan Menggunakan Sistem Atomisasi Pada Produk Berbahan Plastik di Industi Perakitan Sepeda Motor,” J. Ilm. Tek. Mesin, vol. 13, no. 1, Jun. 2019.

D. A. Restu, “Faktor Risiko Rinitis Akibat Kerja Pada Pekerja Pengecatan Mobil Pengguna Cat Semprot (Studi pada Bengkel Pengecatan Mobil di Kota Semarang),” J. Kedokt. Diponegoro, vol. 5, no. 4, 2016.

N. E. Esau, “Perancangan Ruang Pengering Pengecatan Motor Pada Bengkel MJ Art Painting Desa Galala, Kota Ambon,” J. Pengabdi. Masy. Iron, vol. 5, no. 1, 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, 18th ed. Bandung: ALFABETA,CV, 2013.

Downloads

Published

2023-08-26

How to Cite

Badri, M., Fernandez, D., Hidayat, N., & Andrizal, A. (2023). Rancang Bangun Tempat Pengecatan Body dan Part Sepeda Motor. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(4), 521–532. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i4.49

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>