Analisis Penggunaan Beberapa Jenis Lampu Utama Sepeda Motor Terhadap Intensitas Cahaya
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i1.14Keywords:
intensitas cahaya, lampu utama, sepeda motorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya intensitas cahaya yang dihasilkan oleh lampu sepeda motor yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah. Pada penelitian ini digunakan tiga jenis lampu yaitu standar (pijar), LED, dan halogen untuk mengukur intensitas cahaya yang dihasilkan oleh sepeda motor Satria FU 150. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengambilan data penelitian dilakukan tiga kali pada tiap pengujian, kemudian data tersebut dimasukkan ke dalam tabel data penelitian serta mengahasilkan grafik, dan selanjutnya dilakukan analisis data hingga ditemukan hasil intensitas cahaya pada setiap lampu. Berdasarkan hasil penelitian, lampu yang memenuhi standar atau aturan yang ditetapkan PP 55 tahun 2012 pasal 70 huruf a adalah lampu led. Lampu utama jenis LED menghasilkan 13.000 candela untuk lampu dekat, dan lampu jauh menghasilkan 36.333 candela.
This study aims to determine the amount of light intensity produced by motorcycle lights that meet the requirements set by the government. In this study, three types of headlamps were used, namely standard (incandescent) headlamp, LED, and halogen headlamp to measure the intensity of light produced by the Satria FU 150 motorcycle. This study used an experimental method. Retrieval of research data was carried out three times for each test, then the data was entered into the research data table and produced a graph, and then data analysis was carried out until the light intensity results were found for each lamp. Based on the research results, lamps that meet the standards or rules in Republic of Indonesia government regulation number 55/2012 article 70 are LED lamps. Where the led light produces 13,000 candela near light, the far light produces 36,333 candela.
References
M. Amiruddin and D. Rohmantoro, “Modifikasi Sistem Penerangan Aho Dengan Pengisian Fullwave Untuk Meningkatkan Arus Dan Tegangan Pengisian Pada Motor Honda Scoopy,” J. Automot. Technol. Vocat. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 9–18, 2020, doi: 10.31316/jatve.v1i2.990.
Peraturan Pemerintah, Peraturan Pemerintah No.55 Tahun 2012 Pasal 70. Tentang Kendaraan. 2012.
Maxwell, “Perambatan Gelombang Yang Dihasilkan Oleh Kombinasi Medan Listrik Dan Medan Magnet,” 1864.
R. Friadi and J. Junadhi, “Sistem Kontrol Intensitas Cahaya, Suhu dan Kelembaban Udara Pada Greenhouse Berbasis Raspberry PI,” J. Technopreneursh. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 30–37, 2019, doi: 10.36085/jtis.v2i1.217.
B. Guntur and G. M. Putro, “Analisis Intensitas Cahaya Pada Area Produksi Terhadap Keselamatan Dan Kenyamanan Kerja Sesuai Dengan Standar Pencahayaan,” Opsi, vol. 10, no. 2, p. 115, 2017, doi: 10.31315/opsi.v10i2.2106.
V. N. Agustus, T. P. Tbk, R. Ifria, and I. G. Friansyah, “PERENCANAAN INSTALASI PENERANGAN PADA KAPAL ISAP PRODUKSI PT . Program Studi Teknik Perkapalan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Karimun Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains danTeknologi Universitas Karimun,” vol. 2, no. 1, pp. 69–82, 2020.
S. H. Jeong, J. Y. Kim, X. Xiao, and Y. S. Kim, “A phosphor converted RED light for automotive LED rear lamp and compliance with ECE light regulation,” Optik (Stuttg)., vol. 234, no. February, 2021, doi: 10.1016/j.ijleo.2021.166590.
M. S. Ibrahim et al., “System level reliability assessment for high power light-emitting diode lamp based on a Bayesian network method,” Meas. J. Int. Meas. Confed., vol. 176, no. February, p. 109191, 2021, doi: 10.1016/j.measurement.2021.109191.
et al O.Shchekin, B. Spinger, N. Lesch, D. Vanderhaeghen, Frontiers in LED and micro-LED technology, in: Proceeding of 13th International Symposiumon Automotive Lighting (ISAL 2019). 2019.
J. W. Simatupang, F. H. Santoso, S. D. Afristanto, R. Bramasto, and H. B. Maheli, “Lampu LED sebagai Pilihan yang Lebih Efisien untuk Lampu Utama Sepeda Motor,” J. Kaji. Tek. Elektro, vol. 6, no. 1, pp. 20–26, 2021.
J. Wang et al., “Experimental study on optical-thermal associated characteristics of LED car lamps under the action of ionic wind,” Microelectron. Reliab., vol. 82, no. 301, pp. 113–123, 2018, doi: 10.1016/j.microrel.2018.01.008.
S. Hadiyoso, A. Z. Ramdani, I. Wijayanto, and A. Rizal, “FPGA-based led intensity controller for power consumption efficiency in motorcycle,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1367, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1367/1/012076.
A. Aronson, Y. Zidon, Y. Cohen, and N. Finkelstein, “A new method for opening quartz halogen light bulbs in vehicle accident investigations,” Forensic Sci. Int., vol. 306, no. November, p. 110053, 2020, doi: 10.1016/j.forsciint.2019.110053.
I. Wahyudi, “Rancang Bangun Trainer Sistem Penerangan,” vol. 06, no. April, pp. 1–5, 2018.
W.-S. Sun, C.-L. Tien, W.-C. Lo, and P.-Y. Chu, “Optical design of an LED motorcycle headlamp with compound reflectors and a toric lens,” Appl. Opt., vol. 54, no. 28, p. E102, 2015, doi: 10.1364/ao.54.00e102.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
J. Suryono, “Karakteristik Paparan Cahaya Lampu Utama Led 3 Sisi Dan Paparan Suara Knalpot Racing Tsukigi Pada Sepeda Motor Yamaha Xeon Rc 125 Tahun 2013.,” Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2019.
Sudirman, “Karakteristik Paparan Cahaya Lampu Led 6 Sisi Dan Paparan Suara Knalpot Racing Japstyle Sepeda Motor Gl 100 Tahun 1991,” Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Toto Sugiarto, Abdi Rizal, Donny Fernandez, Ahmad Arif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.