Implementasi Sistem Manajemen Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK AL-Anhar Bayang
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i2.292Keywords:
Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), Siswa, Lingkungan PraktikAbstract
Penelitian ini mengevaluasi pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Al-Anhar Bayang, mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta identifikasi berbagai kendala beserta alternatif solusinya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif melalui teknik observasi, penyebaran angket, dan wawancara yang melibatkan siswa serta tenaga pendidik. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan SMK3 telah mencakup beberapa aspek penting, antara lain penerapan peraturan K3, pembentukan struktur organisasi, dan penggunaan alat pelindung diri (APD). Ditemukan berbagai hambatan berupa rendahnya tingkat kesadaran siswa, keterbatasan fasilitas keselamatan, serta belum optimalnya pencatatan kejadian kecelakaan kerja secara sistematis. Oleh karena itu, dibutuhkan peningkatan pengawasan, sosialisasi berkelanjutan, pelatihan secara rutin, dan penyediaan sarana keselamatan yang lebih lengkap guna menciptakan lingkungan praktik yang aman dan nyaman, sehingga mampu menunjang peningkatan mutu pendidikan serta keselamatan kerja.
This study evaluates the implementation of the Occupational Safety and Health Management System (SMK3) in the Light Vehicle Engineering Department at SMK Al-Anhar Bayang, covering the stages of planning, implementation, evaluation, and identification of various obstacles along with alternative solutions. The study was conducted using a quantitative descriptive approach through observation techniques, distributing questionnaires, and interviews involving students and educators. The results of the study indicate that the implementation of SMK3 has covered several important aspects, including the application of K3 regulations, the formation of organizational structures, and the use of personal protective equipment (PPE). Various obstacles were found in the form of low levels of student awareness, limited safety facilities, and less than optimal systematic recording of work accidents. Therefore, increased supervision, ongoing socialization, routine training, and the provision of more complete safety facilities are needed to create a safe and comfortable practice environment, so as to support the improvement of the quality of education and work safety.
References
A. Ramadhania and D. Fernandez, “Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Serta Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Padang,” 2025.
A. Reynaldhy, “Hubungan Pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Prestasi Praktik Siswa XI TBSM di SMKN 4 Kepahiang,” 2024.
A. M. Alfafa, “Evaluasi Penerapan Standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Laboratorium Pemesinan Politeknik Industri Logam Morowali,” A. M., vol. 6, no. 2, 2024.
D. Komarudin, W. S. Kuswana, and R. A. M. Noor, “KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI SMK”.
R. Hakim, “PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PRAKTIK KERJA LAS SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA,” vol. 3, 2021.
R. Noprianty, E. Ibrahim, and R. Juniah, “KAJIAN IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN PEKERJA DI PT. BUKIT ASAM (PERSERO) TBK,” Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat.
I. Yuliana, “ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG BERTINGKAT TINGGI,” vol. 07, no. 01, 2021.
M. W. Pangeran and D. Kustono, “Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan K3 di Bengkel Pemesinan”.
Y. K. Saputra, “ANALISIS PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 SEDAYU,” vol. 5, 2022.
A. A. Ramadhan, E. Meldianto, and M. B. Sanjaya, “PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PRAKTIK MEMBUBUT DI BENGKEL JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 PALEMBANG,” vol. 11, 2024.
A. Suryani, R. Setiowati, and J. T. Suharsono, “GAMBARAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) TERHADAP KESELAMATAN KERJA PERAWAT PADA ERA PANDEMI COVID 19 DI RUANG ISOLASI RS KANKER DHARMAIS”.
S. N. Istigfari and L. Dwiantoro, “Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Petugas Kesehatan di Rumah Sakit melalui Pengembangan Metode Human Factor Design: Kajian Literatur,” vol. 5, no. 1, 2022.
A. D. Rizbudiani and A. Jaedun, “Occupational Health and Safety Management System (SMK3) at the workshop of vocational high schools,” Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 11, no. 3, 2021.
Sugiyono, Metode penelitian pendidikan. Aflabeta, 2014.
N. S. Widodo and D. Kristiawan, “Implementasi Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) di PT. Pelindo Marine Service”.
A. M. P. Prasetya, “PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) PT. INDOPHERIN JAYA,” vol. 1, no. 1, 2017.
W. A. Wicaksono and A. Primartadi, “Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Kedisiplinan Berpraktikum Siswa di Bengkel Otomotif SMK Pembaharuan Purworejo”.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Azezen Dwi Aksa, Donny Fernandez, Toto Sugiarto, Iffarial Nanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.