Efektivitas Program Indonesia Pintar (PIP) pada Penerima KIP di Jurusan TKR SMK Negeri 1 Batipuh

Authors

  • Syafrizal Rizal 08238852889
  • Nuzul Hidayat Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Arif Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M.Yasep Setiawan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i3.335

Keywords:

Program Indonesia Pintar, Efektivitas, Pendidikan Kejuruan, Beasiswa KIP

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas Program Indonesia Pintar (PIP) pada siswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Batipuh. Program ini dirancang pemerintah untuk memperluas akses pendidikan bagi keluarga kurang mampu guna menekan putus sekolah dan meningkatkan mutu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan 23 responden penerima KIP. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup berskala Likert yang menilai ketepatan sasaran, sosialisasi, pencapaian tujuan, monitoring, serta luaran seperti prestasi, motivasi, dan partisipasi. Uji prasyarat terpenuhi dan analisis dilakukan secara deskriptif serta inferensial menggunakan uji-t. Hasil menunjukkan PIP tidak berdampak signifikan terhadap efektivitas program (p=0,628 > 0,05). Secara substantif, program berkontribusi pada perluasan akses, tetapi peningkatan kualitas pembelajaran belum teramati. Implikasi kebijakan menekankan penguatan monitoring dan pendampingan berbasis sekolah, perbaikan mekanisme penargetan dan tata kelola data, serta fleksibilitas pembiayaan praktik untuk konteks pendidikan kejuruan.

This study evaluates the effectiveness of the Smart Indonesia Program (PIP) for Smart Indonesia Card (KIP) scholarship recipients in the Light Vehicle Engineering Department of SMK Negeri 1 Batipuh. Designed to expand access for disadvantaged students, the program aims to reduce dropout rates and improve educational quality. A descriptive quantitative design was employed with 23 KIP beneficiaries. Data were collected using a closed-ended Likert questionnaire assessing targeting, outreach, goal attainment, monitoring, and outcomes such as academic performance, learning motivation, and participation. Assumption tests were satisfied and analyses comprised descriptive statistics and a t-test. Results indicate no significant effect of PIP on program effectiveness (p = 0.628 > 0.05). Substantively, the program improves access, yet measurable gains in learning quality were not observed. Policy implications include strengthening school-based monitoring and mentoring, improving targeting and data governance, and allowing more flexible expenditures for practice needs in vocational settings.

References

M. Selviana, I. R. Syahputra, A. Mawaddah, M. R. Fachri, dan S. Ramadhan, “Tanggung Jawab Negara Dalam Pemenuhan Hak Atas Pendidikan Menurut Undang-Undang 1945,” Mediation : Journal of Law, hlm. 44–51, Jul 2024, doi: 10.51178/mjol.v3i2.2004.

S. R. Azkiyah, G. Aryola, dan B. D. Lukitoaji, “Isu Kesenjangan Pendidikan di Daerah Terpencil: Solusi untuk Mewujudkan Pendidikan yang Merata,” EDUCREATIVA: Jurnal Seputar Isu dan Inovasi Pendidikan, vol. 1, no. 1, Feb 2025, Diakses: 17 Agustus 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://journal.mahsya-educreativa.com/index.php/educreativa/article/view/18

A. Fukaro, “Pengaruh Latar Belakang Sosial terhadap Kesempatan Pendidikan,” Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, vol. 7, no. 2, hlm. 1214–1220, Jan 2025, doi: 10.38035/rrj.v7i2.1322.

A. Vega, I. V. A. Maharani, J. A. Putri, M. R. A. M. Hartono, dan R. U. Navridya, “Kesetaraan Akses Pendidikan: Analisis Pengimplementasian Nilai Pancasila dalam Pemerataan Akses Pendidikan di Indonesia,” Lentera Ilmu, vol. 1, no. 2, hlm. 44–57, 2024, doi: 10.59971/li.v1i2.51.

A. Wulandari, A. Uceng, H. Hardianti, dan K. Sellang, “Pengaruh Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Administrasi Publik,” Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), vol. 7, no. 2, hlm. 189–195, Jun 2025, doi: 10.24036/jmiap.v7i2.1215.

E. S. Limbong, A. Purnomo, dan W. Halik, “Strategi Pemerintah Kota Sorong dalam Mengatasi Tantangan Anak Putus Sekolah,” Jurnal Maladum, vol. 3, no. 1, hlm. 29–40, Mei 2025, doi: 10.33506/jm.v3i1.4725.

A. Hakim dkk., “Efektivitas Program Bantuan Sosial dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di kota Tanjungpinang,” PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, vol. 4, no. 1, hlm. 1033–1042, Des 2024, doi: 10.56799/peshum.v4i1.6951.

J. Saragih, “Evaluasi Efektivitas Kebijakan Bantuan Sosial Pemerintah dalam Mengatasi Kemiskinan,” Cakrawala Repositori IMWI, vol. 7, no. 3, hlm. 1175–1185, Jun 2024, doi: 10.52851/cakrawala.v7i3.708.

K. P. Nyeleker dan Suswanta, “Zero-Poverty Villages? The Effectiveness of the Village Sustainable Development Goals Policy in Indonesia,” IOP Conf. Ser.: Earth Environ. Sci., vol. 1475, no. 1, hlm. 012030, Mar 2025, doi: 10.1088/1755-1315/1475/1/012030.

I. A. Habibi, “Efektivitas Penggunaan Kartu Indonesia Pintar (KIP): Analisis Dampak dan Tantangan Implementasi dalam Perspektif Manajemen Keuangan Sekolah,” Al-Amin: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial Humaniora, vol. 3, no. 1, hlm. 13–29, Jun 2025, doi: 10.53398/alamin.v3i1.427.

A. Halim dkk., “Analisis Kebijakan Publik terhadap Penyaluran Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) di Kota Bandar Lampung,” Jurnal Kajian Hukum Dan Kebijakan Publik | E-ISSN : 3031-8882, vol. 2, no. 2, hlm. 1333–1339, Jun 2025, doi: 10.62379/vce9dn68.

J. Pinto, Y. Puspitasari, J. G. de Carvalho, dan I. M. Soares, “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Aplikasi,” Penerbit PT Kodogu Trainer Indonesia, hlm. 1–140, Nov 2024, Diakses: 14 Maret 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://publisher.kodogutrainer.com/index.php/isbn/article/view/32

I. A. Siregar, “Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif,” ALACRITY : Journal of Education, hlm. 39–48, Jul 2021, doi: 10.52121/alacrity.v1i2.25.

P. Ninghardjanti, W. Murtini, A. Hindrayani, dan K. B. Sangka, “Evaluation of the Smart Indonesia Program as a Policy to Improve Equality in Education,” Sustainability, vol. 15, no. 6, hlm. 5114, Jan 2023, doi: 10.3390/su15065114.

F. Abimanyu, “Analysis of the Influence of the Smart Indonesia Program and Entrepreneurship Skills Education on Community Welfare in Indonesia,” Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, vol. 9, no. 01, hlm. 50–56, Mar 2025, doi: 10.22219/jie.v9i01.39737.

H. Haudi dkk., “The role of e-marketing and e-CRM on e-loyalty of Indonesian companies during Covid pandemic and digital era,” Uncertain Supply Chain Management, vol. 10, no. 1, hlm. 217–224, 2022, doi: 10.5267/j.uscm.2021.9.006.

T. A. Malapane dan N. K. Ndlovu, “Assessing the Reliability of Likert Scale Statements in an E-Commerce Quantitative Study: A Cronbach Alpha Analysis Using SPSS Statistics,” dalam 2024 Systems and Information Engineering Design Symposium (SIEDS), Mei 2024, hlm. 90–95. doi: 10.1109/SIEDS61124.2024.10534753.

M. A. Adijaya, I. W. Widiana, I. G. L. A. Parwata, dan I. G. W. S. Antara, “Bloom’s Taxonomy Revision-Oriented Learning Activities to Improve Procedural Capabilities and Learning Outcomes,” INT J EDUC METHODOL, vol. 9, no. 1, hlm. 261–270, Feb 2023, doi: 10.12973/ijem.9.1.261.

D. K. Wardani dan S. Widyawati, “Paired t-test analysis to determine the effect of smart paperboard learning media on student learning outcomes,” Al-Fikru : Jurnal Pendidikan Dan Sains, vol. 5, no. 2, hlm. 281–290, Des 2024, doi: 10.55210/al-fikru.v5i2.1870.

N. M. White, T. Balasubramaniam, R. Nayak, dan A. G. Barnett, “An observational analysis of the trope ‘A p-value of < 0.05 was considered statistically significant’ and other cut-and-paste statistical methods,” PLOS ONE, vol. 17, no. 3, hlm. e0264360, Mar 2022, doi: 10.1371/journal.pone.0264360.

M. D. T. Wahyuni dan I. P. A. Prabawati, “Transparansi dan Ketepatan Sasaran Dalam Penyaluran Program Indonesia Pintar: Studi Kasus Sekolah Dasar di Kecamatan Kuta Utara,” Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, vol. 2, no. 12, Jun 2025, doi: 10.5281/zenodo.15651038.

N. Nadia, F. Kurnianingsih, dan R. Setiawan, “Implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) Tingkat Sekolah Menengah Atas di Kota Tanjungpinang Tahun 2023 : studi di SMAN 4 Tanjungpinang,” Jembatan Hukum : Kajian ilmu Hukum, Sosial dan Administrasi Negara, vol. 1, no. 3, hlm. 181–194, Jul 2024, doi: 10.62383/jembatan.v1i3.521.

N. O. Limbong, “Efektivitas Penggunaan Dana Bantuan Kartu Indonesia Pintar bagi siswa SMA Negeri 1 Sigunung Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatera Utara,” masters, UIN Ar-Raniry, 2023. Diakses: 17 Agustus 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34457/http:/repository.ar-raniry.ac.id

S. Aulia dan R. Fernandes, “Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Penerima Kartu Indonesia Pintar di SMK Negeri 1 Batipuh,” Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, vol. 1, no. 1, hlm. 57–66, Mar 2022, doi: 10.24036/nara.v1i1.7.

M. A. Amroni, M. Y. Alhadihaq, dan N. Sumiati, “Efektivitas Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) Terhadap Motivasi Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Kota Bandung,” Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, vol. 12, no. 2, hlm. 158–163, Sep 2023, doi: 10.35906/equili.v12i2.1521.

F. Sudaisy, “Peran Program Indonesia Pintar (PIP) dan Keberlanjutan Pendidikan Peserta Didik di SMA Darul Hikmah Mataram,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 9, no. 4, hlm. 2325–2330, Nov 2024, doi: 10.29303/jipp.v9i4.2780.

Downloads

Published

2025-10-28

How to Cite

Rizal, S., Hidayat, N., Arif, A., & Setiawan, M. (2025). Efektivitas Program Indonesia Pintar (PIP) pada Penerima KIP di Jurusan TKR SMK Negeri 1 Batipuh. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 3(3), 863–870. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i3.335

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5