Problem-Based Learning dengan Media Trainer: Strategi Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SMK pada Materi Sistem Starter
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i3.332Keywords:
Problem-Based Learning, Media Trainer, Sistem Starter, Prestasi Belajar, Siswa Sekolah Menengah KejuruanAbstract
Pembelajaran teknik otomotif menuntut pendekatan yang aplikatif agar siswa mampu mengintegrasikan teori dan praktik. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas Problem-Based Learning (PBL) berbantuan media trainer dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Padang pada materi sistem starter. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain satu kelompok pre-test–post-test melibatkan 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 57,32 menjadi 82,5, dengan uji-t sampel berpasangan menghasilkan p < 0,05. Analisis effect size memperoleh nilai 3,36 yang termasuk kategori sangat besar. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi model PBL dengan media trainer berkontribusi signifikan terhadap penguatan pemahaman konseptual, keterampilan praktik, dan kesiapan siswa menghadapi tuntutan dunia industri.
Automotive vocational education requires an applied learning approach to integrate theory and practice effectively. This study aimed to evaluate the effectiveness of the Problem-Based Learning (PBL) model supported by trainer media in improving the learning achievement of Grade XI TKR students at SMK Negeri 1 Padang on the starter system topic. A pre-experimental one-group pre-test–post-test design was employed, involving 28 students. The findings revealed a significant improvement in students’ average scores from 57.32 to 82.5, with a paired sample t-test result of p < 0.05. The effect size of 3.36 indicated a very large effect. These results confirm that integrating PBL with trainer media substantially enhances conceptual understanding, practical skills, and students’ readiness to meet industry demands.
References
Eko Eddya Suprianto, lis Hollisin, perkembangan media pembelajaran diperguruan tinggi. 2021.
D. Samuel, S. Santosa, D. Sampaleng, and A. Amtiran, “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran,” vol. 1, no. 1, pp. 11–24, 2020.
S. Zakiya, K. Nisa, and D. Darmawan, “Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ) Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Setingkat Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ),” vol. 04, no. 01, pp. 85–99, 2025.
F. Hardani Putera, H. Maksum, Wakhinuddin, Rifdarmon, and R. Fathani, “Kontribusi Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di SMK Adi Karya Ranah Pesisir,” JTPVI J. Teknol. dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 3, no. 1, pp. 623–630, 2025, doi: 10.24036/jtpvi.v3i1.274.
S. Mahmudah, “Inklusif Pembelajaran Problem Based Learning Kelas,” Pendidik. Inklusif, vol. 8, no. 3, pp. 1–11, 2024.
R. E. Saputri, A. S. Rizkia, Alfiah, and S. N. Sabibah, “Peran Guru Profesional dalam Mengembangkan Pembelajaran Berbasis PjBL Kelas II (Project Based Learning),” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 2, no. 1, p. 12, 2024, doi: 10.47134/pgsd.v2i1.1097.
H. S. Gunawan, E. C. Maylia, A. P. Amelia, and N. D. C. Anasta, “Project-Based Learning (PBL) Model in Improving Critical Thinking of Elementary School Students in Indonesian Language Learning,” J. Rev. Pendidik. Dasar J. Kaji. Pendidik. dan Has. Penelit., vol. 11, no. 1, pp. 86–100, 2025, [Online]. Available: http://journal.unesa.ac.id/index.php/PDhttps://doi.org/10.26740/jrpd.v11n1.p86-100
K. P. dan Kebudayaan, Model Pembelajaran: Problem Based Learning. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.
A. D. Pratiwi, P. Hatta, and A. Efendi, “Studi Kelayakan Trainer Jaringan Komputer Sebagai Media Belajar Pada Praktikum Jaringan Komputer Dasar,” J. Ilm. Pendidik. Tek. Kejuru., vol. 14, no. 1, p. 25, 2021, doi: 10.20961/jiptek.v14i1.17662.
Y. A. Prapaskah, Endi Permata, and M. Fatkhurrokhman, “Trainer Kit Pneumatik sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Mekatronika,” ELINVO (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 149–159, 2020.
T. Tohadi, M. Samani, and I. W. Susila, “Development of the 4E-FTE Engine Simulator Trainer to Improve Learning Outcomes through Problem Based Learning,” Int. J. Educ. Vocat. Stud., vol. 2, no. 8, pp. 702–707, 2020, doi: 10.29103/ijevs.v2i8.2692.
S. A. Habib, S. Mohammad, A. Shaikh, and Y. A. Sanjay, “a Review on Starter Motor in Automoblies,” Int. Res. J. Mod. Eng. Technol. Sci., no. 12, pp. 893–898, 2022, doi: 10.56726/irjmets32245.
MohTalipun, Fuad Abdillah, and B. Ariwibowo, “Implementasi Media Alat Peraga Sistem Starteruntuk Meningkatkan Kompetensi Memahami Prinsip Kerja Sistem Starter Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning,” J. Vocat. Educ. Automot. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 177–186, 2021.
Hana Kamila Putri, Christian Wiradendi Wolor, and Marsofiyati, “Prestasi Belajar Di Era Digital,” J. Bima Pus. Publ. Ilmu Pendidik. Bhs. dan Sastra, vol. 1, no. 4, pp. 220–232, 2023, doi: 10.61132/bima.v1i4.339.
C. R. Prihantoro, “*Vocational high school readiness for applying curriculum outcome based education (OBE) in industrial 4.0 Era,” Int. J. Curric. Instr., vol. 12, no. 1, pp. 251–267, 2020.
U. Negeri, S. Thaha, S. Jambi, and P. Kuantitatif-kualitatif, “Muhajirin,” A Muslim Minor. Turkey, vol. 15, no. 1, pp. 82–92, 2024, doi: 10.5040/9781350985124.ch-001.
J. Cohen, “Cohen A Power Primer.pdf,” 1992.
S. Susanto, W. Wagino, D. Fernandez, H. D. Saputra, and A. Asra, “Meningkatkan Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI TBSM SMKN 3 Solok Selatan,” JTPVI J. Teknol. dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 1, no. 3, pp. 345–352, 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v1i3.85.
R. S. L. - and W. Kurniawan, “Pengaruh Media Pembelajaran Trainer Kelistrikan Body Mobil Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smkn 2 Surabaya,” J. Vocat. Tech. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 93–101, 2023, doi: 10.26740/jvte.v5n2.p93-101.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Naufal Rafif Ariefni, Donny Fernandez, Iffarial Nanda, Muslim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.