Efektivitas Sosialisasi K3 dalam Pelaksanaan Praktek di Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 2 Lahat

Authors

  • Apriansyah (1) SMK PGRI 2 Lahat (2) Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Milana Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Toto Sugiarto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i3.305

Keywords:

Efektivitas Sosialisasi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kedisiplinan, Pretest dan Posttest

Abstract

Penelitian ini menerapkan efektivitas sosialisasi K3 dan Kedisiplinan dalam praktek di SMK PGRI 2 Lahat. dalam tiga tahap yaitu pretest–sosialisai–posttest.penelitian ini, (1) mendeskripsikan K3 dalam pelaksaan praktek di  program keahlian teknik kendaraan ringan siswa kelas X SMK PGRI 2 Lahat sebelum menerapkan efektivitas  Sosialisasi K3, (2) mendeskripsikan K3 dalam pelaksaan praktek di  program keahlian teknik kendaraan ringan siswa kelas X SMK PGRI 2  Lahat setelah menerapkan efektivitas  Sosialisasi K3, (3) menjelaskan pengaruh efektivitas  Sosialisasi K3 siswa kelas X SMK PGRI 2 Lahat Pretest dan posttest. Metode penelitian deskriptif analisis. Hasil sosialisasi penelitian ini, Pertama sebelum/pretest, sosialisasi K3 berada pada kualifikasi Hampir cukup dengan rata-rata nilai 45,6172. Kedua, setelah/posttest berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) rata-rata 90,4891. Ketiga, uji-t hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan t-hitung(1,624 > 0,147).  

This study applies the effectiveness of K3 socialization and Discipline in practice at SMK PGRI 2 Lahat. three stages pretest–socialization–posttest.  this study are, (1) to describe K3 in the implementation of practice in the light vehicle engineering expertise program of class X students of SMK PGRI 2 Lahat before implementing the effectiveness of K3 Socialization,(2) to describe K3 in the implementation practice in the vehicle engineering expertise program for students class X SMK PGRI 2 Lahat after implementing the effectiveness of K3 Socialization, (3) the effect of the effectiveness of K3 Socialization for students class X of SMK PGRI 2 Lahat Pretest and posttest. method descriptive analysis. Resultst this research socialization, First, before/pretest conducting K3 socialization are at the qualification Almost enough with an average score of 45.6172. Second, after/posttest is at an average 90.4891 Good (BS) qualifications. Third, the alternative hypothesis (H1) t-test is accepted at a significant level 95% and t-count (1.624 > 0.147).

References

R. A. Pratama dan N. Rohman, “ANALISIS PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI BENGKEL KONSENTRASI KEAHLIAN TEKNIK MEKANIK INDUSTRI (TMI) SMK NEGERI 2 SUKOHARJO,” NOZEL, vol. 7, no. 1, hlm. 1, Jan 2025.

Indra Tri Juniarto, “IMPLEMENTASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI SMK PIRI SLEMAN,” Skripsi Universitas Yogyakarta, 2018 2018.

I. S. Muthalib, “Sosialisasi Budaya K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja) untuk Usia Dini di Tingkat Sekolah Dasar IKIP 2 Kota Makassar,” JT, vol. 1, no. 1, hlm. 17–22, Jun 2018.

A. Yani, “Efektivitas Pelatihan Keselamatan Kerja di Konstruksi Dan Peran Manajemen dalam Meningkatkan Kepatuhan K3; Literatur Review,” ekmabis, vol. 3, no. 1, hlm. 08–17, Apr 2025.

A. Resiva, R. Chandra, E. Alwi, dan H. Dani Saputra, “Hubungan Kesadaran Siswa Dalam Mematuhi Aturan Dan Perilaku Menjaga Alat Pratikum Terhadap Pemahaman Kesehatan Keselamatan Kerja/K3 di SMK N 2 Painan,” jtpvi, vol. 1, no. 2, hlm. 171–180, Mei 2023.

M. A. Rifa’i, F. A. Budiman, W. Sumbodo, dan R. Setiadi, “PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN) TERHADAP SISWA SMK GONDANG WONOPRINGGO,” JPVO, vol. 7, no. 1, hlm. 110–123, Des 2024.

N. P. Putra, J. Jasman, R. Rifelino, dan Z. Abadi, “HUBUNGAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI TERHADAP PENEGETAHUAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA SISWA JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT,” Vokasi Mekanika, vol. 3, no. 3, hlm. 75–80, Agu 2021.

D. Seprinaldi, “Analisis Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Sikap Siswa Pada Praktek Kerja Pengelasan di SMK N 4 Takengon,” JoME, vol. 1, no. 02, hlm. 43–50, Des 2023.

R. A. Saraswati, A. Junaid, M. R. Kasim, A. B. Gunawan, dan M. S. B. P, “Pemberian Pemahaman Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Bidang Konstruksi Di SMK Negeri 1 Takalar,” IPM, vol. 4, no. 02, hlm. 86–90, Feb 2024.

R. Hakim dan K. Haryana, “PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PRAKTIK KERJA LAS SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA,” JPVO, vol. 3, no. 2, hlm. 9–18, Sep 2021.

M. Irfan Syahroni, “PROSEDUR PENELITIAN KUANTITATIF,” Jurnal Al Musthafa, vol. 2, no. 3, hlm. 43–56, Sep 2022.

S. Siyoto dan M. A. Sodik, “DASAR METODOLOGI PENELITIAN,” Literasi Media Publising, Jan 2015.

K. Kisno, V. M. M. Siregar, H. Sugara, A. T. Purba, dan S. Purba, “EDUKASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI TANJUNG MORAWA,” JAI, vol. 9, no. 2, hlm. 570–579, Jun 2022.

E. R. Abdurrahman, “Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia,” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNP, 2003.

M. Pasaribu, A. Aziz, E. Indrawan, dan B. Rahim, “HUBUNGAN MOTlVASl BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEDIA PENDIDIKAN PROGRAM STUDl PENDlDlKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG,” Vokasi Mekanika, vol. 4, no. 2, hlm. 50–54, Mei 2022.

N Sudjana, “Sudjana -Apih Penilaian hasil proses belajar mengajar,” Remaja rosdakarya, 2010.

Downloads

Published

2025-08-04

How to Cite

Apriansyah, Milana, Sugiarto, T., & Saputra, H. D. (2025). Efektivitas Sosialisasi K3 dalam Pelaksanaan Praktek di Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 2 Lahat. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 3(3), 767–776. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i3.305

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>