Analisis Variasi Roller Dan Spring CVT Terhadap Torsi, Daya, Akselarasi Dan Top Speed Sepeda Motor Matic

Authors

  • Alfim Ulzan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Arif Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Toto Sugiarto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Agus Baharudin Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Fauzan Zaharbaini SMKN 1 Kepahiang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i1.275

Keywords:

CVT, Roller Dan Spring, Torsi, Daya, Akselarasi Dan Top Speed

Abstract

Transmisi jenis CVT pada sepeda motor matic mengandalkan roller dan spring untuk kinerja optimal. Beberapa variasi yang dilakukan akan memengaruhi torsi, daya, akselerasi, dan top speed. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh variasi roller dan spring pada sistem CVT sepeda motor matic, terhadap torsi, daya, akselerasi, dan top speed pada putaran mesin 5000 rpm hingga 9000 rpm. Metode eksperimen dengan menguji roller 15 gram, 8 gram, 9 gram, dan 10 gram dan spring menggunakan karakteristik variasi 1, 2, dan 3. Hasilnya menunjukkan bahwa roller 9 gram dan 10 gram mampu meningkatkan torsi dan daya pada 5000 rpm, namun mengurangi akselerasi pada putaran 5000 rpm. Roller 8 gram memberikan akselerasi lebih baik pada putaran 5000 rpm, meskipun daya pada 9000 rpm lebih rendah. Pegas variasi 3 unggul pada akselerasi dan top speed di 9000 rpm, sementara pegas variasi 1 dan 2 lebih baik pada akselerasi 5000 rpm. Pemilihan kombinasi roller dan spring yang tepat dapat mengoptimalkan performa CVT.

CVT type transmission on automatic motorcycles relies on rollers and springs for optimal performance. Several variations that are carried out will affect torque, power, acceleration, and top speed. The study aims to analyze the effect of roller and spring variations on the CVT system of automatic motorcycles, on torque, power, acceleration, and top speed at engine speeds of 5000 rpm to 9000 rpm. The experimental method by testing 15 gram, 8 gram, 9 gram, and 10 gram rollers and springs using variation characteristics 1, 2, and 3. The results show that 9 gram and 10 gram rollers are able to increase torque and power at 5000 rpm, but reduce acceleration at 5000 rpm. The 8 gram roller provides better acceleration at 5000 rpm, although the power at 9000 rpm is lower. Spring variation 3 is superior in acceleration and top speed at 9000 rpm, while spring variations 1 and 2 are better at acceleration of 5000 rpm. Choosing the right combination of rollers and springs can optimize CVT performance.

References

A. Arif et al., “Analysis of Gasoline Engine Exhaust Emissions Using a Hydrocarbon Crack System,” E3S Web Conf., vol. 500, p. 03029, 2024, doi: 10.1051/e3sconf/202450003029.

A. Sulaiman, Milana, T. Sugiarto, and N. Hidayat, “Perbandingan Penambahan Zat Aditif Minyak Serai Wangi dan Minyak Cengkeh Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor,” 1, vol. 4, no. 4, Art. no. 4, Nov. 2023, doi: 10.46574/mted.v4i4.130.

W. Wagino et al., “Eco-Friendly Motorcycle Technology: Examining the Impact of Banana Peel-Based Catalytic Converters on CO Emissions with Biogasoline Fuel,” E3S Web Conf., vol. 500, p. 03030, 2024, doi: 10.1051/e3sconf/202450003030.

P. Yanto, J. Suwignyo, and F. Fatra, “Uji Performa dan Emisi Gas Buang Motor Injeksi 4 Tak Menggunakan Variasi Roller dan Busi,” Journal of Vocational Education and Automotive Technology, vol. 4, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2022, doi: 10.31331/joveat.v4i2.2402.

R. Afriliardi, M. Y. Setiawan, Andrizal, and Rifdarmon, “Peningkatan Performa Sepeda Motor Matic Injeksi: Eksperimen Modifikasi Drive pulley dan Roller Tipe Sliding,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 2, no. 4, Art. no. 4, Sep. 2024, doi: 10.24036/jtpvi.v2i4.229.

T. Sugiarto, D. S. Putra, and W. Purwanto, “Effect of Engine Temperature Changes on Injection Time of Fuel and Gas Emission of Gasoline Engine,” Padang, 2017, pp. 553–557. Accessed: Jul. 04, 2024. [Online]. Available: http://repository.unp.ac.id/18049/

W. Purwanto, F. Afif, R. Lapisa, D. Yuvenda, M. Y. Setiawan, and H. D. Saputra, “Optimazation Of Use Types Of Plug, Oil, And Ethanol Fuel Mixture Of Gasoline To Increase Temperature And Mileage Of 4 Stroke Motorcycle With Taguchi Method,” vol. 3, no. 2, 2022.

A. Nugroho, “Analisis Pengaruh Modifikasi Berat Roller Terhadap Performa Pada Motor Matic 110 cc dengan Metode Pengujian Dynotest,” Machine : Jurnal Teknik Mesin, vol. 8, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2022, doi: 10.33019/jm.v8i2.2926.

A. R. A. Udin and F. Prawita, “Pengaruh Variasi Berat Roller Terhadap Unjuk Kerja Motor Injeksi Berbahan Bakar Campuran Minyak Terpentin Getah Pinus dan Pertalite,” Jurnal Teknik Terapan, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2022, doi: 10.25047/jteta.v1i2.11.

Y. D. Prasetyo and S. Suwahyo, “Pengaruh Variasi Spring dan Massa Roller Continuously Variable Transmission (CVT) Terhadap Performa Honda Vario 125cc PGM FI,” Jurnal Kompetensi Teknik, vol. 12, no. 2, Art. no. 2, Nov. 2020, doi: 10.15294/jkomtek.v12i2.23511.

H. D. Saputra, M. Y. Setiawan, D. S. Putra, W. Purwanto, W. Afrizal, and R. Wahyudi, “Analysis of the use of needle thrust bearings in CVT springs on torque and power on motorcycles,” 2023.

K. A. I. Saputra, K. R. Dantes, and I. G. Wiratmaja, “Analisis Pengaruh Variasi Sudut Derajat Primary Pulley Terhadap Peningkatan Torsi Dan Daya Pada Kendaraan Dengan Sistem Continuous Variable Transmission,” Majamecha, vol. 3, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2021, doi: 10.36815/majamecha.v3i2.1544.

A. P. Prasetio, Sumiati, I. N. Gusniar, and I. Dirja, “The Effect of Continuous Variable Transmission Spring Variation on 110 CC 4 Stroke Fuel Motor,” Jurnal Mesin Nusantara, vol. 6, no. 1, Art. no. 1, Aug. 2023, doi: 10.29407/jmn.v6i1.19219.

G. Lesmana, T. Sugiarto, W. Wagino, A. Arif, and L. Syaifullah, “Analisis Penambahan Shim Pegas Kopling terhadap Akselerasi dan Top speed pada Sepeda Motor Yamaha V-Ixion,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, no. 3, Art. no. 3, Aug. 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v1i3.61.

W. R. Cahyadi, S. R. Ariyanto, A. S. Ardiyanta, S. Soeryanto, A. S. Nugraha, and M. Y. Pratama, “Efektivitas Penggunaan Jet Ranger Pada Intake Manifold Terhadap Performa Honda Vario 150 cc,” Jurnal Mettek: Jurnal Ilmiah Nasional dalam Bidang Ilmu Teknik Mesin, vol. 8, no. 2, pp. 138–145, Nov. 2022, doi: 10.24843/METTEK.2022.v08.i02.p08.

A. Arif, Rifdarmon, Milana, Martias, and N. Hidayat, “Effects of Fuel Type on Performance in Gasoline Engine with Electronic Fuel Injection System,” J. Phys.: Conf. Ser., vol. 1594, no. 1, p. 012036, Jul. 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1594/1/012036.

B. U. Wisesa, M. Y. Setiawan, A. Arif, I. Nasution, and A. Aryadi, “The Effect Of Citronella Bio-Additive Mixture On Ron 90 Gasoline On Engine Performance and Motorcycle Fuel Economy”.

N. Nasroni, S. Sudarno, and M. Munaji, “Pengaruh Kenaikan Temperatur Terhadap Angka Viskositas Oli Sepeda Motor Matic,” KOMPUTEK, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Oct. 2017, doi: 10.24269/jkt.v1i1.110.

K. Ardiansah and S. Suwahyo, “Pengaruh Lebar V-Belt Pada Sistem CVT Terhadap Performa Mesin,” Automotive Science and Education Journal, vol. 9, no. 1, Art. no. 1, Dec. 2020.

R. D. P. S. Susilo, M. Fitri, Kurniawan, S. F. Susilo, and H. Pranoto, “Ulasan: Proses Manufaktur dan Pengaruh Weight Roller CVT Pada Sepeda Motor Matic,” TESME, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Nov. 2024.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

A. Tanzeh and S. Arikunto, “Metode Penelitian Metode Penelitian,” Metode Penelitian, vol. 43, pp. 22–34, 2020.

M. Ramdhan, Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara, 2021.

R. D. T. Prakoso, “Pengaruh penggantian varian gaya tekan pegas kopling terhadap daya dan torsi pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z,” diploma, Universitas Negeri Malang, 2017. Accessed: Sep. 26, 2023. [Online]. Available: http://repository.um.ac.id/43454/

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

Ulzan, A., Arif, A., Sugiarto, T., Dani Saputra, H., Baharudin, A., & Zaharbaini, F. (2025). Analisis Variasi Roller Dan Spring CVT Terhadap Torsi, Daya, Akselarasi Dan Top Speed Sepeda Motor Matic. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 3(1), 631–646. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i1.275

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5