Hubungan Motivasi Belajar Siswa XI TKRO Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKKR DI SMKN 1 Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.57Keywords:
Motivasi belajar, Hasil belajar, MinatAbstract
Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa TKKR pada mata pelajaran PKKR di SMKN 1 Bukittinggi. Penelitian deskriptif kuantitatif merupakan jenis penelitian yang dimaksud. Uji coba instrumen tersebut diikuti oleh 31 siswa TKRO kelas XI, validitas ditemukan peryataan tidak valid sebanyak 5 item nomor 3, 6, 25, 48, dan 54. Dan reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach dan klasifikasi sangat tinggi dengan indeks reliabilitas 0,964. Hasilnya, dilakukan uji instrumen penelitian menggunakan data yang valid sebanyak 70 item pernyataan. Pengujian hipotesis korelasi menghasilkan r hitung 0,585 > r tabel 0,355, dan uji-t menghasilkan thitung 7,105 > ttabel 1,696, yang menunjukkan korelasi positif antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa.
The purpose of this study is to ascertain how XI TKRO students' learning motivation and learning outcomes in PKKR subjects at SMKN 1 Bukittinggi are related..This type of research is quantitative descriptive research. Instrument testing was carried out on 31 students of class XI TKRO. The validity of the invalid statement was found by 5 items number 3, 6, 25, 48, and 54. And the reliability used Cronbbach's alpha formula with a reliability index of 0.964 in a very high classification. Then test the research instrument using valid data as many as 70 statement items. Based on testing the correlation hypothesis obtained r count 0.585 > r table 0.355 while the t-test results t count 7.105 > t table 1.696 this shows that there is a positive connection between learning inspiration and understudy learning results.
References
Rumbewas, S. S., Laka, B. M and Meokbun, N.2018 Tugas wali murid dalam memperluas inspirasi belajar siswa pada Buku Harian EduMatSains Sekolah Dasar Negeri Saribi, 2(2), 205
Hendra Dani Saputra Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi Vol.18 No 1. 2018
TIM MKDK. (2005). Materi untuk Belajar dan Mengajar. Padang :FIB UNP
Martha Eka Putra, Jurnal Automotive Engineering Education Journals Vol 1 ,No 1 2012
Andryvo Jurnal Automotive Engineering Education Journals Vol. 2 No 1 2013
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Beajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016, h. 61
Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016), h. 233
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2015), h.81-82.
Priyatno duwi 2010.teknik mudah dan cepat melakukan analisisi data penelitian spss Yogyakarta gava media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alijaberalsabah, Erzeddin Alwi, Wakhinuddin S, Hendra Dani Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.