Hubungan Motivasi Belajar Siswa XI TKRO Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKKR DI SMKN 1 Bukittinggi

Authors

  • Ali Jaber Al Sabah Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Erzeddin Alwi Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wakhinuddin S Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.57

Keywords:

Motivasi belajar, Hasil belajar, Minat

Abstract

Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa TKKR pada mata pelajaran PKKR di SMKN 1 Bukittinggi. Penelitian deskriptif kuantitatif merupakan jenis penelitian yang dimaksud. Uji coba instrumen tersebut diikuti oleh 31 siswa TKRO kelas XI, validitas ditemukan peryataan tidak valid sebanyak 5 item nomor 3, 6, 25, 48, dan 54. Dan reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach dan klasifikasi sangat tinggi dengan indeks reliabilitas 0,964. Hasilnya, dilakukan uji instrumen penelitian menggunakan data yang valid sebanyak 70 item pernyataan. Pengujian hipotesis korelasi menghasilkan r hitung 0,585 > r tabel 0,355, dan uji-t menghasilkan thitung 7,105 > ttabel 1,696, yang menunjukkan korelasi positif antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

The purpose of this study is to ascertain how XI TKRO students' learning motivation and learning outcomes in PKKR subjects at SMKN 1 Bukittinggi are related..This type of research is quantitative descriptive research. Instrument testing was carried out on 31 students of class XI TKRO. The validity of the invalid statement was found by 5 items number 3, 6, 25, 48, and 54. And the reliability used Cronbbach's alpha formula with a reliability index of 0.964 in a very high classification. Then test the research instrument using valid data as many as 70 statement items. Based on testing the correlation hypothesis obtained r count 0.585 > r table 0.355 while the t-test results t count 7.105 > t table 1.696 this shows that there is a positive connection between learning inspiration and understudy learning results.

Author Biographies

Ali Jaber Al Sabah, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

 

Erzeddin Alwi, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Wakhinuddin S, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Hendra Dani Saputra, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

References

Rumbewas, S. S., Laka, B. M and Meokbun, N.2018 Tugas wali murid dalam memperluas inspirasi belajar siswa pada Buku Harian EduMatSains Sekolah Dasar Negeri Saribi, 2(2), 205

Hendra Dani Saputra Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi Vol.18 No 1. 2018

TIM MKDK. (2005). Materi untuk Belajar dan Mengajar. Padang :FIB UNP

Martha Eka Putra, Jurnal Automotive Engineering Education Journals Vol 1 ,No 1 2012

Andryvo Jurnal Automotive Engineering Education Journals Vol. 2 No 1 2013

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Beajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016, h. 61

Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016), h. 233

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2015), h.81-82.

Priyatno duwi 2010.teknik mudah dan cepat melakukan analisisi data penelitian spss Yogyakarta gava media.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Sabah, A. J. A., Alwi, E., S, W., & Dani Saputra, H. (2023). Hubungan Motivasi Belajar Siswa XI TKRO Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKKR DI SMKN 1 Bukittinggi. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(2), 201–208. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.57

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>