Pengembangan Media Video Pembelajaran Tentang Cara Kerja AC Mobil Pada Mata Kuliah Teknik Pengkondisian Udara

Authors

  • Daswenda Indra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Andrizal Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Nuzul Hidayat Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wakhinuddin Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i1.260

Keywords:

Pengembangan, Media Video Pembelajaran, Valid dan Praktis

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan media video pembelajaran yang memenuhi kriteria validitas dan kepraktisan guna mendukung proses pembelajaran pada mata kuliah Teknik Pengkondisian Udara. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model penelitian 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Hasil dari penelitian ini berupa media video pembelajaran yang telah di validasi oleh validator materi dan validator media serta praktikalitas media diuji melalui penerapan pada mahasiswa. Penilaian dari validator materi mendapatkan nilai 96% pada klasifikasi sangat valid dan hasil penilaian dari validator media mendapatkan nilai 94,4% pada klasifikasi sangat valid juga. Selain itu, uji praktikalitas mahasiswa yang dilakukan kepada 30 orang responden mendapatkan nilai 87% pada klasifikasi praktis. Jadi, dapat di ambil kesimpulan video pembelajaran yang peneliti kembangkan sangat valid dan praktis digunakan untuk meningkatkan pemahaman tentang cara kerja AC mobil.

This research focuses on developing learning video media that meets the criteria of validity and practicality to support the learning process in Air Conditioning Engineering course. The research method used is R&D (Research and Development) with a 4D research model (Define, Design, Development, Disseminate). The results of this study are the form of learning video media that have been validated by the material validator and media validator and the practicality of the media is tested through application to students. The assessment from the material validator got a score 96% in the very valid classification and the results of the assessment from the media validator got a score of 94.4% in the very valid classification as well. In addition, the student practicality test conducted on 30 respondents got a score of 87% in the practical classification. So, it can be concluded that the learning video that the researcher developed is very valid and practical to use to improve understanding of how car AC works.

 

References

H. D. Saputra, D. Setiawan, M. Muslim, B. Amin, and R. Putra, “The effect of e-learning media on the improvement of learning outcomes in the Vehicle Body Construction course for students of the Department Automotive Faculty of Engineering UNP,” INVOTEK, vol. 21, no. 1, pp. 69–76, Feb. 2021, doi: 10.24036/invotek.v21i1.893.

V. Muthoharoh and N. C. Sakti, “Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas,” ED, vol. 3, no. 2, pp. 364–375, Mar. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i2.315.

H. D. Saputra, N. Nasrun, and W. Wakhinuddin, “DEVELOPMENT OF WEB-BASED LEARNING MEDIA IN VOCATIONAL SECONDARY SCHOOL,” p. 5, 2018.

D. R. Hades and I. Y. Basri, “Perancangan Video Pembelajaran Mata Kuliah Teknologi Pengkondisian Udara,” 2024.

“75-Article Text-255-1-10-20171109.pdf.”

M. Luthfi, M. Nasir, and N. Hidayat, “Pengembangan Video Pembelajaran Sistem Pendingin Pada Mata Pelajaran Perawatan Mesin Sepeda Motor Kelas XI TSM di SMKN 1 Bukittinggi,” 2024.

R. Vernando, I. Y. Basri, and N. Hidayat, “Pengembangan Video Pembelajaran Mata Kuliah Teknologi Pengkondisian Udara di Laboratorium Departemen Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang,” 2024.

V. L. P. Sutrisno and B. T. Siswanto, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK KELISTRIKAN OTOMOTIF SMK DI KOTA YOGYAKARTA,” jpv, vol. 6, no. 1, p. 111, Mar. 2016, doi: 10.21831/jpv.v6i1.8118.

M. Yazdi, “E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI,” vol. 2, no. 1, 2012.

A. Ardiansyah and H. D. Saputra, “Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI TKRO SMKN 5 Padang,” 2024.

I. Mutia, “KAJIAN PENERAPAN E-LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI,” 2013.

N. A. Damayanti and R. M. Dewi, “Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa,” vol. 3, no. 4, 2021.

N. Amal, J. Harefa, and E. Hayati, Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan Teknologi Informasi. Banten: Unpam Press, 2021.

R. Lapisa, I. Y. Basri, A. Arif, and H. D. Saputra, “PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA MELALUI PELATIHAN AUTO CAD,” vol. 17, no. 2.

G. Solka, N. Hidayat, and R. Lapisa, “Analisis Coeffisient of Performance (COP) Trainer Sistem Pengkondisian Udara pada Putaran 2970 rpm,” vol. 1, 2023.

H. D. Saputra, D. Setiawan, and M. Y. Setiawan, “Design and Manufacture of Orifice Tube Car Air Conditioning System Simulator with R134a Cooling Fluid”.

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan. Aflabeta, 2014.

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Indra, D., Andrizal, Hidayat, N., & Wakhinuddin. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tentang Cara Kerja AC Mobil Pada Mata Kuliah Teknik Pengkondisian Udara. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 3(1), 547–556. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i1.260

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3