Pengembangan Modul Dengan Model Discovery Learning Untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Batipuh

Authors

  • Diki Mulyanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Martias Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i3.181

Keywords:

Modul, Model Discovery Learning, Pengembangan, Valid dan Praktis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Modul dengan Model Discovery Learning yang valid dan praktis pada mata pelajaran Dasar Dasar Otomotif (DDO). Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Batipuh tahun ajaran 2021/2022 dengan 4 tahap pengembangan yaitu define, design, develop dan sesseminate. Desain dari penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development). Populasi penelitian adalah Siswa SMKN 1 Batipuh Kelas X TKR sebanyak 33 orang siswa. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X  TKR., Objek penelitian ini adalah Modul mata pelajaran Dasar Dasar Otomotif (DDO) dengan Model Discovery Learning. Hasil penelitian pada tahap validasi memenuhi kriteria Valid dengan presentase penilaian sebesar 86,26% dan sangat praktis dengan presentase penilaian sebesar 90,88%. Modul Dasar Dasar Otomotif (DDO) dengan Model Discovery Learning memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar pembelajaran di SMK.

The purpose of this study was to produce valid and practical Modules with Discovery Learning Models in Basic Automotive subject. This study was conducted at SMKN 1 Batipuh in the 2021/2022 school year with 4 stages of development, namely define, design, develop and sesseminate. The design of this study is Research and Development. The population of this study were 1080 students of SMK N 1 Batipuh. The sample of this study were class X students as many as 33 students, where the object of this research was the Module of Basic Automotive Subject with the Discovery Learning Model. The results of the study at the validation stage met the criteria Valid with a percentage assessment of 86.26% and very practical with a percentage assessment of 90.88%. The Automotive Basics (DDO) Module with the Discovery Learning Model meets the valid and practical criteria for use as one of the teaching materials for vocational school learning.

References

“Eggen and Kauchak - 2012 - Strategies and models for teachers teaching conte.pdf.”

M. Afandi et al., “MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DI SEKOLAH”.

S. Erita, “Beberapa Model, Pendekatan, Strategi, dan Metode Dalam Pembelajaran Matematika,” vol. 1, no. 2, p. 13, Nov. 2016.

A. Jufrizan and D. Fernandez, “Analisis Korelasi Antara Kondisi Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 1 Ranah Ampek Hulu Tapan,” vol. 5, no. 1.

S. Khasinah, “DISCOVERY LEARNING: DEFINISI, SINTAKSIS, KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN,” vol. 11, no. 3, 2021.

S. Agustin*, A. Asrizal, and F. Festiyed, “Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar IPA Bermuatan Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP/MTs,” JIPI, vol. 5, no. 2, pp. 125–137, May 2021, doi: 10.24815/jipi.v5i2.19606.

H. D. Saputra, D. Setiawan, M. Muslim, B. Amin, and R. Putra, “The effect of e-learning media on the improvement of learning outcomes in the Vehicle Body Construction course for students of the Department Automotive Faculty of Engineering UNP,” INVOTEK, vol. 21, no. 1, pp. 69–76, Feb. 2021, doi: 10.24036/invotek.v21i1.893.

S. Susanto, D. Fernandez, H. D. Saputra, and A. Asra, “Meningkatkan Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI TBSM SMKN 3 Solok Selatan,” 2023.

H. D. Saputra, W. Purwanto, T. Sugiarto, F. Zaharbaini, A. Arif, and F. Hidayat, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan,” J Educ, vol. 20, no. 2, pp. 273–286, Dec. 2022, doi: 10.31571/edukasi.v20i2.4470.

H. Maksum and R. Lapisa, “Developing Energy Conversion Teaching Material Based on Discovery Learning Model Through Scientific Approach”.

“Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 1(1): 83-92 (2017),” 2017.

A. Arif, N. Hidayat, N. Jalinus, R. Abdullah, M. Yasep, and W. Purwanto, “Comparison of Students Learning Outcomes for SNMPTN and SBMPTN Selection Pathways of the Automotive Engineering Education Study Program”.

H. D. Saputra, F. Ismet, and A. Andrizal, “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK,” INVOTEK, vol. 18, no. 1, pp. 25–30, Apr. 2018, doi: 10.24036/invotek.v18i1.168.

D. Setiawan, H. D. Saputra, and M. Nasir, “Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Lingkungan Kampus Terhadap IPK Mahasiswa,” vol. 19, no. 1, p. 8.

E. Sawitri and M. S. Astiti, “HAMBATAN DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI,” 2019.

R. Putra, W. Purwanto, H. Maksum, D. Irfan, M. Muslim, and H. D. Saputra, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL BERBASIS PROJECK BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI ALAT BERAT,” RTJ, vol. 5, no. 1, pp. 164–173, Jan. 2022, doi: 10.31869/rtj.v5i1.3068.

H. D. Saputra, W. Purwanto, D. Setiawan, D. Fernandez, and R. Putra, “HASIL BELAJAR MAHASISWA: ANALISIS BUTIR SOAL TES,” vol. 20, p. 14, 2022.

H. Maksum, W. Purwanto, and S. B. Ahmad, “Project-based training for teachers at vocational schools to prepare online modules in West Sumatra”.

A. D. Prasetyo and M. Abduh, “Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar,” vol. 5, no. 4, 2021.

A. Kadir, “Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar,” vol. 8, no. 2, p. 12, 2015.

D. Brigenta, J. Handhika, and M. Sasono, “Pengembangan modul berbasis discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep”.

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan. Aflabeta, 2014.

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

Mulyanto, D., Martias, Maksum, H., & Dani Saputra, H. (2024). Pengembangan Modul Dengan Model Discovery Learning Untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Batipuh. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(3), 319–326. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i3.181

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>