Pengembangan Video Pembelajaran Mata Kuliah Teknologi Pengkondisian Udara di Laboratorium Departemen Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i3.183Keywords:
Media Video, Penelitian dan Pengembangan, Video PembelajaranAbstract
Ketiadaan media pembelajaran dalam pelaksanaan pendidikan menghambat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bermaksud untuk membuat sebuah media video yang dapat membantu para pendidik dalam meningkatkan efisiensi proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan, dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, and Disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa film instruksional merupakan pilihan yang optimal untuk diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran. Hal ini didukung oleh, uji praktikalitas kepada peserta didik mendapatkan persentase 85% dengan kategori “Praktis”. Dengan jumlah populasi sebanyak 87 orang dan sampel keseluruhan dari jumlah populasi yaitu 87 orang. Dapat disimpulkan video pembelajaran yang dikembangkan dapat dikategorikan valid dan praktis. Sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran, dan diharapkan dapat membantu pendidik dan peserta didik agar dapat secara mandiri menguasai materi pembelajaran.
The implementation of learning that still uses the lecture method and the lack of use of learning media causes students to have difficulty in understanding the material taught, this study aims to develop a video media that can help educators improve the effectiveness of the learning process. This research uses the Research and Development (R&D) method by applying the 4D model (Define, Design, Develop, and Disseminate). The results showed that learning videos are the right choice to use in the learning process. This is supported by the practicality test on students getting a percentage of 85% in the "Practical" category. With a population of 87 people and a total sample of the population of 87 people. It can be concluded that the learning videos developed can be categorized as valid and practical. So that they can be used in learning, and it is hoped that they can help educators and students to independently master the learning material.
References
S. Suadi, “Pengujian Pengaruh Variasi Putaran Mesin terhadap Performansi Sistem Pengkondisian Udara pada Kendaraan Penumpang 1.500 Cc,” Jurnal Teknik Mesin Mercu Buana, vol. 5, no. 3, pp. 114–118.
N. Hidayat, A. Ambiyar, W. S, M. Muslim, and W. Purwanto, “Design of air conditioner (AC) system simulator on cars to improve student competence,” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol. 10, no. 1, pp. 33–42, Mar. 2023, doi: 10.21831/jitp.v10i1.55758.
T. W. Setiati, S. E. Febrina, and F. S. Islami, “Investigasi Kualitas Udara Ruang Kelas dengan Perubahan Ventilasi Aktif Menjadi Alami Pasca Pandemi di Daerah Tropis Lembab,” Arsir, vol. 6, no. 2, pp. 126–135, 2023.
N. Hidayat, M. Giatman, M. Muskhir, H. Effendi, and A. Arif, “Car Air Conditioner System Simulator Design for Student Practicum,” MOTIVECTION : Journal of Mechanical, Electrical and Industrial Engineering, vol. 5, no. 1, pp. 151–160, Jan. 2023, doi: 10.46574/motivection.v5i1.198.
S. M. Muhamad, “Analisa Performa Sistem Air Conditioner (AC) Mobil Kijang dengan Penggerak Motor Listrik.” Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap, 2022.
H. Sumarsono, T. Sukmadi, and S. Handoko, “Analisis Perhitungan Jarak antar Kawat dan Clearance Saluran Transmisi Udara.” Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik, 2011.
J. Juhji, M. S. Rachman, and N. Nurjaya, “Media daring dan kuantitas pemberian tugas terhadap kepuasan belajar mahasiswa,” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 5, no. 2, 2020.
A. Busyaeri, T. Udin, and A. Zaenudin, “Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon,” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, vol. 3, no. 1, 2016.
Y. Munadi, “Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbantuan Media Video Kelas VII di SMPN 87 Jakarta.” 2017.
A. S. Sadiman and R. Rahardjo, “Contribution of SMP Terbuka toward Lifelong Learning in Indonesia.,” 1997.
A. Muhson, “Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi,” Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, vol. 8, no. 2, 2010.
Y. Munadi, “Peran Sekolah dalam Mengembangkan Kesadaran Beragama Siswa di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan.” Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Q. Mehmood, I. Ullah, M. M. Hasan, S. K. Kazmi, A. Ahmadi, and D. E. Lucero-Prisno III, “COVID-19 vaccine hesitancy: Pakistan struggles to vaccinate its way out of the pandemic,” Ther Adv Vaccines Immunother, vol. 10, p. 25151355221077656, 2022.
Y. Febrita and M. Ulfah, “Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa,” Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 1, 2019.
R. Rohani, “Media pembelajaran,” 2020.
M. Luthfi, M. Nasir, and N. Hidayat, “Pengembangan Video Pembelajaran Sistem Pendingin Pada Mata Pelajaran Perawatan Mesin Sepeda Motor Kelas XI TSM di SMKN 1 Bukittinggi Development of Learning Video for Cooling System in the Subject of Motorcycle Engine Maintenance for Grade XI TSM at SMKN 1 Bukittinggi”, doi: 10.24036/jtpvi.v2i1.093.
I. Y. Basri, A. Arsyfadhillah, D. Irfan, and T. Thamrin, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Mini Trainer IC 555,” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 18, no. 2, pp. 65–76, Sep. 2018, doi: 10.24036/invotek.v18i2.332.
Saputra, H., Setiawan, D., Muslim, M., Amin, B., & Putra, R. (2021). The effect of e-learning media on the improvement of learning outcomes in the Vehicle Body Construction course for students of the Department Automotive Faculty of Engineering UNP. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(1), 69-76. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v21i1.893
R. Trijono, “Alternatif model analisis peraturan perundang-undangan,” Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, vol. 1, no. 3, pp. 361–374, 2012.
M. V. Aguayo Torrez, “ANALISIS RAGAM BAHASA ISTILAH DALAM IKLAN PARIWISATA DI MEDIA DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19,” JOURNEY, vol. 4, no. 1, pp. 19–42, 2021.
K. Amali, Y. Kurniawati, and Z. Zulhiddah, “Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis sains teknologi masyarakat pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar,” Journal of Natural Science and Integration, vol. 2, no. 2, pp. 191–202, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rio Vernando, Andrizal, Irma Yulia Basri, Nuzul Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.