Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMK N 1 Bonjol pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Otomotif melalui Model Pembelajaran Small Group Discussion

Authors

  • Masrial Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wakhinuddin S Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wagino Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Nuzul Hidayat Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i1.139

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Small Group Discussion, dasar - dasar pendidikan otomotif

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ditemui di lapangan bahwa diperoleh dari guru kelas bahwa adanya siswa yang mendapatkan nilai tidak tuntas dikarenakan sulit memahami materi yang dijelaskan guru, tidak banyak bertanya, dan pasif pada diskusi kelas Jenis penelitian ini adalah penelitain tindakan kelas (PTK). Sampel sebanyak 33 orang yaitu siswa kelas X Otomotif 1 SMK N 1 Bonjol. Peneliti sebagai observer, dan guru kelas sebagai praktisi. Hasil penelitian yaitu penggunaan Small Group Discussion (SGD) dapat meningkatakan hasil belajar siswa yang mana dari pertemuan 1 sampai pertemuan 6 terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan, yaitu pada pertemuan 1 jumlah siswa yang tuntas sebesar 36,36%, pertemuan 2 sebesar 45,45%, pertemuan 3 sebesar 78,79%, sedangkan pada siklus II yaitu pada ptermuan 4 siswa yang tuntas sebesar 72,73%, pertemuan 5 sebesar 75,76% dan pada pertemuan 6 sebesar 93,94%. 

This research was motivated by phenomena encountered in the field that were obtained from the class teacher that there were students who did not complete grades because they had difficulty understanding the material explained by the teacher, did not ask many questions, and were passive in class discussions. This type of research is class action research (PTK). A sample of 33 people, namely class X Automotive 1 SMK N 1 Bonjol. Researchers as observers, and class teachers as practitioners. The results of the study, namely the use of Small Group Discussion (SGD) can improve student learning outcomes where from meeting 1 to meeting 6 there is a significant increase in student learning outcomes, namely at meeting 1 the number of students who complete is 36.36%, meeting 2 is 45, 45%, meeting 3 amounted to 78.79%, while in cycle II, namely at meeting 4 students who completed 72.73%, meeting 5 amounted to 75.76% and at meeting 6 amounted to 93.94%.

References

Silvermen, Syahril, & Wakhinuddin, Efektivitas Model Pembelajaran Accelerated Learning Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Vol. 26. No. 1, 2021

Wagino, Giatman, M., Syah, M. & Nanda, I., Application of the Teaching Factory Model to the Learning Outcomes of Class XI Students in the Heavy Equipment Engineering Department, Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, Vol. 22 No. 22, 2022

Nazir, M., Metode Penelitian., Jakarta : Ghalia Indonesia, 2003

Dedet, Saputra., Hasan, M., & Darman., Hubungan Motivasi Belajar Berprestasi Dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Sistem Microprosessor dan Mikrokontroler Pada Mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang. Automotive Enginering Education Journal. pp.. 4-5., 2015

Sudjana, N., Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Rosdikarya, 2016

Ismail, SM., Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan, Semarang: RaSAIL Media Group, 2008

Ismail, SM., Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan, Semarang: RaSAIL Media Group, 2008

Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008

Ismail, SM., Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan, Semarang: RaSAIL Media Group, 2008

Adul, H., Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, 2006

Harmin, M & Toth, M., Pembelajaran Aktif yang Menginspirasi: Buku Pegangan Lengkap untuk Masa Kini. Jakarta: Indeks, 2012

Kosasih, E., Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya, 2015

Burden, P & Byrd, D., Methods for Effective Teaching. New Jersey: Pearson, 2013

Hasibuan & Moedjiono, Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012

Mercer, C., Mercer, A., Pullen, P., Teaching Students with Learning Problem, United Kingdom : Pearson, 2014

Zuraiti, Penerapan Metode Small Group Discussion dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Dampak terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA. SOSIOHUMANIORA - Vol.4, No.1, pp. 71-77, 2018

Sulastri, Imran, & Firmansyah, A, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online. Vol. 3 No. 1, 2015

Purwanto, W, Amin, B., Hidayat, N., Alwi, E. Students’ Characteristic Analysis in the effort of Applying Total Quality Management (TQM) in Learning Process. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR). Vol. 201. 2018

Sugiyono, MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Masrial, S, W., Wagino, & Hidayat, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMK N 1 Bonjol pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Otomotif melalui Model Pembelajaran Small Group Discussion. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(1), 51–58. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i1.139