Optimasi Penerapan Nano Spray Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Langkah Modifikasi Injeksi Dengan Metode Taguchi

Authors

  • Agung Pratama Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wawan Purwanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wagino Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M. Yasep Setiawan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i1.131

Keywords:

Optimasi, Nano Spray, Emisi Gas Buang, Biogasoline, Metode Taguchi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil yang paling optimal dari penerapan nano spray serta menggunakan perbandingan bahan bakar ethanol dan bensin dalam mengurangi emisi gas buang pada sepeda motor 4 langkah injeksi, dengan menggunakan metode Taguchi. Penelitian ini menggunakan robust design dengan 3 faktor dan 3 level, yaitu A (debit air level faktornya 1,45 ml/min, 2,90 ml/min, 4,35 ml/min), B (timming pengapian dengan level faktor 4o, 6o, 8oBTDC), dan C (Biogasoline level faktor perbandingan 10:90, 15:85, 20:80). Hasil penelitian yang telah dilakukan rancangan yang optimal untuk menurunkan hidrokarbon (HC) adalah menggunakan debit air 1,45 ml/min, timming pengapian dimajukan 2o, serta biogasoline perbandingan 10:90 Dan faktor yang paling berpengaruh adalah debit air dan timming pengapian, dan yang paling optimal pada karbon monoksida (CO) adalah debit air 2,90 ml/min, timming pengapian dimundurkan 2o, serta biogasoline perbandingan 10:90 dan faktor paling berpengaruh adalah timming pengapian.   

This study aims to obtain the most optimal results from the application of nano spray and using ethanol and gasoline fuel comparisons in reducing exhaust emissions on 4-stroke injection motorcycles, using the Taguchi method. This study uses robust design with 3 factors and 3 levels, namely A (water discharge factor level 1.45 ml/min, 2.90 ml/min, 4.35 ml/min), B (ignition timming with factor level 4o, 6o, 8oBTDC), and C (Biogasoline fuel comparison factor level 10:90, 15:85, 20:80). The results of the research that has been done the optimal design to reduce hydrocarbons (HC) is to use a water discharge of 1.45 ml/min, ignition timming advanced 2o, and biogasoline comparison 10:90 And the most influential factors are water discharge and ignition timming, and the most optimal on carbon monoxide (CO) is a water discharge of 2.90 ml/min, ignition timming retreated 2o, and biogasoline comparison 10:90 and the most influential factor is ignition timming.

References

Basori, et al., Pemanfaatan Mikrokontroler AT89S51 Dalam Rancang Bangun Sistem Water Injection Berbasis Mikrokontroler [2]pada SepedaMotor. b: 3, 2014.

Brusca, S., & Lanzafame, R., “Water injection in IC-SI engines to control detonation and to reduce pollutant emissions,” 2003.

Zatmiko, R. W., Rancang Bangun Water Injection Berbasis Mikrokontroler Serta Pengaruhnya Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang (Co & Hc) Pada Sepeda Motor Honda Mega Pro Tahun 2009. 3(4), 2015.

Li, X., Anton, N., Arpagaus, C., Belleteix, F., & Vandamme, T. F., Nanoparticles by spray drying using innovative new technology: The Büchi Nano Spray Dryer B-90. 147(2), 304-310, 2010.

Firina, E., Ismet, F., & Nasir, M., Pengaruh Saat Pengapian Terhadap Kandungan Emisi Gas Buang Pada Toyota Kijang 7K. 4(2), 2015.

Andrilana, A., “Pengaruh Pemasangan Water Injection Terhadap Torsi, Daya Dan SFC Dengan Variasi Jenis Bahan Bakar pada Sepeda Motor 4 Langkah Modifikasi Injeksi,” 2022.

Basori, et al., “Pemanfaatan Mikrokontroler AT89S51 Dalam Rancang Bangun Sistem Water Injection Berbasis Mikrokontroler pada Sepeda Motor,” hlm. b:3, 2014.

Nugraheni, I. K., & Haryadi, R., Pengujian emisi gas buang motor bensin empat tak satu silinder menggunakan campuran bahan bakar premium dengan etanol. 22-28, 2017.

Amin, Bahrul & Ismet, Faisal., Teknologi Motor Bensin. Jakarta: Kencana. 143, 2016.

Amin, Bahrul & Ismet, Faisal., “Teknologi Motor Bensin,” 2016.

Mulyono, S., Gunawan, G., & Maryanti, B., “Pengaruh penggunaan dan perhitungan efisiensi bahan bakar premium dan pertamax terhadap unjuk kerja motor bakar bensin,” 2014.

Handayani, S. U., Pemanfaatan Bio Ethanol Sebagai Bahan Bakar Pengganti Bensin. 99-102, 2007.

Chaniago, I. P., Purwanto, W., & Arif, A., Optimasi Sistem Pengapian Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Langkah Dengan Metode Taguchi. 181-190, 2023.

Purwanto, W., Afif, F., Lapisa, R., Yuvenda, D., Setiawan, M. Y., & Saputra, H. D., Optimasi Penggunaan Jenis Busi, Oli, Dan Campuran Ethanol Bensin Terhadap Peningkatan Suhu Dan Jarak Tempuh Sepeda Motor 4 Langkah Dengan Metode Taguchi. 79-92, 2022.

Krishnaiah, K., & Shahabudeen, P., “Applied design of experiments and Taguchi methods,” 2012.

Ross. P. J., “Taguchi Tecniques For Quality Engineering,” 2005

Downloads

Published

2023-11-03

How to Cite

Pratama Saputra, A., Purwanto, W., Wagino, & Setiawan, M. Y. (2023). Optimasi Penerapan Nano Spray Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Langkah Modifikasi Injeksi Dengan Metode Taguchi. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i1.131

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4