Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Alat Praktik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR)

Authors

  • Roni Sandra Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Arif Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wagino Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

Keywords:

modul interaktif, PMKR, Research and Development, model 4-D, pendidikan vokasi

Abstract

Keterbatasan alat praktik pada sistem bahan bakar, pengapian, dan pendinginan di SMKN 1 X Koto Diatas berdampak pada rendahnya pengalaman praktik siswa dalam mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR). Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul interaktif sebagai media pembelajaran alternatif untuk meningkatkan efektivitas praktik siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Modul dirancang dalam format PDF interaktif yang dapat diakses melalui perangkat digital dan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, serta guru pengguna. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 65,7 menjadi 86,8 setelah penggunaan modul. Temuan ini membuktikan bahwa pengembangan modul interaktif berbasis digital learning dapat menjadi solusi atas keterbatasan sarana praktik di SMK serta berkontribusi terhadap peningkatan hasil belajar pada pendidikan vokasi. 

The limited availability of practical tools in the fuel, ignition, and cooling systems at SMKN 1 X Koto Diatas has reduced students’ hands-on experience in the Light Vehicle Engine Maintenance (PMKR) subject. This study aims to develop an interactive module as an alternative learning medium to enhance students’ practical skills. The research employed a Research and Development (R&D) approach using the 4-D model (Define, Design, Develop, Disseminate). The module was designed in an interactive PDF format accessible through digital devices and validated by material experts, media experts, and subject teachers. The findings revealed a significant improvement in students’ learning outcomes, with the average score increasing from 65.7 to 86.8 after using the module. These results confirm that interactive digital learning modules can effectively overcome the limitations of school practice facilities and contribute to improving learning outcomes in vocational education.

References

Zunidar, Z. (2019). Peran guru dalam inovasi pembelajaran. Nizhamiyah, 9(2).

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman, 3(2), 333-352.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Sudjimat, D. A. (2022). Mencetak SDM terampil dan berkarakter melalui implementasi model IPJBL pada pendidikan vokasi di era industri 4.0.

Prasetyo, R. F., Apriyanto, N., & Fatra, F. (2020). Pengaruh Kelengkapan Alat dan Bahan Praktik Bengkel Otomotif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Transmisi. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 2(2), 134-141.

Alwi, E., Harahap, M., Fernandez, D., & Milana, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI TKR SMK Negeri 2 Padang Sidempuan. Ensiklopedia Education Review, 4(3), 231-236.

Hutama, R. P., Sitompul, N. C., & Hartono, H. (2022). Pengembangan E-Modul Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan untuk Siswa Kelas XI TKRO di SMKN 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(2), 21-26.

Mashudi, A., Khumaedi, M., & Widjanarko, D. (2022). Performansi Kelas Industri Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 7(1).

Ramadhana, C. A., & Ardiyanta, A. S. (2025). Pengaruh praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI pada Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Negeri 2 Tulungagung tahun pelajaran 2023/2024. Journal of Automotive Vocational Education (JAVED), 1(2), 38–43.

Maulana, R., Safriwardi, F., & Jumadi, J. (2025). Analisis Kelayakan Fasilitas Bengkel Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Nisam. Student Scientific Creativity Journal, 3(1), 292-307.

Pratama, A. D. (2024). Pengembangan e-modul interaktif berbasis aplikasi Canva pada mata pelajaran dasar-dasar teknik otomotif siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Mandiri (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).

Limbong, T., & Simarmata, J. (2022). PKM: pelatihan pembuatan buku digital dan media pembelajaran berbasis multimedia pada smk negeri 1 pergetteng-getteng sengkut kabupaten pakpak bharat. ULEAD: Jurnal E-Pengabdian, 88-93.

Fitriarieswa, A. S., Wardani, S., Haryani, S., & Harjito, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Guided Inquiry Learning untuk Peserta Didik SMK. Chemistry in Education, 12(2), 131-137.

Firdaus, H., Syafrizal, S., & Nulhakim, L. (2024, December). Efektivitas literasi siswa SMK menggunakan bahan ajar elektronik. In Prosiding Vocational Education National Seminar (VENS) (Vol. 3, No. 1).

Sugiyono, D. (2014). Metode penelitian pendidikan.

Wijaya, Marline, Junaedy, and Hamdan Arfandy. 2017. “Perancangan Chatbot Untuk Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Stmik Kharisma Makassar.” Jurnal Ilmu Komputer 1: 1–11.

H. Salim, “Penelitian Pendidikan : Metode, Pendekata, dan Jenis”, Jakarta : Kencana, 2019.

Arif, A., Giatman, M., Musykir, M., Effendi, H., & Purwanto, W. (2022). Pengembangan E-Module Berbasis Aplikasi Android Mata Kuliah Listrik dan Elektronika. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(3), 360-369.

Downloads

Published

2025-08-28

How to Cite

Roni Sandra, Arif, A., Wagino, & Saputra, H. D. (2025). Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Alat Praktik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR). JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 3(3), 871–882. Retrieved from https://jtpvi.ppj.unp.ac.id/index.php/jtpvi/article/view/337

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>