Kontribusi Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di SMK Adi Karya Ranah Pesisir

Authors

  • Febri Hardani Putera Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wakhinuddin Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rifdarmon Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rijalul Fathani SMKN 5 Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i1.274

Keywords:

Sikap Belajar, Hasil Belajar, Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan

Abstract

Penelitian terkait sikap belajar siswa pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR) SMK Adi Karya Ranah Pesisir terhadap hasil belajar perlu dilakukan, agar mendapatkan informasi terkait gaya belajar, minat, dan bakat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Populasi dan Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa di kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Adi Karya Ranah Pesisir, pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Angket digunakan untuk mengukur sikap belajar siswa dan dokumentasi nilai siswa untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar dengan nilai (r = 0,999). Sikap belajar juga memberikan kontribusi sebesar 99,9% terhadap pencapaian belajar siswa. 

Research related to students' learning attitudes in the Light Vehicle Engine Maintenance subject at SMK Adi Karya Ranah Pesisir towards learning outcomes needs to be conducted, in order to obtain information related to learning styles, interests, and talents to improve the quality of learning. The population and sample of this study amounted to 30 students in class X of Light Vehicle Engineering at SMK Adi Karya Ranah Pesisir, sampling using the Total Sampling technique. Questionnaires were used to measure students' learning attitudes and documentation of student grades to measure learning outcomes. The results of the study showed that learning attitudes had a positive and significant relationship with learning outcomes with a value (r = 0.999). Learning attitudes also contributed 99.9% to student learning achievement.

References

M. Suryadi, "Peran Strategis Pendidikan dalam membangun karakter bangsa," Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 10, pp. 65-74, 2019.

INDONESIA, "Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional," in Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 2003.

A. H. &. R. Pratama, "Pendidikan dan tantangan globalisasi: Perspektif penguatan karakter," Jurnal Ilmiah Pendidikan Global, vol. 12, pp. 10-19, 2020.

B. Widodo, "Meningkatkan daya saing bangsa melalui pendidikan berbasis kompetensi," Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, vol. 13, pp. 24-33, 2021.

I. Setyawan, "Sumber daya manusia unggul untuk menghadapi revolusi industri 4.0," in Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2022.

A. Wijaya, "Kualitas pendidikan kejuruan dalam menghadapi kebutuhan industri," Jurnal Teknik Pendidikan, vol. 14, pp. 34-45, 2023.

N. Kurniawan and D. Lestari, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif: Pendekatan Praktis dalam Pembelajaran, Surabaya: Penerbit ITS Press, 2021.

Nurhidayani, N., & Simatupang, W., "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 1 Padang," Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, vol. 1, pp. 9-20, 2020.

F. Rahmawati, "Motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam pendidikan kejuruan," Jurnal Psikologi dan Pendidikan Vokasi, vol. 7, pp. 50-59, 2023.

"Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Laporan Pendidikan Kejuruan Nasional 2024," Kemendikbudristek,, Jakarta, 2024.

Rahim, B., Nasrun, N., & Maksum, H., "Kontribusi Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Diklat Gambar Teknik di SMK Negeri 2 Solok," Automotive Engineering Education Journals, vol. 2, 2013.

R. B. Johnson and L. Christensen, Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches, 7th ed. Thousand Oaks, CA: Sage, 2020.

S. Siregar, "Metode kuantitatif dalam penelitian pendidikan," Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 15, pp. 123-134, 2021.

A. Hakim, "Descriptive research: Conceptual framework and applications," Jurnal Metodologi Penelitian, vol. 10, pp. 45-58, 2019.

M. Putri, Penelitian Deskriptif: Teknik dan Aplikasinya, Bandung: Penerbit Edukasi, 2020.

T. Rahayu and F. Widianto, "Studi korelasional dalam evaluasi pendidikan," Jurnal Statistik Pendidikan, vol. 17, pp. 56-64, 2023.

F. Arifin and L. N. Mulyati, "Hubungan variabel dalam penelitian pendidikan: Perspektif korelasional," Jurnal Pendidikan Indonesi, vol. 12, pp. 30-38, 2022.

S. Samsilayurni dan S. Sumarni, "Pengaruh sikap belajar terhadap prestasi akademik: Studi kasus di SMA Negeri 2 Keluang," Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 12, pp. 125-138, 2018.

A. Sulaeman dan P. Purwanto, "Motivasi dan perhatian sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa," Jurnal Pendidikan dan Psikologi, vol. 15, pp. 43-56, 2017.

Ulum, M., Maksum, H., Rifdarmon, R., & Saputra, H. D, "Kontribusi Kebiasaan Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Pada Kelas XII di SMK Negeri 1 Sumatera Barat," MSI Transaction on Education, vol. 2, pp. 71-82, 2024.

S. Susanto, W. Wagino, D. Fernandez, H. D. Saputra, and A. Asra, “Meningkatkan Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI TBSM SMKN 3 Solok Selatan”, jtpvi, vol. 1, no. 3, pp. 345–352, Aug. 2023.

Downloads

Published

2025-01-16

How to Cite

Hardani Putera, F., Maksum, H., Wakhinuddin, Rifdarmon, & Fathani, R. (2025). Kontribusi Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di SMK Adi Karya Ranah Pesisir. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 3(1), 623–630. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i1.274

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>