Efektivitas Pembelajaran Praktik Terhadap Hasil Belajar Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Kelas XI TKRO SMK Negeri 2 Kota Solok

Authors

  • Agus Firman Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rifdarmon Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Martias Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Nuzul Hidayat Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.209

Keywords:

Pembelajaran Praktik, Hasil Belajar Siswa, Efektivitas Pembelajaran

Abstract

Peningkatan hasil belajar siswa menjadi salah satu ciri dari berhasilnya tujuan pendidikan. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari peranan guru. Siswa kejuruan menjalankan pembelajaran praktik dengan harapan membantu meningkatkan kompetensi dan keahlian siswa. Efektiviatas pembelajaran praktik yang disampaikan guru akan memberikan kontribusi yang optimal terhadap capaian hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan menganalisis keterkaitan efektivitas pembelajaran praktik tehadap hasil belajar siswa. Riset ini merupakan bagian dari penelitian korelatif dengan bantuan analisis data menggunakan SPSS dalam mengolah data. Hasil uji hipotesis yang dilakukan, menghasilkan koefisisen korelasi r hitung (0,910) > r tabel (0,308) dan didapat t hitung (11,979) > t tabel (2,020) dengan α = 0,05. Hasil analisis data menyatakan terdapat hubungan positif dari korelasi efektivitas pembelajaran praktik dan hasil belajar siswa.

Improving student learning outcomes is one of the characteristics of successful educational goals. This success cannot be separated from the role of teachers. Vocational students carry out practical learning with the hope of helping to improve student competence and expertise. The effectiveness of practical learning delivered by teachers will provide optimal contribution to the achievement of student learning outcomes. The study aims to analyze the relationship between the effectiveness of practical learning and student learning outcomes. This research is part of a correlative study with the help of data analysis using SPSS in processing data. The results of the hypothesis test conducted, produced a correlation coefficient r count (0.910)> r table (0.308) and obtained t count (11.979)> t table (2.020) with α = 0.05. The results of the data analysis stated that there was a positive relationship between the correlation of the effectiveness of practical learning and student learning outcomes.

References

Susanti, "Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam," TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, vol. 6, no. 1, pp. 22-36, 2022.

B. Susilo, A. B. Witarto, K. Djennod, B. Setiawan and Zulkieflimansyah, "Inovasi Peningkatan Serapan Alumni SMK Negeri 1 Alas Sumbawa," EKSiS: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 12, no. 2, 2020.

Djono, "Peran Guru di Era Milenial dalam Menyongsong Generasi Emas," in Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2022.

F. Munthe and Y. Mataputun, "Analisis kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri dalam meningkatkan mutu lulusan sekolah menengah kejuruan," JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) , vol. 7, no. 4, pp. 586-593, 2021.

Haristo, Rahman Muhammad, "Analisis ranah psikomotor kompetensi dasar teknik pengukuran tanah kurikulum SMK teknik konstruksi dan properti," Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, vol. 17, no. 1, pp. 53-63, 2020.

Wardha, Zakiyawati Salsa, "Urgensi Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pada Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan," Inspirasi Manajemen Pendidikan, vol. 9, no. 1, pp. 200-214, 2021.

Saleh, Khairul and Malik, Lina Revilla, "Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Provinsi Kalimantan Timur (Studi kasus SDIT Cordova Samarinda dan SDIT YABIS Bontang)," Fenomena, vol. 11, no. 2, pp. 143-154, 2019.

Mariyaningsih, N and Mistina, H. Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif, Surakarta: CV Kekata Group, 2018.

Subijanto and Sumantri, D. "Kesesuaian Kurikulum SMK Pertanian Berbasis Kebutuhan Dunia Kerja (Fokus: Kommpetensi Keahlian Agrobisnis Pengolahan Hasil Pertanian)," Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, vol. 43, no. 1, pp. 75-90, 2020.

Astuti, R. Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Ketrampilan Proses Sains menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa (Pokok Bahasan Limbah dan Pemanfaatan Limbah Kelas XI Semes., UNS, 2012.

Rahmawati, I and Baharudin, T. R. "Kontribusi Manajemen Sarana Prasarana Terhadap Mutu Layanan Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Ciampea," Jurnal Kajian Islam Modern, vol. 9, no. 2, pp. 12-22, 2023.

Risfa Andria, N. "Perbandingan Penerapan Metode Pembelajaran Buzz Group dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XII IPA di SMAN 2 Muaro Jambi," in Skripsi, 2023.

Sugiyono, "Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D," Bandung, Alfabeta, 2018.

Wiriani, W.T. "Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Online," Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, vol. 2, no. 1, pp. 57-63, 2021.

A. R. Yulianto, "Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan CV. Makmur Mandiri Sejahtera," Jurnal ekonomi, vol. 23, no. 2, pp. 146-160, 2021.

Razak, S. A. and Rivauzi, A "Efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK N 10 Padang," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 1, pp. 896-904, 2023.

Masruroh, Q, Apriyanto, N, Fatra, F and Bahar, M. K. "Pengaruh Teaching Factory dan Sarana Prasarana Bengkel terhadap Hasil Belajar mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor Kompetensi Sistem Rem," Journal of Vocational Education and Automotive Technology, vol. 5, no. 1, pp. 1-8, 2023.

Fatkhurrohman, "Pengaruh Peran Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Peningkatan Kompetensi Sistem AC XI TKRO SMK Muhammadiyah Bawang," Journal of Vocational Education and Automotive Technology, vol. 3, no. 2, pp. 44-53, 2021.

Febriyanto, Herry "Hubungan Antara Efektivitas Pembelajaran Praktik dan Motivasi Belajar Siswa Program Studi Teknik Kendaraan Ringan Kelas XI SMK Taman Siswa Kota Yogyakarta," in Skripsi, 2012.

H. D. Saputra, W. Purwanto, T. Sugiarto, F. Zaharbaini, A. Arif, and F. Hidayat, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan”, J Educ, vol. 20, no. 2, pp. 273–286, Dec. 2022.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Firman, A., Rifdarmon, Martias, & Hidayat, N. (2024). Efektivitas Pembelajaran Praktik Terhadap Hasil Belajar Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Kelas XI TKRO SMK Negeri 2 Kota Solok. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(4), 491–500. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.209

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4