Penerapan Metode Belajar Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Padang

Authors

  • Rahul Pramulia Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rifdarmon Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Toto Sugiarto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.201

Keywords:

Snowball Throwing, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian Tindakan kelas (PTK) dilakukan untuk mengetahui tingkat keaktifan dan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode pembelajaran snowball throwing.  Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR B SMK Negeri 1 Padang, semester 2 tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian di ambil dengan melakukan tes dan teknik observasi. Penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar. Pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan (PSPTKR) di SMK Negeri 1 Padang. Hasil penelitian menunjukan peningkatan nilai ketuntasan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I sebesar 43,33% menjadi meningkat sebesar 86,67% pada siklus II.

Classroom Action Research was conducted to determine the level of activity and learning outcomes of students after using the snowball throwing learning method.  The subjects in this research were students in class XI TKR B of SMK Negeri 1 Padang, semester 2 of the 2023/2024 academic year, totaling 30 students. The sampling technique uses purposive sampling technique. Research data was taken by carrying out tests and observation techniques. Using the Snowball Throwing learning model can improve learning outcomes. In the subject of chassis maintenance and light vehicle power transfer at SMK Negeri 1 Padang. The research results showed an increase in the completeness score of students' learning outcomes in cycle I by 43.33% up to 86.67% in cycle II.

References

A. Hidayat and I. Machali, Pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah. Kaukaba, 2012.

U. V. Wardina, N. Jalinus, and L. Asnur, “Kurikulum pendidikan vokasi pada era revolusi industri 4.0,” Jurnal pendidikan, vol. 20, no. 1, pp. 82–90, 2019.

A. Susanto, “Implementasi Model Pembelajaran Karakter Kerja Industri Otomotif Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan,” J. Pendidik. Tek. Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purworejo, vol. 11, no. 02, pp. 105–118, 2018.

S. Suyitno, “Pengembangan multimedia interaktif pengukuran teknik untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK,” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, vol. 23, no. 1, pp. 101–109, 2016.

R. L. Siregar, “Arah Pengembangan Kurikulum 2013,” HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, p. 7, 2019.

A. Tumanggor, J. R. Tambunan, M. M. SE, and P. SIMATUPANG, Manajemen Pendidikan. Penerbit K-Media, 2021.

R. Raito and M. N. Rofi, “Implikasi Pedagogis Tentang Tujuan Pendidikan Dalam Qur’an Surat Al-Dzariyat Ayat 56 Dan Al-Baqarah Ayat 30 Kajian Ilmu Pendidikan Islam,” Masagi, vol. 2, no. 1, pp. 162–171, 2023.

H. D. Saputra, S. Anori, D. Fernandez, and D. Setiawan, “Analysis of student’s learning outcomes test questions Department of Automotive Engineering FT UNP,” INVOTEK, vol. 22, no. 1, pp. 21–28, May 2022, doi: 10.24036/invotek.v22i1.964.

A. Erwinsyah, “Manajemen pembelajaran dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas guru,” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 5, no. 1, pp. 69–84, 2017.

M. Nugraha, “Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran,” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, vol. 4, no. 01, pp. 27–44, 2018.

A. W. Saputro, “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM AIR CONDITIONER UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN,” E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, vol. 13, no. 2, 2016.

N. Nurdyansyah and E. F. Fahyuni, “Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013,” 2016, Nizamia Learning Center.

A. M. Firdaus, “Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing,” Beta: Jurnal Tadris Matematika, vol. 9, no. 1, pp. 61–74, 2016.

Y. Yenita, “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Inovasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing,” Jurnal Studi Inovasi, vol. 4, no. 1, 2024.

H. D. Saputra, W. Purwanto, T. Sugiarto, F. Zaharbaini, A. Arif, and F. Hidayat, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN,” vol. 20, 2022.

S. Arif and T. Rijanto, “Model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar dan minat peserta didik (meta-analisis data),” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 6, no. 3, pp. 371–377, 2017.

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Pramulia, R., Rifdarmon, Dani Saputra, H., & Sugiarto, T. (2024). Penerapan Metode Belajar Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Padang. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(4), 449–458. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.201

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>