Optimasi Sistem Pengapian Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Langkah Dengan Metode Taguchi

Authors

  • Ilham Putra Chaniago Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wawan Purwanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rifdarmon Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Arif Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.17

Keywords:

optimasi, sistem pengapian, biogasoline, emisi gas buang, metode taguchi

Abstract

Pengguanaan bahan bakar minyak yang tinggi dari tahun ke tahun dapat menyebabkan krisis bahan bakar minyak dikemudian hari. Sehingga banyak orang mencoba untuk membuat bahan bakar alternatif agar dapat mengurangi penggunaan bensin sebagai bahan bakan utama. Biogasoline merupakan salah satu solusi untuk mengatasi krisis bahan bakar minyak di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan mencari hasil optimal dari sistem pengapian (jenis busi, jenis koil, waktu pengapian) dan campuran bensin dan ethanol (biogasoline) terhadap emisi gas buang sepeda motor 4 langkah dengan menggunakan metode taguchi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hidrokarbon (HC) mendapat respon rata-rata optimal yaitu faktor A2 (317,78), B2 (325,89), C1 (299,22) dan D2 (316,33). Sedangkan untuk respon rata-rata optimal karbon monoksida (CO) yaitu faktor A3 (1,28), B1 (1,26), C3 (1,19) dan D2 (1,26).

The use of high fuel oil from year to year can cause a fuel oil crisis in the future. So many people try to make alternative fuels in order to reduce the use of gasoline as the main fuel. Biogasoline is one of the solutions to overcome the fuel oil crisis in the future. This study aims to find the optimal results of the ignition system (type of spark plug, type of coil, ignition timing) and a mixture of gasoline and ethanol (biogasoline) on exhaust emissions of 4 stroke motorcycles using the taguchi method. Based on the results of research that has been done, hydrocarbons (HC) get an optimal average response, namely factors A2 (317.78), B2 (325.89), C1 (299.22) and D2 (316.33). As for the optimal average response to carbon monoxide (CO), namely factors A3 (1.28), B1 (1.26), C3 (1.19) and D2 (1.26).

Author Biographies

Ilham Putra Chaniago, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

 

Wawan Purwanto, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Rifdarmon, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Ahmad Arif, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

References

V. N. Setiawan, "katadata.co.id," 26 Oktober 2021. [Online]. Available: https://katadata.co.id/rezzaaji/berita/61776d156db13/konsumsi-bbm-masyarakat-dan-industri-meningkat-imbas-pelonggaran-ppkm. [Accessed 5 Febuari 2022].

I. G. Wiratmaja, "Pengujian Karakteristik Fisika Biogasoline Sebagai Bahan Bakar Alternatif Pengganti Bensin Murni," Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, vol. IV, pp. 145-154, 2010.

I. G. Wiratmaja, "Analisa Unjuk Kerja Motor Bensin Akibat Pemakaian Biogasoline," Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, vol. IV, pp. 16-25, 2010.

Sugiartono, Wagino, D. Afdal and R. Wahyudi, "Pemanfaatan bioethanol limbah Kelapa Muda dan Pengaruhnya Terhadap Emisi Motor Empat Langkah," AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, vol. I, pp. 1-8, 2020.

A. T. Hoang, v. Q. Tran, V. V. Pham, X. P. Nguyen and A. R. M. S. Al-Tawaha, "Comparative analysis on performance and emission characteristics of an in-Vietnam popular 4-stroke motorcycle engine running on biogasoline and mineral gasoline," Renewable Energy Focus, vol. XXVIII, pp. 47-55, 2019.

B. Amin and F. Ismet, Teknologi Motor Bensin, Jakarta: Kencana, 2016.

W. Suyanto, Teori Motor Bensin, Jakarta: Departemen Pendidikan Dan kebudayaan dan Direktur jendral Pendidikan Tinggi P2LPTK, 1989.

A. Aji, B. Santoso and D. Danardono, "Studi Eksperimental Pengaturan Waktu Pengapian pada Mesin 4 Langkah 1 Silinder Berbahan Bakar E25," Mekanika: Majalah Ilmiah Mekanika, vol. XVII, pp. 33-38, 2018.

S. U. Handayani, "Pemanfaatan Bio Ethanol Sebagai Bahan Bakar Pengganti Bensin," Gema teknologi, vol. XV, pp. 99-102, 2007.

A. Z. Mendiburu, C. H. Lauermann, T. C. Hayashi, D. J. Mariños, R. B. R. d. Costa, C. J. Coronado, J. J. Roberts and J. A. d. Carvalh, "Ethanol as a renewable biofuel: Combustion characteristics and application in engines," Energy, vol. 257, 2022.

daryanto, Motor Bakar Untuk Mobil, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

A. Prasetiyo and Rifadarmon, "Analisis Variasi Penggunaan Busi Pada Sepeda Motor Yamaha Vixion tahun 2015 Terhadap daya, torsi dan Emisi Gas Buang," AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, vol. I, pp. 31-38, 2020.

R. B. R. d. Costa, J. J. Hernández, A. F. Teixeira, N. A. D. Netto, R. M. Valle, V. R. Roso and C. J. Coronado, "Combustion, performance and emission analysis of a natural gas-hydrous ethanol dual-fuel spark ignition engine with internal exhaust gas recirculation," Energy Conversion and Management, vol. 195, pp. 1187-1198, 2019.

N. W. Setyanto and R. P. Lukodono, Teori dan Aplikasi Desain Eksperimen Taguchi, Malang: UB Press, 2017.

K. Krishnaiah and P. Shahabudeen, Applied Design of experiments and Taguchi Metods, New Delhi: PHI Learning Private limited, 2012.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Chaniago, I. P., Purwanto, W., Rifdarmon, & Arif, A. (2023). Optimasi Sistem Pengapian Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Langkah Dengan Metode Taguchi. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(2), 181–190. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.17

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5