Pengaruh Pemasangan Throttle Body Racing Terhadap Performa Mesin Pada Sepeda Motor Aerox Tahun 2019

Authors

  • Abdul Aziz Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia
  • Martias Martias Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia
  • M Nasir Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia
  • Dwi Sudarno Putra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i2.138

Keywords:

Throttle Body, Daya, Torsi

Abstract

Di era sekarang ini banyak masyarakat kurang puas akan performa sepeda motor mereka saat berakselerasi. Tujuan penelitian ini mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan throttle body racing terhadap performa mesin yang dihasilkan sepeda motor. Objek penelitian ini adalah sepeda motor aerox tahun 2019. Penelitian ini memakai metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif,, instrument pengujian daya dan torsi menggunakan alat dynamometer. Hasil penelitian pada throttle body racing terdapat peningkatan daya dan torsi, yaitu pengujian pada throttle body standar daya diperoleh yaitu 10,47 HP, sedangkan pada throttle body racing daya di peroleh yaitu 11,77 HP, sehingga daya meningkat sebesar  12,38% dengan selisih 1,29 hp, dan torsi pengujian pada throttle body standar terhadap torsi diperoleh yaitu 10,49 Nm sedangkan pada throttle body racing diperoleh yaitu 10,89 Nm sehingga torsi meningkat sebesar 3,81% dengan selisih 0,4 Nm.

In this era, many people are not satisfied with the performance of their motorbikes when accelerating. The purpose of this study was to determine how much influence the use of a racing throttle body has on the engine performance produced by a motorcycle. The object of this research is the 2019 aerox motorcycle. This research uses experimental methods with a quantitative approach, descriptive type, power and torque testing instruments using a dynamometer tool. The results of the research on throttle body racing there is an increase in power and torque, namely testing on the standard throttle body the power obtained is 10.47 HP, while on the throttle body racing the power obtained is 11.77 HP, so the power increases by 12.38% with a difference of 1.29 hp, and the test torque on the standard throttle body to the torque obtained is 10.49 Nm while on the throttle body racing obtained is 10.89 Nm so that the torque increases by 3.81% with a difference of 0.4 Nm.

 

References

Tarmedi, E (2012). Pengaruh Modifikasi Mufler Terhadap Prestasi Engine Sepeda Motor. Penelitian-pendidikan, 298.

YSL, M. A. (2021). Perbandingan Performa Kendaraan Dengan Jenis Throttle Body Berbeda Pada Sepeda Motor (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

lapisa, r., rahman, r., & basri, i. y. (2022). Pengaruh Diameter Variasi Throttle Body Terhadap Daya, Torsi dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Beat pgm-FI 110 cc Tahun 2014. jurnal.ensiklopediaku.org, 245-250.

Basyirun., Winarno., dan Karnowo. (2008). Mesin Konversi Energi. Buku Ajar. Universitas Negeri Semarang.

Hasan Maksum, dkk. 2012. Teknologi Motor Bakar. Padang: UNP Press.

Raharjo, Winarno Dwi, dan Karnowo. (2008). Mesin konverensi energi. Semarang: UNNES PRESS

Jalius Jama dan Wagino. (2008). Teknologi Sepeda Motor jilid 1. Jakarta: Derektorat Pembinaan SMK

Hermawan, N. D. (2016). Komponen-komponen Utama Sensor Injeksi. Dari: http://teknologiterbarudhn. blogspot. co. id/2012/08/komponen-komponen-utama-sensorinjeksi. html [diakses pada 18 Desember 2016].

Juan. (2018). https://www.teknik-otomotif.com/2018/01/cara-menghitung-volume-langkah-piston.html?m=1

Adito, Jibran Faerus.(2022). Analisa Pengaruh Modifikasi Velocity Air Intake Filter Udara Terhadap Karakteristik Torsi Dan Daya Yang Dihasilkan Pada Motor Berkapasitas 155 Cc. Diss. ITN MALANG.

Jalius Jama, dkk. (2009). Teknik Sepeda Motor Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

Sugiarto, T., Putra, D. S., Purwanto, W., & Wagino, W. (2018). Analisis perubahan output sensor terhadap kerja aktuator pada sistem EFI (Elektronik Fuel Injection). INOVATEK : Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(2),91-100.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Edisi ke 4. Universitas Deponegoro, Semarang

Kristanto, P. (2015).motor bakar torak. Yogyakarta: Andi

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Aziz, A., Martias , M., Nasir, M., & Sudarno Putra, D. (2024). Pengaruh Pemasangan Throttle Body Racing Terhadap Performa Mesin Pada Sepeda Motor Aerox Tahun 2019 . JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(2), 215–222. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i2.138