Perbandingan Tingkat Emisi Gas Buang Terhadap Pemakaian Bahan Bakar Pertalite dan Bahan Bakar Gas LPG

Authors

  • Bambang Sutrio Yatmoko Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Erzeddin Alwi Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Andrizal Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Milana Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.212

Keywords:

Emisi Gas Buang, LPG, Bahan Bakar, Pertalite

Abstract

Studi ini meneliti dampak penggunaan bahan bakar alternatif terhadap emisi kendaraan roda dua, karena peningkatan jumlah kendaraan di Indonesia yang berkontribusi terhadap polusi udara. Penelitian ini membandingkan emisi Honda Vario 110 PGM-FI yang menggunakan bahan bakar pertalite dan LPG. Penelitian ini menggunakan eksperimen statistik deskriptif dua tahap. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan gas LPG mengurangi emisi secara signifikan. Emisi CO dan CO2 tidak terdeteksi saat menggunakan LPG, sedangkan penggunaan pertalite menghasilkan rata-rata emisi CO 0,14% dan CO2 1,13%. Emisi HC untuk LPG sedikit lebih tinggi (46,33 ppm) dibandingkan pertalite (41,33 ppm). Kesimpulannya, LPG menunjukkan potensi besar dalam mengurangi emisi gas berbahaya pada sepeda motor, membuka peluang untuk pengembangan transportasi yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

This study investigates the impact of using alternative fuels on emissions from two-wheeled vehicles, prompted by the increasing number of vehicles in Indonesia that contribute to air pollution. The aim of this research is to compare the emissions from the use of pertalite and LPG fuels in the Honda Vario 110 FI. The method employed in this study is an experimental approach, analyzing data using descriptive statistics in two stages. The results indicate that using LPG significantly reduces emissions. CO and CO2 emissions were not detected when using LPG, whereas using pertalite resulted in average emissions of 0.14% CO and 1.13% CO2. The HC emissions for LPG were slightly higher (46.33 ppm) compared to pertalite (41.33 ppm). In conclusion, LPG demonstrates significant potential in reducing harmful gas emissions from motorcycles, offering opportunities for developing more sustainable and environmentally friendly transportation.

 

References

World Health Organization, Environmental Health Criteria No. 8, Sulfur Oxides and Suspended Particulate, Ganava: Matter, 1997.

Saepuddin dan Tri admono, "Kajian Pencemaran Udara Akibat Emisi Kendaraan Bermotor di DKI Jakarta," LIPI, 2005.

M. Nasir, L. Syaifullah, R. Rifdarmon, N. Hidayat, and B. Balisranislam, "Pengaruh Pencampuran Bahan Bakar Pertalite Dengan Zat Aditif Minyak Serai Wangi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang," JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 7-14, 2023.

I. K. Nugraheni dkk., “PENGUJIAN EMISI GAS BUANG MOTOR BENSIN EMPAT TAK SATU SILINDER MENGGUNAKAN CAMPURAN BAHAN BAKAR PREMIUM DENGAN ETANOL,” vol. 4, no. 1, 2017.

Maleev. V. L, Internal Combustion Engine. Second Edition, New York: McGraw-Hill, 1988.

Suyanto dan wardan, Teori Motor Bakar Bensin, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, 1989.

Fitri Primadona dan Iqbal Tiar Rizaldi, "Kajian Terhadap Dampak Penghapusan BBM Pertalite pada Profitabilitas PT Pertamina Tahun 2021," El-Mal, vol. 4, no. 1, 2021.

J. Morganti dkk, "The Research and Motor octane numbers of Liquefied Petroleum Gas (LPG)," Fuel, vol. 108, 2013.

H. Hermansyah dan I. Kurniaty, "Analisis Pemanfaatan LPG dan CNG Sebagai Bahan Bakar Kendaraan Bermotor di Wilayah Jawa Barat," Universitas Indonesia Library, 2013.

Indarto, "PEMAKAIAN BAHAN BAKAR GAS MENJADI ALTERNATIF BAGI KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN BAKAR PREMIUM," Gama Teknologi, vol. 17, no. 1, 2012.

M. Nasir, L. Syaifullah, R. Rifdarmon, and N. Hidayat, "Analysis of Citronella Oil Additive Mixing on Engine Performance on 4-Stroke Motorcycles," Motivection: Journal of Mechanical, Electrical and Industrial Engineering, vol. 5, no. 1, pp. 127-138, 2023.

Amin Bahrul, Teknik Motor Bakar. Padang: UNP Press, 2013.

Jalius Jama dan Wagino, Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2008.

Amin Bahrul dan Faisal Ismet, Teknologi Motor Bensin. Jakarta: Kencana, 2016.

M. S. Firmansyah, W. Purwanto, H. Maksum, A. Arif, M. Y. Setiawan, “Analisis Emisi Gas Buang (CO, CO2 dan HC) pada Sepeda Motor FI dengan Variasi Saat Pengapian, Saat Penginjeksian dan Jenis Bahan Bakar,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Feb 2023.

Downloads

Published

2024-08-16

How to Cite

Sutrio Yatmoko, B., Alwi, E., Andrizal, & Milana. (2024). Perbandingan Tingkat Emisi Gas Buang Terhadap Pemakaian Bahan Bakar Pertalite dan Bahan Bakar Gas LPG. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(4), 411–418. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.212

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>