Pengaruh Peran Guru Sebagai Fasilitator Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKR Pada Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMK Negeri 1 Padang

Authors

  • Ovanita Afriani Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rifdarmon Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M Nasir Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i1.145

Keywords:

Pengaruh Peran Guru, Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar

Abstract

Studi ini bertujuan untuk melihat tingkatan pengaruh peran guru sebagai fasilitator terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasi. Subjek penelitian ini sebanyak 68 siswa dengan sampel sebanyak 40 siswa. Teknik  pengambilan data menggunakan kusioner yang dibagikan  kepada siswa kelas X TKR yang mengikuti pembelajaran Dasar-dasar Otomotif. Data kusioner yang digunakan bertujuan untuk mendapatkan data peran guru sebagai fasilitator. Sedangkan data hasil belajar didapatkan dari data hasil ujian tengah semester. Analisis data penelitian yaitu dengan uji korelasi sebagai melihat pengaruh. Berdasarkan hasil uji korelasi yang diperoleh terdapat pengaruh peran guru sebagai fasilitator terhadap hasil belajar siswa kelas X TKR pada pembelajaran Dasar-dasar Otomotif  dengan tingkat pengaruh yang sangat kuat dan didapatkan nilai sebesar 0,810 dengan persentase sebesar 81 %.   

This study aims to see the level of influence of the teacher’s role as a facilitator on student learning outcomes. This research method is descriptive correlation. The subjects of this research were 60 students with a sample of 40 students. The data collection technique used a questionnaire which was distributed to class X TKR students who were taking part in Automotive Basic learning. The questionnaire data used aims to obtain data on the teacher’s role as a facilitator. Meanwhile, learning outcomes data is obtained from mid-semester exam result data. Analysis of research data is by correlation test result obtained, there is a influence of the teacher’s role as facilitator on the learning outcomes of class.

References

Hidayat, Ujang Cepi Barlian, and Yosal Iriantara, "Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di Masa Pandemi pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu," Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 118-126, 2021.

V Sumanti, F Firman, and R Ahmad, "Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah," Jurnal.uisu, vol. 10, no. 2, pp. 49-52, 2011.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.

Maman Suryaman, Tadkiroatun Musfiroh, and Widyastuti Purbani, "Kurikulum Pendidikan Bahasa Dalam Perspektif Inovasi Pembelajaran," Jurnal Kependidikan, vol. 4, no. 1, pp. 165-176, 2020.

Fransiska M Pieter, Fransiska R Korompis, and Boby A Lompoliu, "Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa di SD Gmim Tiwoho Pada Masa Covid-19," Edu Primary Jurnal, vol. 2, no. 3, pp. 41-45, 2021.

Riduwan, Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Banndung: Alfabeta, 2012.

Rifdarmon, Ambiyar, and Wakhinuddin, "Persepsi Mahasiswa tentang Kompetensi Dosen terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif," Edukasi: Jurnal Pendidikan, vol. 18, no. 1, pp. 113-124, 2020.

Dedi Setiawan, Rifdarmon Rifdarmon, Dori Yuvenda, and M Nasir, "Pengaruh Metode Diskusi Menggunakan Aplikasi Zoom Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa," Edumaspul: Jurnal Pendidikan, vol. 6, no. 1, pp. 592-598, 2022.

Hendra Dani Saputra, Faisal Ismet, and Andrizal, "Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK," INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, vol. 18, no. 1, pp. 25-30, 2018.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan : Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Sugiono, Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2010.

Khoirotun Nafi'ah, "Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di MIN 1 Banyumas," Jurnal Kependidikan , vol. 11, no. 1, pp. 47-60, 2023.

Esi, Endang Purwaningsih, and Okianna, "PERANAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DAN MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS XI SMK," Jurnal Pendidikandan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 5, no. 10, 2016.

Hamid Darmadi, Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Tanggerang: An Image, 2019.

Downloads

Published

2023-11-03

How to Cite

Afriani, O., Rifdarmon, M Nasir, & Saputra, H. D. (2023). Pengaruh Peran Guru Sebagai Fasilitator Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKR Pada Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMK Negeri 1 Padang. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(1), 77–86. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i1.145