Hubungan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Pengetahuan Otomotif Pada Siswa Kelas X SMKN 1 Sumatera Barat

Authors

  • Desra Andra Japutra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M Nasir Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Nuzul Hidayat Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.81

Keywords:

konsep diri, hasil belajar siswa, dasar - dasar pendidikan otomotif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami sejauh mana hubungan antara hasil belajar siswa di kelas X SMK Negeri 1 Sumatera Barat dalam mata pelajaran dasar otomotif dengan konsep diri mereka. Penelitian ini menggunakan analisis korelasional antara hasil belajar siswa (Y) dan konsep diri (X). Populasi penelitian terdiri dari 103 siswa kelas X SMK Negeri 1 Sumatera Barat yang mengambil jurusan otomotif. Data dikumpulkan melalui survei dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar otomotif di kelas X SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Hubungan ini memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,05 berdasarkan analisis data penelitian, dan tingkat hubungan antara konsep diri dan hasil belajar adalah sekitar 46%. 

This study aims to understand the extent of the relationship between students' learning outcomes in the 10th grade at SMK Negeri 1 West Sumatra in the basic automotive subject and their self-concept. This research employs correlational analysis between students' learning outcomes (Y) and self-concept (X). The research population comprises 103 students in the 10th grade at SMK Negeri 1 West Sumatra majoring in automotive. Data were collected through surveys and documentation. The conclusion of this research is that there is a positive and significant relationship between self-concept and students' learning outcomes in the basic automotive subject in the 10th grade at SMK Negeri 1 West Sumatra. This relationship has a significance level of 0.05 based on the research data analysis, and the degree of the relationship between self-concept and learning outcomes is approximately 46%.

References

Santrock, John W. 2009. Remaja Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kunandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Nana Sudjana.2019. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Bloom,BenjaminS.1956.Taxonomy OfEducationalObjectives.NewYork:Longmans,Green and Co.

Amsil, A., Maksum, H., Nasir, M., & Andrizal, A.(2023). Kontribusi Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar di Masa Pendemi Covid-19 pada siswa SMKN 1 Sumatera Barat. JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2023, 1.2: 209-216.

Slameto. 2017. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar.

Hidayat, N., Ganefri, G., Yulastri, A., Muslim, M., & Setiawan, M, Y.(2022). Hubungan antara Motivasi Berwirausaha dengan Sikap Kewirausahaan bagi Mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. AEEJ: Journal Of Automotive Engineering and Vocation Education, 3(2), 113-122.

Santrock, John W. 2009. Remaja Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Alex Sabur. 2013. Pisikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia..

Baron,RobertAdanByrne,Donn.2003.PsikologiSosialJilid1.Jakarta:Erlangga.

Inge Hutagalung. 2011. Pengembangan Keperibadian. Jakarta: PT Indeks.

Jalaluddin Rakhmat. 2019. Psikologi Komunikasi.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Pranata, K., Maksum, H., & Fernandes, D. (2018). Hubungan konsep diri dengan hasil belajar mata pelajaran gambar teknik otomotif pesertda didik kelas x kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif di smk negeri 2 lubuk basung. Automotive Engineering Education Journals, 7(1).

Akbari, I., Maksum, H., & Basri, IY (2014). Hubungan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Alat Ukur Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif di Smk Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Pendidikan Otomotif, 3 (3).

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Japutra, D. A., Maksum, H., Nasir, M., & Hidayat, N. (2023). Hubungan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Pengetahuan Otomotif Pada Siswa Kelas X SMKN 1 Sumatera Barat. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(3), 445–452. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.81