Kontribusi Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII TBSM SMK Negeri 4 Kota Lubuk Linggau
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i2.302Keywords:
konstribusi, Praktik Kerja Industri, Kesiapan kerjaAbstract
Pendidikan sistem ganda di SMK dilakukan untuk membantu lulusan sekolah menengah kejuruan menjadi lebih siap kerja dengan meningkatkan kesadaran mereka akan nilai pelatihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi Praktik Kerja Industri Terhadap kesiapan kerja siswa. Metode penelitian dilakuakan dengan pendekatan eksplorasi kuantitatif dengan metodologi kuantitatif tersendiri. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi prakerin terhadap kesiapan kerja siswa berbanding lurus berdasarkan data kependudukan (N=76), yang menunjukkan bahwa semakin tinggi prakerin maka akan mendongkrak kesiapan kerja siswa dan sebaliknya. Berdasarkan model regresi ini, variable kesiapan kerja siswa Y diperkirakan akan meningkat sebesar 0,701 satuan setiap kenaikan satuan X atau skor Prakerin. Dengan menggunakan hasil uji t ditentukan bahwa p (0,000 < 0,05) lebih kecil atau sama dengan 7,969 untuk v hitung, dan nilai ini lebih besar dari 1,665 untuk v tabel. Disimpulkan Prakerin secara signifikan meningkatkan persiapan siswa memasuki dunia kerja.
Dual system education in vocational high schools is carried out to help vocational high school graduates become more work-ready by increasing their awareness of the value of training. Given the problem, this research uses a quantitative exploration approach with its own quantitative methodology. The contribution of internship to students' work readiness is directly proportional based on population data (N = 76), which shows that the higher the internship, the higher the students' work readiness and vice versa. Based on this regression model, the student work readiness variable Y is estimated to increase by 0.701 units for each increase in x or the internship score. Using the t-test results, it is determined that p (0.000 <0.05) is less than or equal to 7.969 for v table, and this value is greater than 1.665 for v table. It is concluded that internship significantly improves students' preparation to enter the workforce.
References
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang sistem pendidikan nasional.
M. Muspawi and A. Lestari, “MEMBANGUN KESIAPAN KERJA CALON TENAGA KERJA,” J. Literasiologi, vol. 4, no. 1, Jul. 2020, doi: 10.47783/literasiologi.v4i1.138.
Y. Mulyadi, “EVALUASI PROGRAM MAGANG PADA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SMK DENGAN MODEL (3+1) PROGRAM KEAHLIAN KEHUTANAN DI SMK NEGERI 1 PAGELARAN CIANJUR (Implementasi Model CIPPO),” J. Eval. Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 84–96, Mar. 2018, doi: 10.21009/JEP.091.08.
D. Darmawan, “PENERAPAN MODEL PELATIHAN ON THE JOB TRAINING (MAGANG) DALAM PELATIHAN OTOMOTIF YANG DI SELENGGARAKAN OLEH BALAI PELAYANAN PENDIDIKAN NONFORMAL PROVINSI BANTEN,” J. Eksistensi Pendidik. Luar Sekol. E-Plus, vol. 2, no. 2, Aug. 2017, doi: 10.30870/e-plus.v2i2.2957.
“Sefrianto, " EVALUASI DAMPAK (OUTCOME) PROGRAM ON THE JOB TRAINING (OJT) SISWA SMK NEGERI 1 CARIU KABUPATEN BOGOR, " Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 2020.”
D. S. Iriani and S. Soeharto, “Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK N 3 Purworejo,” J. Pendidik. Teknol. Dan Kejuru., vol. 22, no. 3, p. 274, Nov. 2015, doi: 10.21831/jptk.v22i3.6835.
R. Rahmawati, “Evaluasi Manajemen Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 3, no. 5, pp. 2170–2179, Jul. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i5.775.
“ulfa. Rahmawati, "Pengaruh Hasil Kerja Industri (PRAKERIN) dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif terhadap Kesiapan Kerja Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XII Jurusan BDPM SMK Negeri 1 Surabaya,” J. Pendidikan dan Konseling. Volume 4 no. 3 Tahun 2022.”
F. Amelia and J. Sojanah, “Prakerin sebagai faktor yang mempengaruhi kompetensi siswa dalam mengelola dan menjaga sistem kearsipan,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 4, no. 1, p. 17, Jan. 2019, doi: 10.17509/jpm.v4i1.14951.
A. Zulatama, A. Ambiyar, S. Sukardi, and A. T. Devega, “Kontribusi Prestasi Belajar, Pengetahuan K3 dan Pengalaman Prakerin Siswa dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK Kelas XII di Lahat,” JTEV J. Tek. Elektro Dan Vokasional, vol. 8, no. 1, p. 96, Feb. 2022, doi: 10.24036/jtev.v8i1.115785.
D.- Rahmawati, Z. Karenina, A. Farida, Komala, and W. N. Rohma, “Implementasi Praktik Kerja Lapangan Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta,” Improv. J. Ilm. Untuk Peningkatan Mutu Manaj. Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 55–64, Jun. 2022, doi: 10.21009/improvement.v9i1.27590.
L. Ardiani, “EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)”.
T. Kuat and N. A. Kristiyanto, “ANALISIS PELAKSANAAN PRAKERIN PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF SMK,” J. Pendidik. Ilmu Sos., vol. 30, no. 1, pp. 11–18, Jun. 2020, doi: 10.23917/jpis.v30i1.10888.
Y. Mulyadi, “EVALUASI PROGRAM MAGANG PADA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SMK DENGAN MODEL (3+1) PROGRAM KEAHLIAN KEHUTANAN DI SMK NEGERI 1 PAGELARAN CIANJUR (Implementasi Model CIPPO),” J. Eval. Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 84–96, Mar. 2018, doi: 10.21009/JEP.091.08.
M. Gatot and D. Rahayu, “HUBUNGAN ANTARA PROGRAM MAGANG DENGAN MOTIVASI PENGEMBANGAN KARIR PESERTA DIDIK,” Indones. J. Adult Community Educ., vol. 1, no. 1, pp. 11–19, Sep. 2019, doi: 10.17509/ijace.v1i1.20001.
N. Nurjannah, A. Walian, and L. Lemiyana, “Pengaruh Soft Skill, Praktik Pengalaman Lapangan (Magang) Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Di Bank Syariah,” J. Ekon. Dan Bisnis JEBS, vol. 4, no. 6, pp. 1566–1575, Oct. 2024, doi: 10.47233/jebs.v4i6.2193.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ardi Yanto, Wagino, Toto Sugiarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.