Kontribusi Pengalaman Praktek Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Minat Menjadi Mekanik Kelas XII Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Guguk

Authors

  • Fikri Aulia Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Nuzul Hidayat Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wagino Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.226

Keywords:

Kontribusi, Pengalaman Prakerin, Minat Mekanik

Abstract

Berdasarkan data dari keterserapan untuk tahun ajaran 2022/2023, hanya sedikit dari siswa yang memilih karir sebagai mekanik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengalaman kerja industri (prakerin) berkontribusi minat siswa untuk menjadi mekanik. Metode analisis yang dipakai merupakan deskriptif korelasional. Penelitian ini melibatkan 109 siswa, dengan sampel yang diambil sebanyak 53 siswa menggunakan teknik stratified random sampling. Penulis memakai rumus Taro Yamane untuk memutuskan ukuran sampel. Angket diberikan ke siswa kelas XII Teknik Otomotif untuk untuk penghimpunan data, yang berisi pertanyaan tentang kontribusi pengalaman prakerin terhadap minat mereka menjadi mekanik. Hasil studi mengungkapkan kalau pengalaman prakerin memberikan hubungan signifikan kepada kesiapan siswa di SMK Negeri 1 Guguk, pada angka 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Ini mengungkapkan kalau pengalaman prakerin secara signifikan berhubungan kepada minat siswa untuk menjadi mekanik di SMK Negeri 1 Guguk.

Based on data from absorption for the 2022/2023 academic year, only a few of student choose a career as a mechanic. This research aims to measure the extent to which industrial work experience to contribute students' interest in becoming mechanics. The analytical method used is descriptive correlational. This research involved 109 students, with a sample taken of 53 students using stratified random sampling techniques. The author uses Taro Yamane's formula to decide the sample size. Students were given a questionnaire for Class XII Automotive Engineering for data collection, which contained questions about the contribution of their internship experience to their interest in becoming a mechanic. The results of the study reveal that internship experience has a significant provide contribution on student readiness at SMK Negeri 1 Guguk, at a figure of 0.000 which is smaller than 0.05. This reveals that practical work experience significantly contribute to the students' interest in becoming mechanics at SMK Negeri 1 Guguk.

References

M. ANAS GHOZALI and D. RIANDADARI, “Hubungan Prestasi Praktik Kerja Industri Terhadap Minat Bekerja Menjadi Mekanik Pada Siswa Kelas Xii Tkr Smk Negeri 1 Pungging Mojokerto,” J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 7, no. 2, 2018.

W. Ismail, Hasan Maksum, M.Nasir, “Hubungan Minat Mekanik Otomotif dengan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Lintau Buo The Relationship Between Automotive Mechanic Interest and Student Learning Outcomes at SMK Negeri 1 Lintau Buo,” pp. 125–132, 2023.

S. Suhandi, W. Wiguna, and I. Quraysin, “Dinamika Permasalahan Ketenagakerjaan Dan Pengangguran Di Indonesia,” J. Valuasi J. Ilm. Ilmu Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 1, pp. 268–283, 2021, doi: 10.46306/vls.v1i1.28.

S. Ramadhan, “Hubungan Prestasi Praktik Kerja Industri Terhadap Minat Bekerja Menjadi Mekanik Pada Siswa Kelas Xii Tkr Smk Negeri 1 Sidoarjo,” J. Pendidik. Tek. Mesin UNESA, vol. 5, no. 02, p. 250492, 2016.

M. F. Ardiansyah, D. S. Putra, H. D. Saputra, and A. Arif, “Pengaruh Peran Guru Kejuruan TKR Terhadap Kesiapan Prakerin Siswa Kelas XI Jurusan TKR SMK Negeri 2 Payakumbuh The Influence of the Role of TKR Vocational Teachers on the Practical Readiness of Class XI Students of the TKR Department at SMK Negeri 2 Payak,” pp. 175–186, 2024.

R. Valentio, D. Fernandez, and Y. Efrizal, “MSI Transaction on Education Kontribusi Minat Menjadi Mekanik Otomotif Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Di SMKN 1 Padang MSI Transaction on Education,” vol. 4, no. 3, pp. 113–122, 2023.

R. Hidayat, N. Hidayat, and M. Y. Setiawan, “MSI Transaction on Education Kontribusi Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa di SMKN 2 Payakumbuh MSI Transaction on Education,” vol. 5, no. 1, pp. 21–28, 2024.

A. F. Noveli, H. Maksum, M. Nasir, and N. Hidayat, “Analisis Minat Siswa Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi Dalam Hubungannya dengan Motivasi Belajar dan Pendapatan Orang Tua Analysis of the Relationship Between Learning Motivation and Parents ’ Income with Students ’ Interest in Continuing Study at Hig,” pp. 217–226, 2023.

A. Candra, H. D. Saputra, M. Nasir, and N. Hidayat, “Hubungan Kecukupan Peralatan Praktik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Kelas XI TBSM SMK Negeri 1 Sumatera Barat The Relationship between Practice Equipment Sufficiency to Learning Motivation of Stud,” no. April, pp. 241–250, 2023.

Djaali, Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

Y. Fenandes, H. Maksum, W. Purwanto, and E. Indrawan, “Kontribusi Kreativitas dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Siswa Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan,” Mimb. Ilmu, vol. 26, no. 1, p. 39, 2021, doi: 10.23887/mi.v26i1.31337.

Sugiyono, No Title. Bandung: Alfabeta, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

M. Mulyanto, H. Maksum, and E. Indrawan, “Kontribusi Disiplin Belajar, Efikasi Diri dan Iklim Sekolah Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa,” J. Imiah Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 5, no. 1, p. 85, 2021, doi: 10.23887/jipp.v5i1.31491.

T. Rahmadona, H. Maksum, E. Indrawan, and D. Yuvenda, “Kontribusi Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Ranah Batahan,” J. Ilm. Pendidik. Profesi Guru, vol. 4, no. 3, pp. 447–456, 2021, doi: 10.23887/jippg.v4i3.38647.

D. F. Krisna Pranata, Hasan Maksum, “Hubungan konsep diri dengan hasil belajar mata pelajaran gambar teknik otomotif peserta didik kelas x kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif di smk negeri 2 lubuk basung,” 2018.

A. Arif et al., “The Effect of Guidance and Counselling Role on Job Readiness of Vocational School Students Pengaruh Peranan Bimbingan dan Konseling Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Abstrak,” vol. 21, no. 2, 2023.

Downloads

Published

2024-08-23

How to Cite

Aulia, F., Hidayat, N., Maksum, H., & Wagino. (2024). Kontribusi Pengalaman Praktek Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Minat Menjadi Mekanik Kelas XII Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Guguk. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(4), 437–448. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.226

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>