Implementasi Pendidikan Di SMK Negeri 3 Kota Solok: Tinjauan Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka, Teaching Factory dan Prakerin

Authors

  • Hufa Weno Artha Universitas Negeri Padang
  • Ilham Universitas Negeri Padang
  • Ermy Rizki Barokah Universitas Negeri Padang
  • Nizwardi Jalinus Universitas Negeri Padang
  • Waskito Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i2.160

Keywords:

Implementasi, Kurikulum Merdeka, Teaching Factory, Praktek Kerja Industri, SMK Negeri 3 Kota Solok

Abstract

SMK Negeri 3 Kota Solok telah mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka, pelaksanaan teaching factory (TeFa) dan praktek kerja industri (Prakerin) di SMK Pusat Keunggulan tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data triangulasi. Berdasarkan hasil analisa data didapatkan bahwa bentuk implementasi kurikulum merdeka mulai dari capaian pembelajaran per fase sesuai kompetensi siswa, penilaian secara formatif dan sumatif serta adanya uji kompetensi untuk perolehan sertifikasi kompetensi siswa. Pelaksanaan TeFa bekerjasama dengan DU/DI berupa instruktur dari DU/DI datang 2x/bulan. Untuk pelaksanaan prakerin, dilaksanakan selama 1 semester. Pelaksanaan TeFa dan Prakerin sudah disesuaikan dengan pedoman dan aturan merdeka belajar.

SMK Negeri 3 Kota Solok has implemented the independent curriculum. This research aims to investigate the implementation of the independent curriculum, the execution of Teaching Factory (TeFa), and the industrial work practice (Prakerin) at the Center of Excellence Vocational High School. The research method used is qualitative descriptive. Data collection techniques were carried out through observation, interviews, and documentation, with data analysis using triangulation techniques. Based on the data analysis results, it was found that the implementation of the independent curriculum takes the form of achievement of learning per phase according to student competencies, both formative and summative assessments, as well as competency certification tests for students. The TeFa implementation collaborates with work places (DU/DI), with instructors from DU/DI coming twice a month. Prakerin implementation lasts for one semester. The TeFa and Prakerin implementations have been adjusted according to the guidelines and regulations of independent learning.

References

L. Leni, “Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajarpada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan,” Sentikjar, vol. 1, no. 1, hlm. 38–49, 2022, doi: https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829.

S. Mujab, A. T. R. Rosa, dan W. S. Gumelar, “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu),” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 5, no. 1, hlm. 1538–1545, 2023.

Sarah, Baidar, dan Elida, “Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kesehatan, Keselamatan Kerja (K3) Dan Higiene Sanitasi Dengan Menggunakan Media Power Point Di SMK Negeri 3 Kota Solok,” A Social Sciences Journal, vol. 8, no. 1, hlm. 3–19, 2015.

N. Setiawan dan H. Sofyan, “Implementasi kurikukum merdeka belajar di SMK Pusat Keunggulan,” Taman Vokasi, vol. 10, no. 1, hlm. 31–37, 2022, doi: 10.30738/jtvok.v10i1.12114.

I. Sumarsih, T. Marliyani, Y. Hadiyansah, A. H. Hernawan, dan P. Prihantini, “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar,” basicedu, vol. 6, no. 5, hlm. 8248–8258, Jul 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3216.

I. Muslimin, “Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus di Madrasah Se-Jawa Timur,” J. Adm. Pend. Is, vol. 5, no. 1, hlm. 43–57, Mar 2023, doi: 10.15642/japi.2023.5.1.43-57.

I. Supriyantoko, A. Jaya, V. Kurnia, dan P. G. S. Habiba, “Evaluasi Implementasi Kebijakan Teaching Factory dengan Model Evaluasi CIPP di SMK Negeri DKI Jakarta,” JVTE Unesa, vol. 2, no. 2, hlm. 1–10, Okt 2020, doi: 10.26740/jvte.v2n2.p1-10.

Metri Puspitasari dan Finisica Patrikha, “Evaluasi Program Prakerin di Sekolah SMK Negeri 2 Kediri,” jptn, vol. 9, no. 2, Agu 2021, doi: 10.26740/jptn.v9n2.p1265-1271.

R. A. M, H. Nur, dan A. Arfandi, “Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan di Kota Sorong,” Prosiding Seminar Nasional UNM, vol. 1, hlm. 412–416, 2023.

D. Lutfiana, “Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponegoro Banyuputih,” VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, vol. 2, no. 4, hlm. 310–319, 2022, doi: 10.51878/vocational.v2i4.1752.

Lidiawati, I. Lastriyani, U. Gunawan, Berliana, dan I. F. Fitriyani, Kurikulum Merdeka Belajar: Analisis, Implementasi, Pengelolaan dan Evaluasi. Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2023.

Subdit Kurikulum Kemendikbud RI, Panduan Pelaksanaan Teaching Factory. Jakarta: Kemdikbud RI, 2019.

Subdit Kurikulum Kemendikbud RI, Panduan Pengembangan Teaching Factory. Jakarta: Kemdikbud RI, 2019.

U. P. Anggraini dan M. A. Satria, “Implementasi Pembelajaran Sistem Blok Merdeka Belajar Pada SMKN 1 Cilegon,” Journal Innovation in Education (INOVED), vol. 1, no. 3, hlm. 91–99, 2023, doi: https://doi.org/10.59841/inoved.v1i3.607.

Amiruddin, M. Hasim, W. Setialaksana, Aminuddin, dan N. F. Umar, “PKM Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada SMK 1,” Vokatek, vol. 1, no. 3, hlm. 310–315, 2023.

N. Rahmatullah, A. P. Dharma, D. A. W. Safitri, dan I. Kurnia, Panduan Praktik Kerja Lapangan sebagai Mata Pelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbudristek RI, 2023.

Yulistiana Potutu, Siti Nuraini Kadir Akili, dan Sri Mei Yulanda Assagaf, “Implementasi Praktik Kerja Lapangan Sebagai Mata Pelajaran Dalam Kurikulum Merdeka,” Jurnal Normalita, vol. 11, no. 2, hlm. 330–344, 2023.

Z. Zaenab, H. Yanto, I. Hidayah, dan S. E. Pramono, “Peran Pemerintah Bersama DUDI dalam Implementasi Merdeka Belajar pada Pendidikan Vokasi SMKN 4 Gowa,” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), vol. 5, no. 1, hlm. 1229–1235, 2022.

U. Sidiq dan M. M. Choiri, Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya, 2019.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Artha, H. W., Ilham, Barokah, E. R., Jalinus, N., & Waskito. (2024). Implementasi Pendidikan Di SMK Negeri 3 Kota Solok: Tinjauan Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka, Teaching Factory dan Prakerin. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(2), 251–262. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i2.160