Optimasi Variasi Rasio Kompresi, Derajat Pengapian, Busi Dan Biogasoline Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor Dengan Metode Taguchi

Authors

  • Riko Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wawan Purwanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Arif Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M. Yasep Setiawan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.224

Keywords:

Biogasoline, Rasio Kompresi, Emisi Gas Buang, Derajat Pengapian, Busi

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi performa mesin sepeda motor injeksi 4 langkah menggunakan variasi rasio kompresi, derajat pengapian, busi, dan biogasoline. Pengujian dilakukan dengan variasi rasio kompresi, waktu pengapian, dan jenis busi untuk menentukan tingkat emisi HC dan CO yang optimal. Metode Taguchi digunakan dalam penelitian ini pada mesin Yamaha Vega ZR 2010 yang telah dimodifikasi dengan EFI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi optimal untuk emisi hidrokarbon adalah biogasoline E70, rasio kompresi 16,1:1, derajat pengapian +4°, dan busi nikel. Sedangkan untuk emisi karbon monoksida, kombinasi optimalnya adalah biogasoline E70, rasio kompresi 15,6:1, derajat pengapian +4°, dan busi platinum. Hasil pengujian verifikasi menunjukkan bahwa kombinasi optimal untuk emisi karbon monoksida lebih disarankan karena nilai total error yang lebih rendah.

This study evaluates the performance of a four-stroke motorcycle engine using variations in compression ratio, ignition timing, spark plugs, and biogasoline. The tests were conducted with variations in compression ratio, ignition timing, and spark plug types to determine the optimal levels of HC and CO emissions. The Taguchi method was used in this study on a 2010 Yamaha Vega ZR engine modified with EFI. The results showed that the optimal combination for hydrocarbon emissions was biogasoline E70, a compression ratio of 16.1:1, ignition timing of +4°, and nickel spark plugs. For carbon monoxide emissions, the optimal combination was biogasoline E70, a compression ratio of 15.6:1, ignition timing of +4°, and platinum spark plugs. The result of verification indicated that the optimal combination for carbon monoxide emissions is more recommended due to a lower total error value.

References

Renno, F., “Studi Eksperimen Pengaruh Rasio Kompresi Dan Durasi Penginjeksian Bahan Bakar Terhadap Unjuk Kerja Dan Emisi Gas Buang Engine Honda Cb150r Berbahan Bakar Bioetanol E100,” ITS Repository, 2016.

Suhaimi, M. Y, “Pengaruh Mapping Ecu Racing BRT Vega ZR Modifikasi Injeksi Terhadap Torsi Dan Daya Dengan Variasi Injection Timing dan Ignition Timing,” Universitas Negeri Padang, 2022.

Chaniago, I. P., Purwanto, W., & Arif, A, “Optimasi Sistem Pengapian terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Langkah dengan Metode Taguchi,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol 1, no. 2, pp 181-190, 2023.

Satibi, Loekman., Purnawan,Irfan., & Nazifah.Lisa. Mesin Penggerak Utama (Primer Mover) .Yogyakarta: Graha Ilmu, 2016.

Muku, I D. M., & Sukadana, I G. K., “Pengaruh Rasio Kompresi Terhadap Unjuk Kerja Mesin Empat Langkah Menggunakan Arak Bali Sebagai Bahan Bakar,” Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Cakram, vol. 3, no. 1, pp. 26-32, 2009.

Jama, J., & Wagino, Teknologi Sepeda Motor Jilid 2, 2008.

Kbarek, T., & Riupassa, H. "Pengaruh Perubahan Derajat Pengapian terhadap Emisi Gas Buang Motor Bensin Berbahan Bakar Bioethanol". Jurnal Voering Vol. 5 No. 2, Hlm. 71-75, 2020.

Sugiyanto, D., “Pengaruh Variasi Jenis Busi Dan Campuran Bensin Methanol Terhadap Kinerja Motor 4 Langkah,” Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta, vol. 3, no. 1, pp. 8, 2014.

Budiyono, B., & Mahfudin, A. E. Perbandingan Busi Standar Dengan Busi Platinum Pada Sepeda Motor Honda Cb 150 Terhadap Power Dan Konsumsi Baha Bakar Dengan Variasi Celah Busi. Surya Teknika, 1-5, 2018.

Khairi, R., Maksum, H., & Martias.,"Pengaruh Penggunaan Campuran Bahan Bakar Premium-ethanol Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang pada Motor Bensin Empat Langkah". Automotive Engineering Education Journals Vol. 2 No.2, 2013.

Purwanto, W., Afif, F., Lapisa, R., Yuvenda, D., Setiawan, M. Y., & Saputra, H. D. "Optimasi Penggunaan Jenis Busi, Oli, dan Campuran Ethanol Bensin terhadap Peningkatan Suhu dan Jarak Tempuh Sepeda Motor 4 Langkah dengan Metode Taguchi". AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Volume: 3 Number: 2, Hlm. 79-92, 2022.

Amin, Bahrul & Ismet, Faisal, Teknologi Motor Bensin, 2016.

Nugraheni, I. K., & Haryadi, R., “Pengujian Emisi Gas Buang Motor Bensin Empat Tak Satu Silinder Menggunakan Campuran Bahan Bakar Premium dan Ethanol,” Jurnal Elemen, vol. 4, no. 1, pp. 22-28, 2017.

Setyanto, N. W., & Lukodono, R. P., Teori dan Aplikasi Desain Eksperimen Taguchi, 2017.

Yansah. W. D. V., “Rancang Bangun Sistem Injeksi Sepeda Motor Yamaha Vega ZR Kaburator”, Universitas Negeri Padang, 2022.

Pratama Saputra, A., Purwanto, W., Wagino, & Setiawan, M. Y. “Optimasi Penerapan Nano Spray Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Langkah Modifikasi Injeksi Dengan Metode Taguchi”. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 67–76, 2023.

Herlando, Purwanto, W., Setiawan, M. Y., & Milana. “Optimasi Cairan Water Injection dalam Menurunkan Emisi Gas Buang Sepeda Motor dengan Metode Taguchi”. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol 2, no.1, pp. 101–108, 2023.

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Saputra, R., Purwanto, W., Arif, A., & Setiawan, M. Y. (2024). Optimasi Variasi Rasio Kompresi, Derajat Pengapian, Busi Dan Biogasoline Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor Dengan Metode Taguchi. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(4), 459–470. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.224

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>