Kontribusi Pembimbing di Industri Terhadap Keberhasilan Kegiatan PLI Mahasiswa Teknik Otomotif UNP

Authors

  • Yusril Putra Jasman Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Milana Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Donny Fernandez Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Arif Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i3.195

Keywords:

Kontribusi Pembimbing, Industri, PLI

Abstract

Pembimbing memiliki peran dalam membantu mahasiswa PLI meningkatkan kemampuan,pengetahuan dan sikap di industri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar kontribusi pembimbing di industri terhadap keberhasilan kegiatan PLI mahasiswa Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif jenis korelasional. Populasi pada penelitian ini ada 60 orang mahasiswa Teknik Otomotif UNP, seluruh populasi dijadikan sampel penelitian dengan rumus total sampling. Teknik pengambilan data melalui angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, uji koefisien korelasi, uji t, dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi pembimbing industri terhadap keberhasilan kegiatan PLI memiliki hubungan yang positif dan memiliki kontribusi sebesar 56,7%, yang berarti memiliki hubungan yang cukup kuat dalam membantu kegiatan PLI.

Supervisors have a role in helping PLI students improve their skills, knowledge and attitudes in industry. This research aims to see how big the contribution of supervisors in industry is to the success of PLI activities for Automotive Engineering students at Padang State University. The method used in this research is a correlational quantitative method. The population in this study was 60 UNP Automotive Engineering students, the entire population was used as a research sample using the total sampling formula. Data collection techniques use by questionnaire,  while data analysis techniques use simple linear regression tests, correlation coefficient tests, t tests, and determinant coefficient tests. The research results show that the contribution of industrial supervisors to the success of PLI activities has a positive relationship and has a contribution of 56.7%, which means they have a fairly strong relationship in helping PLI activities.

References

D. Hasnawi, Haris, in Petunjuk teknis magang/praktik kerja merdeka belajar kampus merdeka Universitas Negeri Makasar, Makasar: UNM, 2021.

M. Kamil, in Model pendidikan dan pelatihan, Bandung: Alfabeta, 2010.

I. Fatah, “Eksplorasi dukungan industri mitra dalam pelaksanaan magang pada program merdeka belajar kampus merdeka,” Pros. Semin. Nas. Teknol. pembelajaran Univ. Negeri Malang.

M. Ahmad, H, Kaitan Pelaks. pengalaman lapangan Ind. terhadap kesiapan memasuki dunia kerja pada Mhs. Jur. Tek. otomotif, 2021.

M. Wena, Strategi pembelajaran inovatif kontemporer suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi aksara, 2011.

F. Syahroni, “Persepsi siswa terhadap manfaat pelaksanaan praktek kerja industri di SMK N 1 Lembah Gumanti,” J. Adm. Pendidik., vol. 2, pp. 279–931, 2014.

H. Dava, Wawan, Wakhinuddin, “Kontribusi Praktik Kerja Industri Menjadi Minat Peserta Didik Terhadap Jurusan Teknologi Alat Berat,” J. Teknol. dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 01, 2023.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta, 2015. [Online]. Available: Gramedia Pustaka Utama

P. R. Indonesia, “Undang-Undang tentang perindustrian,” Jakarta, 1984, p. LN 1984/22: TLN NO.3274.

U. H. Industri, Panduan pengalaman lapangan industri dan praktik magang mahasiswa fakultas teknik universitas negeri padang. Padang, 2020.

A. Hartaji, D, Motivasi berprestasi pada mahasiswa yang berkuliah dengan jurusan pilihan orang tua. Jakarta: Universitas Gunadarma, 2012.

et al Mars, “Effective coverage measurement in maternal, newborn, child, and adolescent healt,” 2020.

A. & Rahmayanti, “Evaluasi program pelaksanaan kegiatan praktek lapangan (PKL) program keahliah teknik furnitur pada SMK Negeri DI DKI Jakarta,” JPTV, vol. 3(2), pp. 60–70, 2020.

H. & Surnanto, “Manajemen dan evaluasi program praktik kerja lapangan di SMK Negeri 2 Kebumen,” Media Manaj. Pendidik., vol. 3(3), pp. 438–447, 2021.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

M. I. S. Donny Fernandez, “Hubungan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Bagi Siswa Kelas XII Kompetensi Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Bukittinggi,” 2019.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Putra Jasman, Y., Milana, Fernandez, D., & Arif, A. (2024). Kontribusi Pembimbing di Industri Terhadap Keberhasilan Kegiatan PLI Mahasiswa Teknik Otomotif UNP. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(3), 347–354. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i3.195