Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI TKRO SMKN 5 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i3.177Keywords:
Analisis Soal Ujian, Kesukaran Soal, Daya PembedaAbstract
Penelitian ini membahas tentang analisis kualitas soal ujian akhir semester genap pada mata pelajaran PKKR di SMKN 5 Padang tahun ajran 2021/2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal ujian akhir semester genap pada mata pelajaran PKKR pada kelas XI TKRO di SMKN 5 Padang tahun ajaran 2021/2022 dilihat dari segi materi, konstruksi dan bahasa serta dilihat dari segi validasi, tingkat kesukaran, daya pembeda dan fungsi pengecoh. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kombinasi yang menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO SMKN 5 Padang sebanyak 50 siswa, dimana yang akan menjadi objek penelitian adalah soal ujian akhir semester genap mata pelajaran PKKR. Hasil penelitian dari segi kualitatif mendapatkan kategori baik di bidang bahasa dan materi. Dari segi kuantitatif didapat kesimpulan 12 butir soal sangat baik dapat disimpan di bank soal, 13 butir soal revisi sesuai dengan kelemahan soal dan 5 sebaiknya diganti soal baru.
This research discusses the analysis of the quality of final even semester exam questions in the PKKR subject at SMKN 5 Padang for the 2021/2022 academic year. The aim of this research is to determine the quality of the final even semester exam questions in the PKKR subject in class and distractor function. This type of research is a combination research that uses quantitative and qualitative methods. The sample from this research was 50 students in class The results of the research from a qualitative perspective received good categories in the fields of language and material. From a quantitative perspective, it was concluded that 12 questions were very good and could be stored in the question bank, 13 questions were revised according to the weaknesses of the questions and 5 questions should be replaced with new questions.
References
A. Iskandar and M. Rizal, “ANALISIS KUALITAS SOAL DI PERGURUAN TINGGI BERBASIS APLIKASI TAP,” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, vol. 22, no. 1, 2018.
N. F. R. Liesfi, “ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN TEORI KEJURUAN AKUNTANSI”.
H. D. Saputra, S. Anori, D. Fernandez, and D. Setiawan, “Analysis of student’s learning outcomes test questions Department of Automotive Engineering FT UNP,” INVOTEK, vol. 22, no. 1, pp. 21–28, May 2022, doi: 10.24036/invotek.v22i1.964.
A. Muluki and P. Bundu, “Analisis Kualitas Butir Tes Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas IV Mi Radhiatul Adawiyah,” vol. 4, no. 1, 2020.
M. Fitrianawati, “PERAN ANALISIS BUTIR SOAL GUNA MENINGKATKAN KUALITAS BUTIR SOAL, KOMPETENSI GURU DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK.”.
H. D. Saputra, W. Purwanto, D. Setiawan, D. Fernandez, and R. Putra, “HASIL BELAJAR MAHASISWA: ANALISIS BUTIR SOAL TES,” vol. 20, p. 14, 2022.
D. Hardianti and D. Desmayanasari, “ANALISIS BUTIR SOAL TES KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI SEGIEMPAT,” vol. 1, p. 11, 2019.
A. Kadir, “Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar,” vol. 8, no. 2, p. 12, 2015.
S. R. Ariyanto and R. A. Trisna, “ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL TIPE HOTS PADA KOMPETENSI SISTEM REM SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 17, no. 1, 2020.
H. D. Saputra, T. Sugiarto, W. Purwanto, F. H. Afifi, F. Hidayat, and E. Alwi, “The Effectiveness of the Problem Solving Learning Model in Improving Vocational High School Students’ Learning Outcomes,” vol. 3, no. 2, 2022.
“17351-54541-2-PB.pdf.”
L. Yuliantaningrum and T. Sunarti, “PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HOTS UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, BERPIKIR KREATIF, DAN PEMECAHAN MASALAH MATERI GERAK LURUS PADA PESERTA DIDIK SMA,” vol. 09, no. 02, 2020.
H. D. Saputra, W. Purwanto, T. Sugiarto, F. Zaharbaini, A. Arif, and F. Hidayat, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan,” J Educ, vol. 20, no. 2, pp. 273–286, Dec. 2022, doi: 10.31571/edukasi.v20i2.4470.
H. D. Saputra, F. Ismet, and A. Andrizal, “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK,” INVOTEK, vol. 18, no. 1, pp. 25–30, Apr. 2018, doi: 10.24036/invotek.v18i1.168.
L. Trianingsih, “Analisis Kualitas Tes dan Butir Soal Integral pada Evaluasi Formatif Matematika Teknik,” 2023.
M. Berkah, “ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN AQIDAH KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH AHMAD DAHLAN METRO TAHUN PELAJARAN 2018/2019”.
N. S. Worabay and L. Mahardiani, “ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GENAP MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SMA N 1 BOBOTSARI TAHUN AJARAN 2019/2020,” Jurnal Pendidikan Kimia, vol. 11, no. 2, 2022.
Sugiyono, Metode penelitian pendidikan. Aflabeta, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ari Ardiansyah, Andrizal, Milana, Hendra Dani Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.