Pengembangan Video Pembelajaran Peralatan Servis Pada Mata Kuliah Teknik Pengkondisian Udara di Departemen Teknik Otomotif

Authors

  • Egi Suherman Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Andrizal Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Irma Yulia Basri Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rifdarmon Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.192

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Valid dan Praktis

Abstract

Mahasiswa kesulitan memahami informasi yang disajikan pada saat perkuliahan, karena diajarkan melalui metode ceramah dan kurang menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat video pembelajaran sebagai salah satu bentuk media yang dapat membantu mahasiswa belajar lebih efisien. Penelitian ini menggunakan metode R & D dengan menerapkan model 4-D (define, design, development and disseminate). Hasil pengujian menunjukkan video pembelajaran merupakan pilihan yang baik dan cocok untuk digunakan pada proses pembelajaran. Hal ini diperkuat dengan hasil verifikasi dari validator materi dengan skor 90,65% pada kriteria sangat valid dan validator media dengan skor 86,6% pada kriteria valid. Selain itu, uji praktikalitas juga memberikan mahasiswa dengan nilai 91,70% pada kriteria sangat praktis. Video pembelajaran yang dihasilkan dapat dikategorikan layak dan bermanfaat untuk digunakan dalam dunia pendidikan.

Students have difficulty understanding the information presented during lectures because it is taught through the lecture method and does not use enough learning media. The aim of this research is to create learning videos as a form of media that can help students learn more efficiently. This research uses the R & D method by applying the 4-D model (define, design, development and disseminate). The test results show that learning videos are a good choice and suitable for use in the learning process. This is reinforced by the verification results from material validators with a score of 90.65% in the very valid criteria and media validators with a score of 86.6% in the valid criteria. Apart from that, the practicality test also gave students a score of 91.70% in the very practical criteria. The resulting learning videos can be categorized as useful for use in the world of education.

References

Yulia Basri, I., Jalinus, N. and Islami, S. (2022), “JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional) Rancang Bangun Video Pembelajaran Kapasitor Pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika”, Vol. 8 No. 2, pp. 476–483.

Arsyad, Azhar.2009. Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada Borg, W. R. dan Ga

Hernando, F., Yulia Basri, I., Alwi, E. and Purwanto, W. (2022), “Pembuatan Video Pembelajaran Praktikum Pada Mata Pelajaran Listrik Elektronika”, Research in Education and Technology (Regy), Vol. 1 No. 1, pp. 68–75.

Kustandi, Cecep dkk. 2011. Media Pembelajaran: Manual Dan Digital. Bandung: Ghalia Indonesia

Handoko, A. (2021), “Pemanfaatan Kinemaster Sebagai Aplikasi Pembuatan Iklan Video Bagi Pengelola Dan Pendidik PKMB Arif Handoko”, Jurnal Desain: Kajian Bidang Penelitian Desain, Vol. 1 No. 1, pp. 14–24.

Krismauf. (2021). “Penggunaan Aplikasi KineMaster dalam Pembelajaran Pembacaan dan Pemusikalisasi Puisi Mahasiswa Kelas X SMA Waskito”, Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah, Uin Syarif Hidayatullah, Jakarta

Marleni, L., Sari, N. and Asilestari, P. (2021), “Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru di SD IT XIII Koto Kampar”, Laporan Hasil Pengabdian Masyarakat.

Mulyani, D.K. (2022), “Aplikasi Kinemaster sebagai MediaPembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”, Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1 No. 1, pp. 1–27.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yelvita, F.S. (2022), “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Mahasiswa SMP Kelas VIII”, Jurnal, No. 8.5.2017, pp. 2003–2005.

Riduwan. 2012. Pengantar Statitika Untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sadiman,Arif dkk. 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan

Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Setyosari

Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana

Basri, I.Y., Giatman, M., Shah, N. and Hernando, F. (2023), Design of Semiconductor Diode Learning Video, Atlantis Press SARL, available at:https://doi.org/10.2991/978-2-38476-050-3_12.

Daryanto.2010. Media pembelajaran. Bandung: Satu Nusa

Downloads

Published

2024-09-05

How to Cite

Suherman, E., Andrizal, Yulia Basri, I., & Rifdarmon. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Peralatan Servis Pada Mata Kuliah Teknik Pengkondisian Udara di Departemen Teknik Otomotif. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(4), 501–508. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.192