Analisis Penggunaan Busi Standard, Platinum, dan Iridium Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Scoopy PGM-FI 2020

Authors

  • Muhammad Fikri Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wawan Purwanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Muslim Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rifdarmon Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i3.173

Keywords:

Emisi Gas Buang, Busi, Scoopy PGM-FI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi akibat adanya dampak negatif dari peningkatan penggunaan kendaraan bermotor yaitu masalah keamanan, polusi, kemacetan, emisi, penggunaan energi dan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa penggunaan busi standard, platinum, dan iridium terhadap emisi gas buang sepeda motor Scoopy PGM-FI 2020. Jenis penelitian eksperimen. Objek Penelitian yaitu Scoopy PGM-FI 2020. Instrumen penelitian yaitu tachometer dan gas analyzer. Teknik analisis data yaitu analisis persentase. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penggunaan jenis busi platinum lebih baik untuk mengurangi kadar emisi gas buang, dengan analisis perbandingan dengan busi standard yaitu dengan kisaran rata-rata hasil CO yaitu 0.15% - 0,20%, dan rata-rata hasil CO₂ yaitu  3,9% - 6.4%, lalu untuk kadar HC dengan rata-rata yaitu 67 – 81 ppm. Kesimpulannya yaitu bahwasannya pemakaian jenis busi platinum yang mampu menurunkan kadar dari emisi gas buang baik dari CO, CO₂, maupun HC daripada penggunaan jenis busi standar ataupun iridium. 

This research is motivated by the negative impacts of increasing use of motorized vehicles, namely safety issues, pollution, congestion, emissions, energy use and others. The aim of this research is to analyze the use of standard, platinum and iridium spark plugs on the exhaust gas emissions of the 2020 Scoopy PGM-FI motorbike. This type of research is experimental. The research object is the Scoopy PGM-FI 2020. The research instruments are the Tachometer and Gas Analyzer. The data analysis technique is percentage analysis. The research results showed that the use of platinum spark plugs is better for reducing exhaust gas emission levels, with a comparative analysis with standard spark plugs, namely with an average CO yield range of 0.15% - 0.20%, and an average CO₂ yield of 3. 9% - 6.4%, then for HC levels the average is 67 – 81 ppm. The conclusion is that the use of platinum spark plugs is able to reduce levels of exhaust emissions from both CO, CO₂, and HC compared to the use of standard or Iridium spark plugs.

References

WHO, “World Health Statistics,” Ganeva, 2018.

Databoks., “Badan Pusat Statistik Kendaraan.Jumlah Kendaraan Tahun 2020” 2020.

Kuriawan, H, “Pengaruh Penggunaan Busi Standar, Busi Racing, dan Busi Iridium Terhadap Kinerja Mesin Sepeda Motor 4 Langkah 110CC Pada Berbagai Tekanan Kompresi.,” J. Skripsi Jur. Tek. Mesin Univ. Negeri Malang, 2016.

Rachmadhi, S., Martias, M., & Fernandez, D., “Pengaruh Jarak Kerenggangan Celah Elektroda Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor4 Tak,” Automot. Eng. Educ. J., vol. 1, no. 2, 2014.

Prayogi, Yoga, “Pengaruh Penggunaan Busi Standar, Dan Busi Iridium Terhadap Daya Dan Torsi Pada MesinYamaha Force One,” 2023.

Rizky Fajri & Nasir M., “Analisis Penggunaan Variasi Busi Multi ground Elektroda Terhadap Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor Yamaha Nmax 155 cc.,” JTVPI, vol. 1, no. 3, 2023.

Jailani, A., “Evaluasi Performa Mesin dan Tipe Penggerak Kaitannya dengan Performa Mesin, Konsumsi Bahan Bakar, dan Emisi Mesin pada Sedan Honda Beat 110cc. Sekolah Teknologi Wastukancana Purwakarta,” Sekol. Teknol. Wastukancana Purwakarta Program Studi Tek. Mesin Strat. Pertama Program, 2019.

Mangesa, Daud Pulo, “Pengaruh Penggunaan Busi NGK Platinum C7hvx Terhadap Unjuk Kerja dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Empat Langkah 110cc,” J. Cakram, vol. 3, no. 1, hlm. 77–86, 2009.

Budiyono, B., & Mahfudin, A. E., “Perbandingan Busi Standar dengan Busi Platinum pada Sepeda Motor Honda CB 150 terhadap Power dan Konsumsi Bahan Bakar dengan Variasi Celah Busi,” Surya Tek. J. Ilm. Tek. Mesin, vol. 3, no. 1, 2018.

Jama, Jalius. dan Wagino, Teknik Sepeda Motor jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2008.

W. Purwanto, F. Afif, R. Lapisa, D. Yuvenda, M. Setiawan, and H. Saputra, “Optimasi Penggunaan Jenis Busi, Oli, Dan Campuran Ethanol Bensin Terhadap Peningkatan Suhu Dan Jarak Tempuh Sepeda Motor 4 Langkah Dengan Metode Taguchi”, AEEJ : Journal of

Automotive Engineering and Vocational Education, vol. 3, no. 2, pp. 79-92, Dec. 2022.

Halderman, James., Automotif Tecknologi Principle, Diagnosis, and Service”. Prentice Hall.: fourth edition, 2012.

Ellyanie., “Pengaruh penggunaan three-way catalytic converter terhadap emisi gas buang pada kendaraan toyota kijang innova.,” Pros. Semin. Nas. Avoer, hlm. 437-445., 2011.

Ghurri, Ainul, Pedoman Praktikum Emisi Gas Buang. Denpasar: Labolatorium Pembakaran dan Motor Bakar Teknik Mesin-Universitas Udayana., 2016.

S. Arikunto, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,” dalam Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2012, hlm. 198.

Sarwono, J., Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif., 2 ed. Semarang: Suluh Media, 2018.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Fikri, M., Purwanto, W., Muslim, & Rifdarmon. (2024). Analisis Penggunaan Busi Standard, Platinum, dan Iridium Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Scoopy PGM-FI 2020. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(3), 337–346. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i3.173