Analisis Penggantian Throttle Body Terhadap Performa dan Konsumsi Bahan Bakar Mesin Sepeda Motor Honda CB150R

Authors

  • Nindito Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wagino Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Toto Sugiarto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Muslim Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.84

Keywords:

Throttle body, daya dan torsi, konsumsi bahan bakar

Abstract

Pada saat ini banyak masyarakat pemakai sepeda motor belum puas akan performa kendaraan mereka saat berakselerasi.  Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggantian throttle body terhadap daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan sepeda motor. Objek penelitian ini  adalah sepeda motor Honda CB150R tahun 2018. Penelitian ini memakai metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, jenis deskriptif. Instrument pengujian daya dan torsi memakai alat dynamometer dan pengujian konsumsi bahan bakar dengan alat gelas buret. Hasil penelitian pada throttle body racing terdapat peningkatan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar, daya meningkat 10.63 % dengan selisih 1.72 hp pada rpm 9000, torsi meningkat 1.19 % dengan selisih 0.16 Nm pada rpm 7000 dan konsumsi bahan bakar meningkat 2.98 % dengan selisih 1.18 Km/L, sehingga jarak tempuh yang dihasilkan lebih pendek dibandingkan dengan menggunakan throttle body standar.    

Currently, many motorcycle owners are dissatisfied with their vehicle's acceleration performance. This study aims to examine the effect of replacing the throttle body on the horsepower, torque, and gasoline consumption of motorcycles. This study focuses on the 2018 Honda CB150R motorcycle. This study employs an experimental methodology with a quantitative, descriptive approach. A dynamometer is utilized for testing power and torque, while a glass burette is utilized for testing fuel consumption. According to research on throttle body racing, there is an increase in power, torque, and fuel consumption. Specifically, power increases 10.63% with a difference of 1.72 horsepower at 9000 rpm, torque increases 1.19% with a difference of 0.16 Newton-meters at 7000 rpm, and fuel consumption increases 2.98% with a difference of 1.18 kilometers per liter, so the resulting mileage is less than when using a standard throttle body.

References

Bahrul Amin, S. T., & Ismet, F. (2016). Teknologi Motor Bensin. Kencana.

Sutantra, I. N. (2001). Teknologi Otomotif Teori dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya.

Hetharia, M. (2012). Analisa Pengaruh Kapasitas O2 Untuk Campuran Bahan Bakar Terhadap Prestasi Mesin Diesel. Arika, 6(1), 19-26.

P. Kristanto, (2015). “Motor Bakar Torak (Teori dan Aplikasinya),” Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Fatkhuniam, A., Wijaya, M. B. R., & Septiyanto, A. (2018). Perbandingan Penggunaan Filter O2 Standar dan Racing Terhadap Performa dan Emisi Gas Buang Mesin Sepeda Motor Empat Langkah. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 3(2), 130-137.

YSL, Muhammad Ardian. (2021) Perbandingan Performa Kendaraan Dengan Jenis Throttle Body Berbeda Pada Sepeda Motor. Diss. Universitas Gadjah Mada.

Syarifudin, S. A. (2018). Pengaruh panjang velocity stack terhadap efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda Beat PGM-FI (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

J. Sriyanto, (2018). “Pengaruh tipe busi terhadap emisi gas buang sepeda motor,” Automotive Experiences, vol. 1, no. 3, pp. 64–69, doi: 10.31603/ae.v1i03.2362.

Jama, J., & Wagino, T. S. M. J. (2008). untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Hermawan, N. D. (2016). Komponen-komponen Utama Sensor Injeksi. Dari: http://teknologiterbarudhn. blogspot. co. id/2012/08/komponen-komponen-utama-sensorinjeksi. html [diakses pada 18 Desember 2016].

Lapisa, R., Rahman, R., Basri, I. Y., & Afnison, W. (2022). Pengaruh Diameter Variasi Throttle Body Terhadap Daya, Torsi dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Beat Pgm-Fi 110 cc Tahun 2014. Ensiklopedia Education Review, 4(3), 245-250.

MAKSUM, Hasan; PURWANTO, Wawan; REFFLES, Reffles. Teknologi Motor Bakar. 2012.

Arimbawa, I. K. S., Nugraha, I. N. P., & Dantes, K. R. (2019). Analisis pengaruh campuran bahan bakar pertalite dengan naphthalene terhadap konsumsi bahan bakar, torsi dan daya pada sepeda motor 4 langkah. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 7(1), 1-6.

Wakhinuddin, S. (2009). Motor Diesel.UNP PRES

Alwi, E., Putra, D. S., & Khoiri, H. (2017). Uji Penghematan Bahan Bakar Kendaraan Dengan Sistem Pembatasan Putaran Mesin. VANOS Journal of Mechanical Engineering Education, 2(1).

Lapisa, R., Rahman, R., Basri, I. Y., & Afnison, W. (2022). Pengaruh Diameter Variasi Throttle Body Terhadap Daya, Torsi dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Beat Pgm-Fi 110 cc Tahun 2014. Ensiklopedia Education Review, 4(3), 245-250.

Downloads

Published

2023-08-19

How to Cite

Nindito, Wagino, Sugiarto, T., & Muslim. (2023). Analisis Penggantian Throttle Body Terhadap Performa dan Konsumsi Bahan Bakar Mesin Sepeda Motor Honda CB150R. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(3), 381–388. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.84

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>