Analisis Penggunaan Variasi Turbo Cyclone Terhadap Performa Kendaraan

Authors

  • Hasnul Fikri Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wanda Afnison Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wagino Wagino Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i1.18

Keywords:

turbo cyclone, performa, emisi gas buang, konsumsi bahan bakar spesifik efektif

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya kendaraan dengan usia pakai dan pola perawatan yang tidak rutin yang berakibat turunannya performa dan emisi yang meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Turbo Cyclone terhadap performa kendaraan serta simulasi bentuk aliran udara yang melewati Turbo Cyclone. Peneliti menggunakan variasi berupa Turbo Cyclone merek Jet Ranger dan JSC. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilakukan 3 kali pengujian pada masing – masing variabel, kendaraan yang digunakan yaitu Honda Beat PGM-FI. Variabel penelitian yaitu Turbo Cyclone Jet Ranger dan Turbo Cyclone JSC, performa kendaraan. Hasil penelitian menunjukkan, penggunaan Turbo Cyclone menyebabkan torsi dan daya maksimum berkurang jika. Emisi gas buang menggunakan Turbo Cyclone Jet Ranger dan tanpa Turbo Cyclone. Penggunaan bahan bakar spesifik terbaik dengan memasang Turbo Cyclone JSC.

The background of this research is the large number of vehicles with long service life and non-routine maintenance patterns which result in decreased performance and increased emissions. This study aims to determine the effect of using a Turbo Cyclone on vehicle performance and to simulate the shape of the airflow passing through the Turbo Cyclone. The researcher used variations in the form of Turbo Cyclone, Jet Ranger and JSC brands. This study used an experimental method which was tested 3 times on each variable, the vehicle used was the Honda Beat PGM-FI. The research variables are Turbo Cyclone Jet Ranger and Turbo Cyclone JSC, vehicle performance. The results showed that the use of Turbo Cyclone causes maximum torque and power to decrease if. Exhaust emissions use Turbo Cyclone Jet Ranger and without Turbo Cyclone. Best use of specific fuel by installing Turbo Cyclone JSC.

Author Biographies

Hasnul Fikri, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Wanda Afnison, Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Wagino Wagino, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Hendra Dani Saputra, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

References

H. Nurdin, W. Wagino, D. Y. Sari, and B. M. Siregar, “Characteristics of Calorific Value of Briquettes Made From Cymbopogon Citratus Waste As an Alternative Fuel,” Teknomekanik, vol. 5, no. 1, pp. 42–47, 2022, doi: 10.24036/teknomekanik.v5i1.12572.

Afnison W., Guntur H.L., “Study of Double Cylinder Actuator Regenerative Shock Absorber With Oil Viscosity Variations,” Semin. Nas. Teknol. ITN MALANG 2015, vol. ISSN:2407-, no. ISSN:2407-7534, pp. 186–193, 2015, [Online]. Available: https://ejournal.itn.ac.id/index.php/senatek/article/download/1197/805

P. Arisetiawan, “Pengaruh Jumlah Sudu Turbo Cyclone Dalam Intake Manifold Terhadap Unjuk Kerja dan Emisi Gas Buang Mesin Bensin 4 Langkah 1 Silinder 110 CC,” Din. Vocat. Tek. Mesin, 2017.

S. K. Utama, E. Alwi, and Wagino, “Pengaruh variasi coil sistem pengapian suzuki satria fu 150 tahun 2012 terhadap torsi dan daya,” Automot. Eng. Educ. J., vol. 1, no. 2, 2018.

A. Nurohman, “pegaruh penggunaan turbo cyclone terhadap konsumsi bahan bakar spesifik efektif (SFCe) dan daya efektif pada sepeda motor honda beat PGM-FI,” 2015.

M. Khoir and M. Marsudi, “Pengaruh Penggunaan Turbo Cyclone Dan Busi Iridium Terhadap Performa Sepeda Motor Honda Supra X 125 Cc Tahun Perakitan 2011,” J. Tek. Mesin UNESA, vol. 02, no. 02, pp. 79–88, 2014.

Muchammad, “SIMULASI EFEK TURBO CYCLONE TERHADAP KARAKTERISTIK ALIRAN UDARA PADA SALURAN UDARA SEPEDA MOTOR 4 TAK 100 CC MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS,” ROTASI, vol. 9, pp. 6–16, 2007.

T. S. Utomo, “Simulasi Efek Turbo Cyclone Terhadap Karakteristik Aliran Udara Pada Saluran Udara Suatu Motor Bakar Menggunakan Computational Fluid Dynamics,” Rotasi, vol. 8, no. April, pp. 30–36, 2006, [Online]. Available: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/rotasi/article/download/2390/2115

M. Ihwanudin and A. M. , Agus Sholah, “Penggunaan Turbocyclone Pada Kendaraan Bermotor Terhadap Emisi Gas Buang CO dan HC,” Teknol. dan Kejuru., vol. 38, no. 2, pp. 113–120, 2015.

S. Syaiful, “EFEK SWIRL FAN TERHADAP PENDINGINAN EKSTRUDE FIN DENGAN VARIASI DAYA 95 - 120 WATT,” ROTASI, vol. 7, no. April, pp. 15–22, 2005.

U. B. Surono, J. Winarno, and F. Alaudin, “Pengaruh Penambahan Turbulator Pada Intake Manifold Terhadap Unjuk Kerja Mesin Bensin 4 Tak,” J. Tek., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2012.

V. D. Rusmawan, H. Bugis, N. Rohman, and K. Kunci, “ANALISIS PENGARUH PEMASANGAN TIPE TURBO CYCLONE DAN MODIFIKASI INTAKE,” pp. 1–4, 2014.

M. Y. Setiawan, W. Purwanto, W. Afnison, and ..., “… K-ε Modeling for a High Reynolds Rate: Analisa Numerik Aliran Fluida pada Dinding Silinder Sirkular dengan Pemodelan K-ε untuk Bilangan Reynolds yang Tinggi,” … J. Mech. …, pp. 81–88, 2019, [Online]. Available: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31300

N. Hidayat, M. Y. Setiawan, A. Arif, and W. Afnison, “Comparison of Effectiveness in Straight-Fin Radiator Types with variations in Time and cooling air velocity,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1594, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1594/1/012032.

I. Zikri and R. Lapisa, “The Effect of the Addition of Turbo cyclone on the Inlet Air on Torque and Power in the Toyota Avanza 1300 CC,” Motiv. J. Mech. Electr. Ind. Eng., vol. 3, no. 2, pp. 85–92, May 2021, doi: 10.46574/motivection.v3i2.90.

W. Afnison, E. Alwi, H. Maksum, B. Amin, and M. Y. Setiawan, “Energy Harvesting Tool for Vehicles Pengembangan Electromagnetic Regeneratif Shock Absorber Sebagai Alat Pemanen Energy Getaran Pada Kendaraan,” Motiv. J. Mech. Electr. Ind. Eng., pp. 71–82, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta. 2017.

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Fikri, H., Afnison, W., Wagino, W., & Dani Saputra, H. (2023). Analisis Penggunaan Variasi Turbo Cyclone Terhadap Performa Kendaraan. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(1), 105–118. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i1.18