Analisis Minat Siswa Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi Dalam Hubungannya dengan Motivasi Belajar dan Pendapatan Orang Tua

Authors

  • Adytio Fran Noveli Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M. Nasir Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Nuzul Hidayat Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.67

Keywords:

Motivasi belajar, Pendapatan Orang Tua, Minat S1

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendapatan orang tua dan motivasi belajar mempengaruhi keinginan siswa SMK N 1 Padang untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini bersifat deskriptif asosiatif. Minat, motivasi belajar, dan pendapatan orang tua merupakan variable penelitian. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan data. Metode dalam penelitian ini adalah adalah penelitian kuantitatif jenis ex-post facto, dimana penelitian ini dilakukan setelah suatu peristiwa atau kejadian terjadi. Teknik untuk melakukan analisis data yaitu regresi berganda. Temuan penelitian menunjukkan, bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dan minat siswa, hubungan negatif yang signifikan antara pendapatan orang tua dan minat siswa pada minat S1, dan hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dan pendapatan orang tua dengan memperhatikan minat mahasiswa S1. Koefisien determinasi R2 sebesar 0,688. Dengan kata lain, 68,8% variabel dependen minat siswa untuk mengikuti studi S1 memiliki hubungan dengan variabel independen yaitu motivasi belajar dan kekayaan orang tua.

This study aimed to determine the relationship between parental income, learning motivation, and the willingness of SMK N 1 Padang pupils to continue their education at postsecondary institutions. This research is descriptive associative in nature. Parental income, interest, and learning motivation are research factors. Data collection is done via questionnaires. This study employs an ex-post facto quantitative research methodology, which indicates that it is conducted after an event has occurred. Multiple regression is a technique for analysing data. The study reveals a significant positive relationship between learning motivation and student interest, a significant negative relationship between students' interest in S1 interests and their parents' income, and a significant positive relationship between learning motivation and parents' income in terms of S1 student interests. R square (R2) has a coefficient of determination of 0.688. In other words, learning motivation and parental income are independent variables that influence 68.8 % of the dependent variable, students' desire to pursue undergraduate studies.

Author Biography

Adytio Fran Noveli, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

References

K. Novajri, H. Maksum, dan E. I. D. Irfan, “Contribution of the Facilities Completeness and Learning Interests on Student Practical Capabilities in Broad-Based Network Technology Subject,” JERE, vol. 5, no. 1, hlm. 161, Jan 2021, doi: 10.23887/jere.v5i1.30333.

M. Mayuliardi, H. Maksum, E. Indrawan, dan W. Purwanto, “Kontribusi Dukungan Orang Tua, Pengalaman Praktik Kerja Industri, dan Motivasi Belajar terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII TTKJ SMK Negeri 1 Sintoga Kabupaten Padang Pariaman,” vol. 5, 2021.

F. Merenda, “Adventure-Based Programming with at-Risk Youth: Impact upon Self-Confidence and School Attachment,” Child & Youth Services, vol. 42, no. 4, hlm. 321–348, Okt 2021, doi: 10.1080/0145935X.2020.1829465.

T. Akbar dan P. S. Permana, “Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Yapia Parung,” vol. 2, no. 2, 2019.

M. Prianggita dan M. A. Ghofur, “Analisis Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Minat Siswa SMA Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi,” Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, vol. 9, no. 1, Art. no. 1, Feb 2021, doi: 10.33603/ejpe.v9i1.3519.

F. H. Afifi, H. D. Saputra, dan M. Nasir, “Perbandingan Hasil Belajar Tamatan SMA dan SMK, Studi Kasus pada Mahasiswa Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang,” vol. 4, no. 1.

W. A. Pratiwi, “Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Progam Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di Smk Swasta Kota Malang,” Sep 2018. Diakses: 15 Juni 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://www.semanticscholar.org/paper/Pengaruh-Latar-Belakang-Sosial-Ekonomi-Orang-Tua%2C-pratiwi/51c20713aa487eb24d0b8e397b7ed74619804c0d

I. Ismail, H. Maksum, M. Nasir, dan W. Wagino, “Hubungan Minat Mekanik Otomotif dengan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Lintau Buo,” vol. 1, no. 1, 2023.

N. Hidayat, G. Ganefri, A. Yulastri, M. Muslim, dan M. Y. Setiawan, “Hubungan antara Motivasi Berwirausaha dengan Sikap Kewirausahaan bagi Mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang,” AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, vol. 3, no. 2, hlm. 113–122, 2022.

E. J. A. Sihombing dan P. Yugopuspito, “Pengaruh Self-Efficacy, Technology Acceptance, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademis Siswa dalam Online Learning di SMPK Kalam Kudus Dumai,” joe, vol. 5, no. 4, hlm. 12881–12896, Mar 2023, doi: 10.31004/joe.v5i4.2276.

S. M. R. Uli, “Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Kedudukan Warga Negara Indonesia Mata Pelajaran PKn di Kelas X Mipa SMA Negeri 2 Moroo T.A 2020/2021,” CIVITAS, vol. 8, no. 2, hlm. 25–35, Sep 2022, doi: 10.36987/civitas.v8i2.3593.

H. Mirja, “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Mandau Melalui Model Pembelajaran Reading Guide,” PIP, vol. 36, no. 2, hlm. 129–133, Des 2022, doi: 10.21009/PIP.362.4.

H. Tambunan, F. A. Hutasoit, Y. E. B. Damanik, I. T. Telaumbanua, S. Sentaria, dan C. L. Sinaga, “Bimbingan Belajar Gratis untuk Membangun Minat dan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan,” btjpm, vol. 4, no. 4, hlm. 1576, Des 2022, doi: 10.20527/btjpm.v4i4.6461.

M. C. Moslem dan M. Komaro, “Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing di SMK”.

I. D. Islamiah, “Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas,” Journal On Education, vol. 01, no. 02, 2019.

H. D. Saputra, F. Ismet, dan A. Andrizal, “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK,” INVOTEK, vol. 18, no. 1, hlm. 25–30, Apr 2018, doi: 10.24036/invotek.v18i1.168.

I. Ilham, I. G. Suwijana, dan N. Nurdin, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Pada SMK 2 Sojol Menggunakan Metode AHP,” vol. 4, 2018.

G. Afrinaval dan S. Syamwil, “Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang Dan Manufaktur Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019,” JMPE, vol. 2, no. 4, hlm. 624, Des 2019, doi: 10.24036/jmpe.v2i4.7840.

H. Mansaray, “Organizational Strategies and Performance in the Banking Industry Focused on the Transnational Banks in Sierra Leone: An Ex Post Facto Study,” Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) Humanities and Social Sciences, vol. Volume 3, hlm. Page: 3185-3196, Nov 2020, doi: 10.33258/birci.v3i4.1352.

NUR APRILLIA, “Implementasi Model Team Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Spin Game Science Smart (Sgss) Pada Materi Getaran Dan Gelombang Di Era Pandemi Studi Kausal Komparatif pada Peserta Didik Kelas VIII Semester 2 SMP N 14 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021 pada Materi Getaran dan Gelombang,” skripsi, Universitas Pancasakti Tegal, 2021. Diakses: 15 Juni 2023. [Daring]. Tersedia pada: http://repository.upstegal.ac.id/4146/

A. Tanzeh dan S. Arikunto, “Metode Penelitian Metode Penelitian,” Metode Penelitian, vol. 43, hlm. 22–34, 2020.

D. A. H. M.A, Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi, 2021.

M. Ramdhan, Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara, 2021.

R. Permana, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi di SMK Sukawati Gemolong,” Nov 2019. Diakses: 10 Juni 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://www.semanticscholar.org/paper/PENGARUH-MOTIVASI-BELAJAR-DAN-LINGKUNGAN-TEMAN-KE-Permana/28ada410fa3592dce2cc55e3102a25074f0562d2

E. A. Aryanto, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Minat Siswa Kelas XI SMAN I Jogonalan untuk Melanjutkan ke Jenjang Perguruan Tinggi Tahun Ajaran 2015/2016,” skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2015.

L. Puspasari, “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Untuk Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi,” Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 2009.

W. J. Jhanah, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tingi (StudiPadaSiswaKelas XIi APK SMK Negeri1 TurenTahunAjaran2016/2017),” Mar 2017. Diakses: 15 Juni 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://www.semanticscholar.org/paper/Pengaruh-Motivasi-Belajar-dan-Status-Sosial-Ekonomi-Jhanah/9fd9c1d4000c5bdd3c9a665d97b8c8ddcb51ad04

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Noveli, A. F., Maksum, H., Nasir, M., & Hidayat, N. (2023). Analisis Minat Siswa Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi Dalam Hubungannya dengan Motivasi Belajar dan Pendapatan Orang Tua. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(2), 217–226. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.67