Pengaruh Pengetahuan K3 Terhadap Kedisiplinan Siswa Dalam Melaksanakan Praktikum di SMK Negeri 5 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i1.5Keywords:
K3 knowledge, discipline in practice.Abstract
Penelitian ini bersifat deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui Tingkat pengetahuan K3, dan kedisiplinan siswa kelas XI TKR dalam melaksanakan praktikum, Pengaruh pengetahuan K3 terhadap kedisiplinan siswa saat melaksanakan praktikum di bengkel otomotif SMK Negeri 5 Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis deskripsi data dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh, 1) Tingkat pengetahuan K3 berada dalam kategori cukup dengan persentase 77,30% 2) Tingkat kedisiplinan siswa dalam melaksanakan praktikum dinilai memuaskan atau baik dengan persentase 82,56% 3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan K3 terhadap kedisiplinan siswa dalam melaksanakan praktikum dengan nilai signifikansi sebesar 0.564 karena 0.564 > 0.05.
This research is a descriptive correlational research with a quantitative approach which aims to determine the level of K3 knowledge, and the discipline of class XI TKR students in carrying out practicums. Data collection techniques used are tests and questionnaires. The data analysis technique used is data description analysis and inferential statistical analysis. The research results obtained, 1) The level of K3 knowledge is in the sufficient category with a percentage of 77.30% 2) The level of discipline of students in carrying out practicums is considered satisfactory or good with a percentage of 82.56% 3) There is no significant effect between OSH knowledge on discipline students in carrying out practical work with a significance value of 0.564 because 0.564 > 0.05.
References
Endang. 2021. “Kesehatan dan Keselamatan Kerja”. https://prodiaohi.co.id/kesehatan-dan-keselamatan-kerja
Kurniasari, N. (2014). “Hubungan Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pada Pegawai Politeknik Kesehatan”. Jurnal Manajemen Dayasaing, 16(2), 21-31.
Inglar, T. (2014). “Proficiency Forms and Vocational Pedagogical Principles”. JISTE 18 (2), pp. 30- 40.
Kuswana, S. W. (2012). “Filsafat Pendidikan Teknologi, Vokasi dan Kejuruan”. Bandung: Alfabeta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2004). “Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Edisi 2004”. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Nitisemito, A. S. (2001). “Manajemen Personalia”. Jakarta: Ghalia.
Sastrohadiwiryo, B. S. (2003). “Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Pendekatan Administratif dan Operasional”. Jakarta: Bumi Aksara.
Suma’mur. (2006). “Higene Perusahaan dan Kesehatan Kerja”. Jakarta, Gunung Agung.
Abdullah, M. R. (2015). “Metode Penelitian Kuantitatif”. Aswaja Pressindo.
Sukmadinata, N. (2007). “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: Rosda.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Andre Nasrinur Andre, Milana Milana, Wagino Wagino, Dedi Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.