Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Hasil Belajar Materi Transimisi Manual di SMK Negeri 11 Kota Bekasi

Authors

  • Wakhinuddin S Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Nanda Farhan Mardhatillah Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wawan Purwanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Milana Milana Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i1.9

Keywords:

Hasil Belajar, Lembar Kerja Peserta Didik, SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa adopsi atau penggunaan lembar kerja siswa di SMK Negeri 11 Kota Bekasi telah meningkatkan hasil belajar siswa (LKPD). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik eksperimen. Dengan penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKPD) diharapkan memberikan dampak yang bermanfaat bagi hasil belajar siswa, menurut observasi dan temuan penelitian. Nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda masing-masing sebesar 80,56 dan 78,17. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol. Hipotesis kerja (Ha) diterima ketika hipotesis nol (H0) ditolak, sesuai dengan hasil perhitungan uji-t, yang menunjukkan bahwa t hitung = 3,18 dan tabel pada tingkat signifikansi masing-masing 0,05. Fakta ini menunjukkan bahwa penerapan Lembar Kerja Siswa (LKPD) meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 11 Kota Bekasi pada materi transmisi manual.

This study aims to show that the adoption or use of student worksheets at SMK Negeri 11 Kota Bekasi has improved student learning outcomes (LKPD). This research is a quantitative research using experimental techniques. With the use of Student Worksheets (LKPD) it is expected to have a beneficial impact on student learning outcomes, according to observations and research findings. The mean values of the experimental class and the control class differed respectively by 80.56 and 78.17. The average value of the experimental class is higher than the average value of the control class. The working hypothesis (Ha) is accepted when the null hypothesis (H0) is rejected, according to the results of the t-test calculation, which shows that tcount = 3.18 and ttable at a significance level of 0.05 respectively. This fact indicates that the application of the Student Worksheet (LKPD) improves the learning outcomes of class XI students of SMK Negeri 11 Bekasi City on manual transmission material.

Author Biographies

Wakhinuddin S, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Nanda Farhan Mardhatillah, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Wawan Purwanto, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Milana Milana, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

References

Istarani & Pulungan, Intan. 2015. Ensiklopedi Pendidikan Jilid I. Medan: Media Persada.

Jihad, Asep & Abdul Haris. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press.

Puspitadewi, Septiana. 2014. Profil LKS Materi Perubahan Lingkungan Berorientasi Kurikulum 2013 Untuk Melatihkan Berpikir Kritis peserta didik. BioEdu 3 (2): 352-357.

Sudjana. Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (16th ed.). Bandung: Alfabeta.

Toharudin, Uus. 2011. Membangun Literasi Sains peserta didik. Bandung: Humaniora.

Wahyuningsih, dkk. 2014. Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Untuk SMA/MA. Jurnal Paedagogia, 17 (1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Sebelas Maret.

Downloads

Published

2023-02-04

How to Cite

S, W., Farhan Mardhatillah, N., Purwanto, W., & Milana, M. (2023). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Hasil Belajar Materi Transimisi Manual di SMK Negeri 11 Kota Bekasi. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(1), 45–50. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i1.9