Tingkat Kepuasan terhadap Media E-learning Mahasiswa Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang

Authors

  • Nur Fitri Ramadanti Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wakhinuddin Simatupang Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Erzeddin Alwi Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i4.70

Keywords:

e-learning, mahasiswa, tingkat kepuasan

Abstract

E-learning adalah pembelajaran menggunakan internet atau pembelajaran online yang sangat fleksibel sehingga memudahkan guru dan siswa untuk mengakses semua informasi dan materi pembelajaran tanpa dibatasi ruang dan waktu. Tingkat kepuasan mahasiswa ketika mengikuti pembelajaran e-learning  menjadi hal yang tidak bisa dilewatkan karena secara pribadi bisa menilai sendiri apakah akan merasa puas atau tidak merasa puas terhadap proses belajar menggunakan proses pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa jurusan teknik otomotif terhadap media e-learning pada mata kuliah teori teknologi alat berat di Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan angket sebagai alat pengumpulan data. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa secara umum tingkat kepuasan mahasiswa terhadap e-learning termasuk  kategori sangat puas dengan nilai grand mean adalah 3,33. 

E-learning is learning using the internet or online learning that is very flexible, making it easier for teachers and students to access all information and learning materials without being limited by space and time. The level of student satisfaction when following e-learning learning is something that cannot be missed because personally they can judge for themselves whether they will feel satisfied or not satisfied with the learning process using the online learning process. The purpose of this study was to determine the level of satisfaction of students majoring in automotive engineering towards e-learning media in heavy equipment technology theory courses at Padang State University. The type of research used in this study is quantitative with a questionnaire as a data collection tool. From the results of the analysis it can be concluded that in general the level of student satisfaction with e-learning is in the very satisfied category with a grand mean value of 3.33.

References

J. L. Moore, C. D. Deane and K. Galyen, "E-learning, Pembelajaran Online dan Pembelajaran Pembelajaran Jarak Jauh: Apakah Sama? Internet dan Pendidikan Tinggi," The Internet and Higher Education, vol. 14, no. 2, pp. 129-135, 2011.

N. W. E. S. Dewa Gede Bambang Erawan., "Kendala-Kendala Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Mahasiswa Semester IV B PSP Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar," Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, pp. 122-128, 2021.

S. S. W. Oktafia Ika Handatini., "Pembelajaran Daring Sebagai upaya Study Form Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19," Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), vol. 8, no. 3, pp. 496-503, 2020.

A. U. Utami, "Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Fisika Dasar," Jurnal Kiprah, vol. 9, no. 1, pp. 23-29, 2021.

A. Mulyapradana, A. D. Anjarini and Hartono, "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal," Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), vol. 3, no. 1, pp. 26-38, 2020.

Y. Sarjono, "Faktor-Faktor Strategik Pelayanan Dosen dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Mahasiswa FKIP Universitas Muhamadiyah Surakarta Tahun Akademik 2005-2006," Varidika, vol. 19, no. 1, 2007.

R. S. Iis Miati., "Pengaruh E-Service Quality (Siakad Cloud) Terhadap Kepuasan Mahasiswa STIA YPPT PRIATIM Tasikmalaya," Journal Manajemen Universitas Bung Hatta, vol. 17, no. 33-43, p. 1, 2022.

F. Ahmad Al Munawir., "Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media E-learning Di Era Pandemi Covid 19," Journal Of Chemistry, Education, and Science, vol. 5, no. 1, 2021.

S. R. Chandrawati, "Pemamfaatan E-learning Dalam Pembelajaran," Jurnal Cakrawala Kependidikan, vol. 8, no. 2, pp. 101-203, 2010.

B. Budiya, "Manajemen Pengelolaan Kelas Masa Pandemi di SD Ta'miriyah Surabaya," Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 4, no. 1, pp. 50-54, 2021.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2014.

N. Nurdiani, "Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan," ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, vol. 5, no. 2, pp. 1110-1118, 2014.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.

A. B. P. Dr. Dyah Budiastuti., Validitas Dan Reabilitas penelitian, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2018.

W. H. W. Y. Esi Rosita., "Uji Validitas Dan Realibilitas kuesioner Perilaku Prososial," Fokus, vol. 4, no. 4, pp. 279-284, 2021.

Downloads

Published

2023-09-12

How to Cite

Ramadanti, N. F., Simatupang, W., Alwi, E., & Saputra, H. D. (2023). Tingkat Kepuasan terhadap Media E-learning Mahasiswa Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(4), 555–562. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i4.70