Analisis Penggunaan Roller Rocker Arm (RRA) Terhadap Getaran (Vibrasi), Kebisingan (Noice) dan Temperature Oli Mesin Pada Sepeda Motor 4 TAK

Authors

  • Romansyah Nusi Putra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Toto Sugiarto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Muslim Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Nuzul Hidayat Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.210

Keywords:

Roller Rocker Arm, Getaran Mesin, Kebisingan Mesin, Temperature Oli Mesin

Abstract

Getaran mesin yang berlebihan dapat mengganggu kenyamanan dalam berkendaraan, getaran tinggi menimbulkan kebisingan yang dapat mengganggu pendengaran ketika berkendaran. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan roller rocker arm terhadap getaran, kebisingan dan temperature oli mesin pada sepeda motor 4 TAK. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Objek yang digunakan sepeda motor tiger revo 200 cc, instrumen yang digunakan yaitu vibration meter, sound level meter thermocouple. Untuk mendapatkan kesimpulan dari hasil pengujian penelitian ini mengunakan rumus statistik mean dan persentase. Setelah dilakukan perhitungan dari data yang di peroleh dapat di simpulkan terdapat penurunan getaran sebesar 4.21%, 12.85%, 5.58%, 11.58%. Kebisingan sebesar -0.63%, 0.11%, 0.90%, 1,55% dan temperature oli mesin sebesar 1.35 %, 1.43 %, 2.76 %, 13.67 %.

Excessive engine vibration can interfere with driving comfort, high vibrations cause noise which can interfere with hearing when driving. The aim of this research is to determine and analyze the use of roller rocker arms on vibration, noise and engine oil temperature on 4-STRIKE motorbikes. This type of research is quantitative using experimental methods. The object used is a 200 cc Tiger Revo motorbike, the instruments used are vibration meter, sound level meter thermocouple. To obtain conclusions from the test results, this research uses statistical formulas for mean and percentage. After carrying out calculations from the data obtained, it can be concluded that there is a reduction in vibrations of 4.21%, 12.85%, 5.58%, 11.58%. Noise is -0.63%, 0.11%, 0.90%, 1.55% and engine oil temperature is 1.35%, 1.43%, 2.76%, 13.67%.

References

Jusnita, “Perbandingan Pemakaian Rocker Arm Konvensional Dengan Rocker Arm Roller Bearing Pada Sepeda Motor,” J. Surya Tek., vol. 8, no. 2, pp. 316–319, 2022, doi: 10.37859/jst.v8i2.3263.

R. Sadiana, “ANALISIS KEBISINGAN DAN GETARAN MEKANIS PADAMESIN SEPEDA MOTOR INJEKSI 150 CC TIPE X,” in PROSIDING SEMINAR NASIONAL ENERGI & TEKNOLOGI (SINERGI), 2018, pp. 213–220.

Sanam, Muhdori, and H. Abdillah, “Analisis Standar Getaran Mesin Gerinda Duduk Berdasarkan ISO 2372 Akibat Variasi Material Benda Kerja,” J. Tek. Mesin, vol. 12, no. 3, pp. 206–211, 2023.

S. SAPUTRA, “Pengaruh Pengaplikasian Oil Cooler Terhadap Suhu Oli Dan Peforma Mesin Pada Kendaraan Sepeda Motor Mega Pro Tahun 2011,” J. Pendidik. Tek. Mesin UNESA, vol. 6, no. 02, p. 251443, 2017.

W. Naibaho, S. Siahaan, and R. Naibaho, “Analisa Perbandingan Putaran Mesin Untuk Kompresor Air Condition Pada Mobil Daihatsu Taruna Terhadap Karakteristik Getaran Berdasarkan Time Domain,” J. MESIL (Mesin Elektro Sipil), vol. 2, no. 1, pp. 25–35, 2021, doi: 10.53695/jm.v2i1.229.

T. S. Wirawan, A. E. Eka Putra, and N. Aziz, “Gasoline Engine Performance, Emissions, Vibration and Noise with Methanol-Gasoline Fuel Blends,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 927, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1755-1315/927/1/012027.

R. D. Saputro, “Perancangan Transmisi Modifikasi Mesin Pencacah Limbah Plastik Menggunakan Motor Penggerak.” ITN Malang, 2018.

H. D. Aprianto, “Analisis Pengaruh Kebisingan Mesin Terhadap Konsentrasi Kerja pada Tenaga Kerja di Bagian Produksi PT. Pundi Alam Perkasa Temanggung,” Skripsi, no. Edisi, p. 2020, 2019.

G. PANE, “ANALISA KEBISINGAN PADA MESIN PEMIPIL BUAH JAGUNG DENGAN MENGGUNAKAN MOTOR BENSIN DENGAN PUTARAN 1000, 1200 DAN 1400 RPM.,” 2023.

M. Negara and L. Hidup, “Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No . 15 Tahun 1996 Tentang : Program Langit Biru,” Program, no. 15, 1996.

F. L. L. TOBING, “Analisis Getaran Motor Dengan Variasi Kecepatan Pada Prototipe Mobil Listrik.” Universitas Pamulang, 2021.

R. Sibarani, “Analisa Karakteristik Getaran untuk Kendaraan Sepeda Motor 115 CC dengan menggunakan 3 Variasi Bearing Crank sahft dan 2 variasi bahab bakar serta 2 variasi putaran,” Repoitoery Univ. HKBP Nommensen, pp. 1–32, 2022, [Online]. Available: http://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/6059/RIMHOT SIBARANI.pdf?sequence=1&isAllowed=y

A. Fitra, “Rancang Bangun Decible Killer Valvetronic Knalpot Racing pada Sepeda Motor 4 Langkah 150 cc.” Fakultas Teknik, 2022.

H. Hermanico, F. Ismet, and T. Sugiarto, “Pengaruh Penggunaan Knalpot Standar Dengan Non Standar Terhadap Tingkat Kebisingan Pada Sepeda Motor Yamaha Mio,” Automot. Eng. Educ. Journals, vol. 3, no. 4, 2014.

N. Yusuf, “Analisis Pengaruh Suhu Mesin Terhadap Emisi Gas Buang Pada Kondisi Torsi Dan Daya Maksimum Studi Kasus: Sepeda Motor YAMAHA VEGA ZR,” Rang Tek. J., vol. 1, no. 2, 2018.

M. M. W. P. Ori Kurniawan, “Analisis Penggunaan Variasi Cairan Pendingin Radiator Terhadap Suhu Mesin pada Sepeda Motor Yamaha V-ixion 150 cc,” JTPVI J. Teknol. dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 1, no. no 4, pp. 563–570, 2023, [Online]. Available: https://jtpvi.ppj.unp.ac.id/index.php/jtpvi/article/view/97

H. Maksum, T. Sugiarto, and N. L. H. Saragih, “Pengaruh Variasi Cairan Pendingin (Coolant) terhadap Efektivitas Radiator pada Engine Diesel,” Tek. Otomotif FT UNP, vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2017.

N. Hidayat, M. Y. Setiawan, and A. Arif, “Studi Eksperimental Kemampuan Pelepasan Panas pada Radiator Straight Fin Jenis Flat Tube dengan Variasi Cooling Liquid,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 20, no. 3, pp. 23–30, 2020, doi: 10.24036/invotek.v20i3.627.

S. Marsela, E. W. Fridayanthie, M. Safitri, and F. Faridi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Oli Mesin Yamaha Mio,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 7, no. 2, pp. 113–120, 2019, doi: 10.31294/jki.v7i2.6478.

A. Arif, N. Hidayat, W. Purwanto, M. Y. Setiawan, and M. Masykur, “Pengaruh Penggunaan Oli Bekas Sebagai Bahan Bakar Terhadap SFC dan Efisiensi Termal Mesin Diesel,” J. Mekanova Mek. Inov. dan Teknol., vol. 7, no. 1, p. 58, 2021, doi: 10.35308/jmkn.v7i1.3730.

A. Sentosa, “MODIFIKASI ROLLER ROCKER ARM SEPEDA MOTOR ASTREA HONDA 100 CC.” UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA, 2016.

N. Hidayat, B. B. Pratama, A. Arif, M. Y. Setiawan, and M. Masykur, “Pengaruh Variasi Camshaft Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Spesifik Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor,” J. Mekanova Mek. Inov. dan Teknol., vol. 8, no. 2, p. 143, 2022, doi: 10.35308/jmkn.v8i2.5244.

Downloads

Published

2024-08-05

How to Cite

Romansyah Nusi Putra, Sugiarto, T., Muslim, & Hidayat, N. (2024). Analisis Penggunaan Roller Rocker Arm (RRA) Terhadap Getaran (Vibrasi), Kebisingan (Noice) dan Temperature Oli Mesin Pada Sepeda Motor 4 TAK. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(4), 379–388. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.210