JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia https://jtpvi.ppj.unp.ac.id/index.php/jtpvi <p><strong>JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia</strong> adalah jurnal ilmiah yang didedikasikan untuk berbagi hasil penelitian berkualitas tinggi di semua aspek teknologi dan pendidikan kejuruan. Jurnal ini menerbitkan manuskrip yang berisi karya mutakhir dalam teori dasar, eksperimen dan simulasi, serta aplikasi, dengan metode yang dipaparkan secara sistematis, ulasan yang cukup tentang karya-karya sebelumnya, diskusi yang mendalam dan kesimpulan yang ringkas. Semua manuskrip yang diterbitkan melalui proses review/telaah oleh ahli di bidangnya masing-masing.</p> en-US hendradani@ft.unp.ac.id (Hendra Dani Saputra, M.Pd.T. ) m.yasepsetiawan@ft.unp.ac.id (M. Yasep Setiawan) Fri, 28 Feb 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Penggunaan Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI TKR Pada Mata Pelajaran Perawatan Berkala Kendaraan Ringan https://jtpvi.ppj.unp.ac.id/index.php/jtpvi/article/view/276 <p>Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui platform interaktif seperti <em>Quizizz</em> diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun, pada kelas XI TKR SMKN 8 Tebo, pembelajaran PBKR masih menerapkan metode konvensional, Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak pemanfaatan <em>Quizizz</em> terhadap ketertarikan dan pencapaian akademik siswa. Penelitian ini melibatkan 58 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok percobaan dan kelompok yang tidak diberi perlakuan. Data dikumpulkan melalui pelaksanaan <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em>, serta kuesioner yang mengukur minat belajar. Hasil uji t menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan pada <em>pre-test</em> (t = 1.122; p = 0.267), namun terdapat perbedaan signifikan pada <em>post-test</em> (t = 11.84; p &lt; 0.05), di mana kelompok percobaan menunjukkan peningkatan yang signifikan. Penggunaan <em>Quizizz</em> terbukti efektif dalam membantu memperbaiki pencapaian belajar dan minat siswa.</p> <p><em>The use of information and communication technology through interactive platforms such as Quizizz is expected to improve the quality of learning. However, in the XI TKR class at SMKN 8 Tebo, the PBKR learning still applies conventional methods. This study aims to investigate the impact of using Quizizz on student engagement and academic achievement. The study involved 58 students, divided into two groups: the experimental group and the control group. Data were collected through pre-test and post-test assessments, as well as a questionnaire measuring learning interest. The t-test results showed no significant difference in the pre-test (t = 1.122; p = 0.267), but a significant difference in the post-test (t = 11.84; p &lt; 0.05), with the experimental group showing a significant improvement. The use of Quizizz proved effective in enhancing student learning achievement and interest.</em></p> Veru Maisa Dinata, Hendra Dani Saputra, Wagino, Iffarial Nanda, Agus Baharudin, M. Sadly Firmansyah Copyright (c) 2025 Veru Maisa Dinata, Hendra Dani Saputra, Wagino, Iffarial Nanda, Agus Baharudin, M. Sadly Firmansyah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jtpvi.ppj.unp.ac.id/index.php/jtpvi/article/view/276 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0000