https://jtpvi.ppj.unp.ac.id/index.php/jtpvi/issue/feedJTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia2025-05-23T02:18:25+00:00Hendra Dani Saputra, M.Pd.T. hendradani@ft.unp.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia</strong> adalah jurnal ilmiah yang didedikasikan untuk berbagi hasil penelitian berkualitas tinggi di semua aspek teknologi dan pendidikan kejuruan. Jurnal ini menerbitkan manuskrip yang berisi karya mutakhir dalam teori dasar, eksperimen dan simulasi, serta aplikasi, dengan metode yang dipaparkan secara sistematis, ulasan yang cukup tentang karya-karya sebelumnya, diskusi yang mendalam dan kesimpulan yang ringkas. Semua manuskrip yang diterbitkan melalui proses review/telaah oleh ahli di bidangnya masing-masing.</p>https://jtpvi.ppj.unp.ac.id/index.php/jtpvi/article/view/276 Pengaruh Penggunaan Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI TKR Pada Mata Pelajaran Perawatan Berkala Kendaraan Ringan2025-01-15T02:51:17+00:00Veru Maisa Dinataverumaisadinata.19@gmail.comHendra Dani Saputrahendradani@ft.unp.ac.idWaginowagino@ft.unp.ac.idIffarial Nandaiffarialnanda@ft.unp.ac.idAgus Baharudinagusbaharudin@unp.ac.idM. Sadly Firmansyahm_s_firmansyah@student.unp.ac.id<p>Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui platform interaktif seperti <em>Quizizz</em> diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun, pada kelas XI TKR SMKN 8 Tebo, pembelajaran PBKR masih menerapkan metode konvensional, Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak pemanfaatan <em>Quizizz</em> terhadap ketertarikan dan pencapaian akademik siswa. Penelitian ini melibatkan 58 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok percobaan dan kelompok yang tidak diberi perlakuan. Data dikumpulkan melalui pelaksanaan <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em>, serta kuesioner yang mengukur minat belajar. Hasil uji t menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan pada <em>pre-test</em> (t = 1.122; p = 0.267), namun terdapat perbedaan signifikan pada <em>post-test</em> (t = 11.84; p < 0.05), di mana kelompok percobaan menunjukkan peningkatan yang signifikan. Penggunaan <em>Quizizz</em> terbukti efektif dalam membantu memperbaiki pencapaian belajar dan minat siswa.</p> <p><em>The use of information and communication technology through interactive platforms such as Quizizz is expected to improve the quality of learning. However, in the XI TKR class at SMKN 8 Tebo, the PBKR learning still applies conventional methods. This study aims to investigate the impact of using Quizizz on student engagement and academic achievement. The study involved 58 students, divided into two groups: the experimental group and the control group. Data were collected through pre-test and post-test assessments, as well as a questionnaire measuring learning interest. The t-test results showed no significant difference in the pre-test (t = 1.122; p = 0.267), but a significant difference in the post-test (t = 11.84; p < 0.05), with the experimental group showing a significant improvement. The use of Quizizz proved effective in enhancing student learning achievement and interest.</em></p>2025-02-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Veru Maisa Dinata, Hendra Dani Saputra, Wagino, Iffarial Nanda, Agus Baharudin, M. Sadly Firmansyahhttps://jtpvi.ppj.unp.ac.id/index.php/jtpvi/article/view/262Analisis Perbandingan Hasil Pengecatan Pada Ruangan Terbuka Dan Dalam Ruangan (Spray Booth)2024-10-15T07:04:40+00:00Roid Nauvalroidnauval01@gmail.comDonny Fernandezfernandez_79@yahoo.co.ukM Yasep Setiawanm.yasepsetiawan@ft.unp.ac.idHendra Dani Saputrahendradani@ft.unp.ac.id<p>Pengecatan di ruangan terbuka sering menimbulkan cacat pengecatan. Terdapat banyak gangguan pengecatan di ruangan terbuka, seperti cuaca yang tidak dapat di kontrol dan juga debu yang yang berada pada area pengecatan. Pada pengecatan di dalam ruangan (<em>spray booth</em>) memungkinkan pengecatan yang lebih konsisten, terhadap kondisi ruangan yang dapat di kontrol dan meminimalisir adanya debu, yang mengakibatkan cacat pengecatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan dalam hasil pengecatan pada ruangan terbuka dan dalam ruangan (<em>spray booth</em>). Hasil penelitian dilihat dari kualitas hasil pengecatan pada plat kerja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini adalah pengecatan pada <em>spray booth</em> sedikit lebih baik daripada pengecatan di ruangan terbuka.</p> <p class="mAbstractEnglish"><em><span lang="EN-GB">Painting in open spaces often causes painting defects. There are many disturbances in painting in open spaces, such as uncontrollable weather and dust in the painting area. Painting indoors (spray booth) allows for more consistent painting, to controlled room conditions and minimizes dust, which causes painting defects. This study aims to see the difference in painting results in open spaces and indoors (spray booth). The results of the study are seen from the quality of the painting results on the work plate. This study uses a qualitative method. The results of this study are that painting in a spray booth is slightly better than painting in an open space.</span></em></p>2025-02-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Roid Nauval, Donny Fernandez, M Yasep Setiawan, Hendra Dani Saputrahttps://jtpvi.ppj.unp.ac.id/index.php/jtpvi/article/view/272Pengaruh Penggunaan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Mesin Konversi Energi Kelas XI TKRO Di SMKN 2 Kota Solok Tahun Ajaran 2023/20242025-02-06T03:50:38+00:00Wiskarniwiskar69@gmail.comErzeddin Alwierzeddin@gmail.comWakhinuddinwakhinuddins@gmail.comM Yasep Setiawanm.yasepsetiawan@ft.unp.ac.id<p>Kemajuan teknologi menciptakan salah satu media praktis seperti <em>Kahoot</em> untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hasil belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMKN 2 Solok melalui penggunaan aplikasi <em>Kahoot,</em> pada mata pelajaran Mesin Konversi Energi. Metode yang digunakan merupakan <em>Intact group comparison</em> untuk mencari perbandingan yang digunakan dalam penelitian. Kelompok- kelompok yang ada secara alami atau sudah terbentuk dipilih dan dibandingkan tanpa adanya randomisasi atau pengaturan ulang. Analasis data secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data dilakukan secara analisis statistik. Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan <em>Kahoot </em>terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Hasil uji analisis <em>paired samples test (</em>uji t) yang memperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0 < 0,05<em>, </em>dan <em>analisis effect size cohen’s d </em>yang memperoleh nilai d 1,82, nilai d tersebut berada dalam interval > 1,00 yang artinya pengaruh yang kuat. <em>Kahoot </em>memiliki pengaruh yang yang kuat terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKRO di SMKN 2 Solok.</p> <p><em>Technological advances have created practical media such as Kahoot to improve learning outcomes. This study aims to analyze the effect of learning outcomes of class XI Light Vehicle Engineering students at SMKN 2 Solok through the use of the Kahoot application, in the Energy Conversion Machine subject. The method used is Intact group comparison to find the comparison used in the study. Groups that exist naturally or have been formed are selected and compared without randomization or rearrangement. Data analysis is qualitative and quantitative. Data analysis is carried out using statistical analysis. There is a significant effect of the use of Kahoot on student learning outcomes in learning. The results of the paired samples test (t-test) analysis obtained a Sig. (2-tailed) value of 0 <0.05, and the Cohen's d effect size analysis obtained a d value of 1.82, the d value is in the interval> 1.00 which means a strong influence. Kahoot has a strong influence on the learning outcomes of class XI TKRO students at SMKN 2 Solok.</em></p>2025-03-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Wiskarni, Erzeddin Alwi, Wakhinuddin, M Yasep Setiawanhttps://jtpvi.ppj.unp.ac.id/index.php/jtpvi/article/view/292Implementasi Sistem Manajemen Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK AL-Anhar Bayang2025-03-18T03:00:01+00:00Azezen Dwi Aksaazezendwiaksa@gmail.comDonny Fernandezfernandez_79@yahoo.co.ukToto Sugiartototosugiarto@ft.unp.ac.idIffarial Nandaiffarialnanda@ft.unp.ac.id<p>Penelitian ini mengevaluasi pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Al-Anhar Bayang, mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta identifikasi berbagai kendala beserta alternatif solusinya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif melalui teknik observasi, penyebaran angket, dan wawancara yang melibatkan siswa serta tenaga pendidik. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan SMK3 telah mencakup beberapa aspek penting, antara lain penerapan peraturan K3, pembentukan struktur organisasi, dan penggunaan alat pelindung diri (APD). Ditemukan berbagai hambatan berupa rendahnya tingkat kesadaran siswa, keterbatasan fasilitas keselamatan, serta belum optimalnya pencatatan kejadian kecelakaan kerja secara sistematis. Oleh karena itu, dibutuhkan peningkatan pengawasan, sosialisasi berkelanjutan, pelatihan secara rutin, dan penyediaan sarana keselamatan yang lebih lengkap guna menciptakan lingkungan praktik yang aman dan nyaman, sehingga mampu menunjang peningkatan mutu pendidikan serta keselamatan kerja.</p> <p><em>This study evaluates the implementation of the Occupational Safety and Health Management System (SMK3) in the Light Vehicle Engineering Department at SMK Al-Anhar Bayang, covering the stages of planning, implementation, evaluation, and identification of various obstacles along with alternative solutions. The study was conducted using a quantitative descriptive approach through observation techniques, distributing questionnaires, and interviews involving students and educators. The results of the study indicate that the implementation of SMK3 has covered several important aspects, including the application of K3 regulations, the formation of organizational structures, and the use of personal protective equipment (PPE). Various obstacles were found in the form of low levels of student awareness, limited safety facilities, and less than optimal systematic recording of work accidents. Therefore, increased supervision, ongoing socialization, routine training, and the provision of more complete safety facilities are needed to create a safe and comfortable practice environment, so as to support the improvement of the quality of education and work safety.</em></p>2025-04-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Azezen Dwi Aksa, Donny Fernandez, Toto Sugiarto, Iffarial Nandahttps://jtpvi.ppj.unp.ac.id/index.php/jtpvi/article/view/255Pengembangan Media Video Pembelajaran Cara Perawatan AC Mobil pada Mata Kuliah Teknik Pengkondisian Udara2025-03-04T02:11:17+00:00Ahmad Yunusahmadyunus1810@gmail.comAndrizalandrizal_55@yahoo.co.idRifdarmonrifdarmon@ft.unp.ac.idHendra Dani Saputrahendradani@ft.unp.ac.id<p>Media audio visual merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat video pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa belajar lebih efisien. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian dan pengembangan dengan menerapkan model 4-D<em> (define, design, development and disseminate)</em>. Hasil pengujian menunjukkan bahwa video pembelajaran merupakan pilihan yang terbaik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi oleh validator materi yang mendapat skor 92% pada klasifikasi "sangat valid", dan hasil verifikasi dari validator media sebesar 94.85% pada klasifikasi "valid". Selain itu, uji praktikalitas juga memberikan mahasiswa dengan nilai 88.3% pada kategori “praktis”. Video pembelajaran yang dihasilkan dapat dikategorikan bermanfaat untuk digunakan dalam dunia pendidikan dan diharapkan dapat berguna bagi semua orang. Mahasiswa dan Dosen dapat secara mandiri menguasai materi pembelajaran.</p> <p><em>Audio-visual media is one of the tools that can be utilized in the teaching and learning process. The aim of this study is to develop an instructional video that can help students learn more efficiently. This research employs the Research and Development method by applying the 4-D model (define, design, develop, and disseminate). The test results indicate that instructional videos are the best choice for use in the learning process. Validation by subject matter experts yielded a score of 92%, classified as "highly valid," while media validation achieved a score of 94.85%, classified as "valid." Additionally, the practicality test showed a student rating of 88.3% in the "practical" category. The developed instructional video can be considered beneficial for use in education and is expected to be useful for everyone. Both students and lecturers can independently master the learning material.</em></p>2025-05-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ahmad Yunus, Andrizal, Rifdarmon, Hendra Dani Saputrahttps://jtpvi.ppj.unp.ac.id/index.php/jtpvi/article/view/251Studi Faktor-Faktor Penghambat Penyelesaian Tugas Akhir Pada Mahasiswa Departemen Teknik Otomotif2025-05-16T01:36:07+00:00Azwardiardiazwardi71@gmail.comWaginowagino@ft.unp.ac.idToto Sugiartototosugiarto@ft.unp.ac.idMuslimmuslim@ft.unp.ac.idM. Sadly Firmansyahmsadlyfirmansyah100499@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, yang menghambat mahasiswa Departemen Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang untuk menyelesaikan tugas akhir dan skripsi pada tahun masuk 2019 dan 2020. Penelitian ini adalah survei kuantitatif. Menggunakan kuesioner/angket. Sampel penelitian ini terdiri dari 54 siswa yang masuk tahun akademik 2019 dan 2020. Data dikumpulkan melalui angket yang memiliki pilihan jawaban berskala <em>Likert</em>. Analisis deskriptif digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian yang telah diperoleh, Tingkat Capaian Responden pada faktor internal yaitu variabel Kesehatan sebesar 72.69% dan variabel Tugas Akhir sebesar 70.93% memiliki pengaruh besar terhadap penghambat menyelesaikan tugas akhir dan skripsi mahasiswa Departement Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang.</p> <p><em>The purpose of the study was to identify internal and external factors that hinder students of the Automotive Engineering Department, Padang State University from completing their final assignments and theses in the academic years of 2019 and 2020. This study was a quantitative survey. Using a questionnaire. The sample of this study consisted of 54 students who entered the academic years of 2019 and 2020. Data were collected through a questionnaire that had Likert-scale answer choices. Descriptive analysis was used in the study. The results of the study that have been obtained, the Respondent Achievement Level on internal factors, namely the Health variable of 72.69% and the Final Assignment variable of 70.93% have a major influence on inhibiting the completion of the final assignment and thesis of students of the Automotive Engineering Department, Universitas Negeri Padang.</em></p>2025-06-06T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Azwardi, Wagino, Toto Sugiarto, Muslim, M. Sadly Firmansyahhttps://jtpvi.ppj.unp.ac.id/index.php/jtpvi/article/view/310Analisis Penambahan Oil Cooler Terhadap Suhu Mesin Pada Sepeda Motor 4 Langkah (115 CC)2025-05-23T02:18:25+00:00Doni Saputradonisaputra101100@gmail.comMartiasmartiasft@gmail.comAhmad Arifahmadarif@ft.unp.ac.idToto Sugiartototosugiarto@ft.unp.ac.id<p>Suhu mesin yang tinggi pada sepeda motor sangat memengaruhi performa dan umur komponen, terutama piston dan dinding silinder. Sistem pendinginan oli yang kurang optimal dapat menyebabkan temperatur oli meningkat dan berisiko menimbulkan overheating. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan <em>oil cooler</em> terhadap suhu mesin pada sepeda motor 4 langkah 115 cc. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan membandingkan suhu mesin sebelum dan sesudah pemasangan <em>oil cooler</em>. Pengukuran dilakukan dalam kondisi operasional yang sama untuk mengetahui efektivitas <em>oil cooler</em> dalam menurunkan suhu mesin pada setiap tingkat putaran. Persentase penurunan suhu tercatat sebesar 2,43% pada 3500 rpm, 1,67% pada 4500 rpm, dan 1,08% pada 7000 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan <em>oil cooler</em> mampu menurunkan suhu oli mesin secara signifikan. Dengan suhu yang lebih stabil, risiko keausan komponen mesin dapat diminimalisir dan performa mesin tetap optimal. Kesimpulannya, <em>oil cooler</em> efektif digunakan sebagai sistem pendinginan tambahan pada sepeda motor 4 langkah 115 cc.</p> <p><em>High engine temperatures on motorcycles greatly affect the performance and lifespan of components, especially pistons and cylinder walls. A less than optimal oil cooling system can cause oil temperatures to increase and risk overheating. This study aims to analyze the effect of adding an oil cooler on engine temperature on a 4-stroke 115 cc motorcycle. The method used is an experiment by comparing the engine temperature before and after the installation of the oil cooler. Measurements were made under the same operational conditions to determine the effectiveness of the oil cooler in reducing engine temperature at each rotation level. The percentage of temperature reduction was recorded at 2.43% at 3500 rpm, 1.67% at 4500 rpm, and 1.08% at 7000 rpm. The results showed that the addition of an oil cooler was able to significantly reduce the engine oil temperature. With a more stable temperature, the risk of engine component wear can be minimized and engine performance remains optimal. In conclusion, the oil cooler is effectively used as an additional cooling system on a 4-stroke 115 cc motorcycle.</em></p>2025-06-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Doni Saputra, Martias, Ahmad Arif, Toto Sugiarto